Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus Mahal

Ada tempat libur dari wisata alam hingga edukasi

Libur akhir tahun sebentar lagi tiba, bagi kamu yang berencana liburan ke Jogja pasti sudah gak sabar! Ada banyak tempat wisata bagus dan gratis di Jogja yang bisa kamu  datangi. Apalagi bagi kamu seorang backpacker, cocok banget kan? 

Tempat wisata gratis ini menawarkan wisata edukasi sampai alam, jangan sampai terlewatkan!

1. Jalan Malioboro

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus MahalWisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Berkunjung ke Jogja tentu gak lengkap tanpa datang ke Jalan Malioboro. Sebagai ikon Kota Yogyakarta, Jalan Malioboro kini lebih ramah bagi pejalan kaki. Para pedagang kaki lima (PKL) saat ini sudah menempati tempat baru, yaituTeras Malioboro 1 dan 2, yang terletak di ujung utara dan selatan Jalan Malioboro.  

Di tempat ini kamu bisa berbelanja oleh-oleh batik, aksesori dan makanan. Komplit kan, jadi belanja dan jalan-jalan lebih nyaman. 

2. Taman Pintar

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus MahalTempat wisata Taman Pintar di Kota Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Kumoro

Salah satu tempat wisata ramah anak di Kota Yogyakarta yang sayang dilewatkan yaitu Taman Pintar. Lokasinya tak jauh dari Jalan Malioboro, bahkan bisa dijangkau dengan jalan kaki. Masuk ke Taman Pintar itu gratis kok.

Berbagai wahana edukasi untuk anak-anak yang seru ada di tempat ini, namun ada beberapa tempat yang mengharuskan pengunjung untuk membayar saat mencobanaya. Antara lain wahana bahari, gedung oval, planetarium. 

Baca Juga: 5 Wisata Horor di Jogja, Ada yang Jadi Tempat Syuting Film  

Baca Juga: 6 Hotel Baru di Jogja, Modern dengan Fasilitas Lengkap

3. Kotagede

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus MahalTempat makam Raja Mataram di Kotagede. Sumber: Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul

Kotagede terkenal sebagai kawasan yang estetik. Banyak bangunan lawas yang dipertahankan sehingga sangat menawan untuk digunakan berfoto. Apalagi kalau kamu bersedia explore ke dalam gang, mulai dari tembok ijo, langgar dhuwur, sampai yang terkenal angker yaitu rumah pocong sumi. 

Kawasan Kotagede juga banyak dijadikan lokasi untuk prewedding, terutama di Makam Raja-Raja Mataram. Pasangan harus memakai pakaian tradisional Jawa. 

Nah, giliran merasa lapar kamu bisa jajan di Pasar Legi Kotagede yang menyajikan aneka makanan ringan sampai berat. 

4. Wisata alam Batu Kapal

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus MahalTaman Wisata Batu Kapal (instagram.com/beautyoftravel_)

Wisata alam Batu Kapal dijuluki sebagai hidden gems di Kabupaten Bantul karena lokasinya yang memang tersembunyi. Tempat wisata ini menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Desa Penari yang hits itu, makannya banyak orang yang datang ke lokasi ini. 

Kalau kamu ingin mendapatkan pengalaman berwisata yang terbaik, sebaiknya kunjungi saat musim hujan karena debit air cukup deras sehingga pemandangan sungainya akan cantik. Well, memang tidak ditetapkan harga tiket masuk di Wisata Batu Kapal, tapi kamu diminta untuk memberikan sumbangan seikhlasnya untuk biaya pemeliharaan. 

5. Gua Maria Sendangsono

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus MahalGua Maria Sendangsono (instagram.com/jessicaarif)

Gua Maria Sendangsono terkenal sebagai tempat ziarah umat Katolik yang bertempat di Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo. Tempat ini terbuka bagi siapa saja yang akan berkunjung. 

Gua Maria Sendangsono cukup rindang dan luas, serta bisa dikunjungi 24 jam. Di sekitarnya tersedia banyak warung makan, toko oleh-oleh dan homestay untuk pengunjung yang ingin merasakan keheningan Gua Maria Sendangsono. Di tempat ini tidak ada tiket masuk, kamu hanya perlu mempersiapkan uang untuk bayar parkir kendaraan. 

Baca Juga: 9 Wisata Air Terjun di Jogja, Adem dan Bikin Betah  

6. Desa Wisata Potrobayan

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus Mahalkemah di potrobayan (instagram.com/potrobayan)

Desa Wisata Potrobayan saat ini sedang naik daun sebagai tempat berkemah di Jogja. Di tempat ini kamu bisa berkemah dekat dengan sungai yang jernih dan tenang. Jika mau sekadar main tanpa berkemah boleh kok. Kamu hanya membayar parkir dan biaya pemeliharaan seikhlasnya. 

Jam berkunjungnya dimulai dari pukul 05.00-18.00 WIB. Banyak pengunjung memilih piknik di pinggir sungai sambil menikmati kudapan yang dibawa dari rumah. Dijamin cantik buat latar kontenmu!

7. Bukit Bintang

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus Mahalbukit bintang (instagram.com/ciolato27)

Lelah setelah berkunjung ke pantai di Gunungkidul? Nah, kamu bisa beristirahat sejenak dan mampir ke Bukit Bintang yang letaknya di Perbukitan Pathuk. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan keindahan Jogja dari atas atau sering disebut dari 'lantai dua'. Sinar lampu yang bersinar dari rumah atau kendaraan bagai bintang yang indah. 

Di tempat ini banyak warung yang menyediakan camilan dan kopi yang bisa kamu santap. Pas banget menikmati suasana indah dengan pisang goreng plus kopi. 

8. Alun-alun Kidul

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus MahalAlun - alun kidul Yogyakarta. IDN TImes/Febriana Sinta

Penasaran dengan wisata malam di Jogja yang ramai dan murah meriah? Kamu bisa pilih Alun-alun Kidul yang kerap disebut dengan 'halaman belakang' Keraton Yogyakarta. Tak seperti alun-alun kota kebanyakan yang sepi di malam hari, di tempat ini justru sangat ramai karena menjadi sentra kuliner. Mulai dari makanan tradisional seperti angkringan, bakso dan mi ayam, sampai kekinian. Jika datang bersama rombongan, janagan lupa naik becak-becakan pasti seru!

9. Museum TNI AD Dharma Wiratama

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus MahalMuseum TNI AD Dharma Wiratama (IDN Times/Dyar Ayu)

Museum TNI AD Dharma Wiratama adalah salah satu museum di Jogja yang gratis untuk dikunjungi. Koleksi yang disimpan di sini cukup beragam dan lengkap mulai dari seragam TNI dari masa ke masa sampai aneka peralatan perang yang digunakan semasa penjajahan. 

Museum TNI AD Dharma Wiratama juga menyediakan pendamping apabila kamu ingin melihat koleksi sambil mendengar cerita lengkap tiap koleksinya. Seru dan lokasinya pun tak jauh dari tengah kota! Tapi setiap Minggu, museum ini libur lho!

11. Jogja National Museum

10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus Mahaltenant Filosofi Kopi di JNM Bloc (IDN Times/Dyar Ayu)

Jogja National Museum atau JNM adalah salah satu tempat yang kerap dijadikan lokasi untuk pameran seni di Jogja. Beberapa pameran seni bisa dikunjungi secara gratis, loh. 

Di area JNM terdapat space khusus kuliner dan kongkow anak muda, namanya JNM Bloc. Aneka jajanan luar negeri seperti burger, pizza, dan aneka kukis tersedia. Mau makan masakan ala rumahan pun tak sedikit ditemui. Kamu bisa memantau jadwal pameran di JNM melalui media sosial mereka, ya. 

Itulah sederet wisata gratis di Jogja yang bisa kamu kunjungi, dijamin wisata alam hingga sejarah, gak akan bikin kamu bosan meski gratis. 

Baca Juga: 15 Hotel Murah di Jogja Terpopuler, Banyak yang Rp100 Ribuan

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya