Comscore Tracker

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!

Ada Kustomfest sampai Wayang Jogja Night Carnival

Tak terasa kita sudah hampir tiba di penghujung tahun 2022. Di bulan-bulan ini, Daerah Istimewa Yogyakarta tentunya makin ramai dengan berbagai macam acara untuk menggaet wisatawan. Seperti agenda wisata Jogja bulan Oktober 2022 yang banyak diisi dengan acara hiburan sampai kegiatan budaya.

Supaya gak ketinggalan info, yuk, simak daftar event wisata Jogja bulan Oktober 2022 di bawah ini! Jangan lupa, bagikan juga infonya pada teman atau kerabat supaya makin seru karena dikunjungi bersama!

1. 1 Oktober - Miyos Gongso

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!miyos gongso (instagram.com/must_yudhi)

Miyos Gongso adalah upacara adat sebelum perayaan Grebeg Maulud. Saat acara tersebut, dua set gamelan Sekati milik Keraton Yogyakarta dikeluarkan dari Masjid Gede Kauman dan dimainkan selama satu minggu. Rentan waktu satu minggu inilah yang disebut dengan Sekaten.

2. 1–2 Oktober - Kustomfest

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!yogya-backpacker.com

Kustomfest atau Indonesia Kustom Kultur Festival adalah tempat bertemunya penggemar kustum kultur dengan perancang art engineering. Event ini sekaligus menjadi wadah untuk seniman engineering untuk berkarya secara global.

3. 4 Oktober - Numplak Wajik

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!Upacara Numplak Wajik (dok. kratonjogja.id)

Numplak wajik adalah kegiatan awal sebagai penanda dimulainya proses pembuatan gunungan. Gunungan adalah simbol sedekah raja kepada rakyat yang nantinya akan diarak dan dibagikan dalam upacara Garebeg. Kegiatan ini akan diadakan di Keraton Yogyakarta.

4. 5 Oktober - Festival Ketoprak

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang mementaskan ketoprak dalam Festival Ketoprak Gaul 2022 di Gedung B6 FBS, Sekaran, Gunungpati, Semarang, Kamis (23/6/2022). (Dok. FBS Unnes)

Digelar di Gunungkidul, Festival Ketoprak digelar bertujuan sebagai gelar seni dan atraksi budaya dalam wujud teatrikal Jawa. Nantinya, acara tersebut akan diikuti oleh tiap-tiap kapanewon yang ada di Gunungkidul.

Baca Juga: [FOTO] JogjaROCKarta Festival 2022 Hari Kedua 'Pecah'

5. 7 Oktober - Towong Kondur Gongso

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!latitudes.nu

Towong Kondur Gongso adalah prosesi kembalinya alat musik gamelan Sekati dari Keraton Yogyakarta, menuju tempat penyimpanan di Masjid Kauman setelah dimainkan selama satu minggu.

6. 7 Oktober - Wayang Jogja Night Carnival

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!IDNTimes/Holy Kartika

Wayang Jogja Night Carnival adalah event tahunan untuk memperingati ulang tahun Kota Yogyakarta. Event tersebut diharapkan bisa menjadi hiburan sekaligus mengedukasi soal kesenian dan kebudayaan kepada masyarakat.

7. 8 Oktober - Gerebeg Mulud

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!Grebeg Mulud di Sekaten Jogja 2018 (instagram.com/noorcha_sa)

Gerebeg Mulud akan diadakan di Keraton Yogyakarta sebagai peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Keraton Yogyakarta akan mempersiapkan uparampe berupa gununangan yang melambangkan persembahan dan rasa syukur dari keraton kepada rakyat Yogyakarta

Baca Juga: Info Wisata Sekaten 2022: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

8. 11 Oktober - Upacara Becekan

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!Upacara adat Becekan (dok. infopublik.id)

Upacara becekan adalah upacara meminta hujan atau memerti kali yang dalam bahasa Indonesia adalah memperbaiki sungai. Akan diadakan di Sleman, becek adalah sesajen yang berujud daging kambing yang dimasak gulai.

9. 15 Oktober - Festival Teater Tradisi

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!Pertunjukan teater (instagram.com/titimangsafoundation)

Merupakan tradisi tahunan yang merupakan acara teater yang diikuti oleh 18 kapanewon di Gunungkidul. Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah bagi rakyat yang memiliki minat akan kesenian teater.

10. 16 Oktober - Tour de Merapi

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!Ilustrasi jip wisata Merapi. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Tour de Merapi merupakan event tahunan yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sejak tahun 2006. Tour ini nantinya akan membawa wisatawan melewati 5 objek wisata di kawasan Sleman dan tiap tahunnya sangat diminati.

11. 21–23 Oktober - Sleman Creative Week

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!Sleman Creative Week (instagram.com/milestonevibes)

Akan diadakan di Sleman Creative Space, Taman Kuliner, Condong Catur, Depok, Sleman, Sleman Creative Week akan diisi dengan workshop yang mengangkat tema ekonomi kreatif. Nantinya juga akan diundang pelaku-pelaku ekonomi kreatif dari Kabupaten Sleman.

12. 26 Oktober - Merti Bumi Nyadran Sumber Air Suracala

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!ilustrasi upacara adat Gejog Lesung (muntuk.bantulkab.go.id)

Merti Bumi Nyadran Sumber Air Suracala adalah agenda turun temurun yang diadakan oleh warga Suracala ketika masa peralihan musim kemarau ke musim hujan. Acara ini biasanya juga akan dimeriahkan oleh gojeg lesung dan kirab prajurit bregada.

13. 30 Oktober - Upacara Adat Cupu Panjala

13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!upacara cupu panjala (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Upacara Adat Cupu Panjala merupakan tradisi membaca tanda yang muncul pada lembaran kain pembungkus Cupu Panjala. Nantinya lembaran ini akan dibuka oleh trah Panjala dan kondisi Cupu akan diperlihatkan oleh masyarakat.

Oktober sepertinya akan jadi bulan yang sibuk bagi Yogyakarta. Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu ikuti bersama orang kesayangan. Yuk, segera ambil cuti dan rehat sejenak ke Kota Gudeg!

Baca Juga: Wisata Keraton Yogyakarta: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya