Comscore Tracker

6 Fakta Gua Jomblang, Destinasi Istimewa di Gunungkidul

Gua vertikal yang mendunia, nih!

Gunungkidul tak hanya memiliki pantai yang cantik. Pegunungan karst yang membentuk sebagian wilayah di sana juga membuatnya memiliki sejumlah destinasi wisata gua yang memesona.

Salah satunya adalah Gua Jomblang yang terletak di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Kamu bisa mencapainya dengan menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Gua vertikal ini terkenal dengan keindahannya. Tak heran jika destinasi wisata yang satu ini sampai mendunia. Ini dia beberapa fakta menarik dari Gua Jomblang!

1. Dasar goa ini menjadi tempat konservasi tumbuhan purba 

6 Fakta Gua Jomblang, Destinasi Istimewa di Gunungkidulhutan purba Goa Jomblang (instagram/jomblang_cave_id)

Disebut gua vertikal karena gua ini berbentuk tegak lurus yang terjadi karena permukaan tanah yang runtuh. Runtuhnya tanah itu tidak membuat tanaman yang tumbuh hancur, namun tanaman itu ikut jatuh dan tumbuh di dasar hingga menjadi hutan.

Hutan tersebut dinamakan hutan purba. Selain itu, runtuhan tanah itu membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. 

2. Memiliki 4 jalur yang bisa dilewati 

Untuk menuruni gua ini, ada 4 jalur yang bisa digunakan dengan kedalaman yang berbeda. Ada 15 meter, 40 meter, 60 meter, dan 80 meter. Jika kamu pemula, lebih baik menggunakan jalur 15 meter. Jalur ini dapat dilewati dengan berjalan kaki, meski kondisi jalannya cukup terjal. Nantinya, kamu juga akan diberi pelatihan cara menuruni gua yang aman.

Lalu untuk melewati jalur yang lebih dalam seperti 40-80 meter, perlu menggunakan peralatan SRT (Single Rope Technique). Tentu saja, di sana ada pemandu yang sudah ahli sehingga kamu bisa turun dengan aman.

3. Di sini kamu dapat melihat pemandangan 'cahaya surga' 

6 Fakta Gua Jomblang, Destinasi Istimewa di Gunungkidulcahaya surga (instagram/jomblang_cave_id)

Ketika sampai di dasar gua, dengan melewati lorong sepanjang 300 m, kamu bisa menemukan pemandangan yang disebut ‘cahaya surga’. Cahaya matahari akan masuk ke dalam gua melewati celah-celah gua dan menyinari flowstone.

Pemandangan kontras dari cahaya matahari yang beradu dengan gelapnya gua, dapat membuat kamu berdecak kagum. Untuk melihat pemandangan itu, perlu waktu yang pas, yaitu sekitar pukul 10.00 hingga 12.00, dan dengan catatan cuaca saat itu sedang cerah.

Baca Juga: Berdekatan, 5 Pantai di Gunungkidul Ini Bisa Dikunjungi Sekali Jalan

4. Pemandangan menakjubkan di dasar gua

6 Fakta Gua Jomblang, Destinasi Istimewa di Gunungkidulmenuruni Goa Jomblang (instagram/jomblang_cave_id)

Saat sudah mencapai dasar gua, kamu dapat melihat hijaunya hutan yang subur, aneka lumut, dan paku-pakuan. Selain itu, kamu dapat melihat batu kristal, stalaktit, dan stalagmit. Ada juga sungai yang mengalir deras. Kelihatannya pemandangannya cantik banget kan?

5. Ada kisah sejarah yang kelam di balik goa ini 

6 Fakta Gua Jomblang, Destinasi Istimewa di Gunungkidulpemandangan Goa Jomblang (instagram/vaniavalencia8)

Konon gua ini dipakai sebagai lokasi pembunuhan massal anggota PKI. Menurut cerita, mereka dijejerkan di bibir gua dengan tangan saling terikat satu sama lain. Lalu ketika salah satu ditembak sampai jatuh ke dalam gua, maka yang lainnya akan ikut terjatuh.

Kisah itu sempat membuat masyarakat takut untuk berkunjung, apalagi ada cerita angker yang menyebar di gua tersebut. Namun pada tahun 90-an, masyarakat sekitar menggelar doa bersama di tempat itu. Sejak saat itu, tidak ada lagi cerita seram, seperti kejadian penjelajah gua yang hilang ditelan Gua Jomblang.

6. Pernah dijadikan tempat syuting 

6 Fakta Gua Jomblang, Destinasi Istimewa di Gunungkidulkeseruan Lee Seung Gi dan Jasper Liu (dok. Netflix)

Pada tahun 2011, Gua Jomblang pernah dipakai syuting acara The Amazing Race, game show Amerika Serikat. Lalu pada bulan Juni 2020 lalu, aktor dan penyanyi Korsel, Lee Seung Gi dan aktor Taiwan, Jasper Liu menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi dalam variety show terbaru mereka, yaitu Twogether.

7. Tips untuk kamu yang akan berkunjung ke goa ini

Jika kamu akan berkunjung ke gua ini, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti, termasuk sepasang kaus kaki ekstra karena kamu bakal kotor-kotoran di sini. Selain itu, jumlah pengunjung Gua Jomblang ini dibatasi. Jadi lebih baik kamu membuat reservasi terlebih dahulu.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat melihat di website resmi Goa Jomblang, yaitu www.goa-jomblang.com atau di instagram mereka @jomblang_cave_id. Jadi, tertarik untuk menjelajahi gua ini?

Baca Juga: 6 Tempat Glamping Kece di Yogyakarta, Cocok untuk Staycation

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Irine Margareth di IDN Times Community dengan judul 6 Fakta Menarik Goa Jomblang, Goa Vertikal Gunung Kidul yang Mendunia

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya