Comscore Tracker

Berburu Jajan Pasar dan Perkakas Jadul di Pasar Kangen Jogja

Buka sampai tanggal 6 Maret 2022 saja, lho!

Yogyakarta, IDN Times - Selalu ada event unik di Yogyakarta yang sayang banget untuk dilewatkan, salah satunya adalah Pasar Kangen. Pasar Kangen merupakan acara tahunan yang sudah diadakan sejak 2007, dengan menonjolkan tema tempo dulu.

Gak semua pemilik usaha bisa berjualan di sini, lho. Dilansir dari laman Wikipedia ada syarat untuk pedagang yang mau berjualan di Pasar Kangen, salah satunya adalah tidak menggunakan peralatan modern untuk menunjang jual belinya. Selain itu juga tidak diizinkan adanya produk kemasan franchise karena Pasar Kangen mengusung konsep “Ketahanan Pangan dan Kemandirian”.

Baca Juga: Gudeg Mbok Lindu, Tak Lekang Digempur Zaman

1. Pasar Kangen sempat absen karena pandemik COVID-19

Berburu Jajan Pasar dan Perkakas Jadul di Pasar Kangen JogjaPasar Kangen 2022 (IDN Times/Dyar Ayu)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pasar Kangen adalah event tahunan. Sayangnya, karena pandemik yang terus menghantui membuat Pasar Kangen sempat terhenti di tahun 2020 dan 2021. Kembali setelah dua tahun vakum, di 2022 ini Pasar Kangen hadir dengan mengusung tema “Amongtani Dagang Layar”.

Rencana awal Pasar Kangen hanya akan diadakan dari tanggal 25 sampai 28 Februari. Namun karena melihat antusias masyarakat yang tinggi, lantas diperpanjang sampai tanggal 6 Maret 2022! Buat yang belum datang, masih ada kesempatan, nih!

2. Buka dari pagi sampai malam, kamu bisa jajan enak sampai belanja barang antik

Berburu Jajan Pasar dan Perkakas Jadul di Pasar Kangen JogjaPasar Kangen 2022 (IDN Times/Dyar Ayu)

Pasar Kangen identik sebagai event yang menjajakan barang antik dan jajanan tradisional yang semakin hari semakin sulit ditemukan. Mulai sebut saja seperti es serut, es sarsaparila, aneka jajanan pasar, sampai sate kere yang jadi kesukaan banyak orang. Menyoal barang antik, kamu yang sedang mencari uang koin lawas, majalah, atau permainan boneka kertas pasang seperti kecil dulu, di sini ada!

Untuk jam buka Pasar Kangen sendiri yaitu pada pukul 12.00 sampai 22.00 WIB, cocok banget dikunjungi buat mengisi perut tapi sekalian cuci mata ‘kan? Gak hanya penjaja makanan dan barang lawas, ada juga yang jasa karikatur wajah yang dan pembacaan tarot yang bisa asyik didatangi.

3. Pindah lokasi di depan Gedung Depo Arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah

Berburu Jajan Pasar dan Perkakas Jadul di Pasar Kangen JogjaGedung Arsip Daerah Yogyakarta (IDN Times/Dyar Ayu)

Dari tahun ke tahun, biasanya Pasar Kangen buka di Taman Budaya Yogyakarta atau TBY. Namun khusus tahun ini, Pasar Kangen buka di halaman Gedung Depo Arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, atau tepatnya ada di bagian belakang gedung Grhatama Pustaka. Lokasinya yang outdoor dan luas bisa membuat pengunjung lebih leluasa berjalan-jalan dan jajan.

Pemindahan lokasi Pasar Kangen ini sekalian sebagai peresmian diorama yang berada di dalam Depo Arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Perayaan ini cukup meriah karena setiap harinya juga ada hiburan seperti jatilan, tari tradisional, sampai mendatangkan penyanyi lokal yang sedang naik daun Tyok Satriyo.

Pasar Kangen bisa jadi obat untuk kamu yang sedang lelah atau mulai bosan dengan ritme hidup yang begitu-begitu saja. Kapan lagi bisa kembali mencicipi jajanan semasa kecil, belanja barang antik, dan berbaur dengan orang lain di udara terbuka? Yuk, mampir!

Baca Juga: 10 Potret Wajah Malioboro Setelah Relokasi PKL, Sepi tapi Rapi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya