Comscore Tracker

5 Wisata Waduk di Jogja Ini Cocok Buat Piknik, Tempatnya Asyik!

Pemandangannya eksotis dan suasanya sejuk

Wisata di Jogja tak pernah kehilangan pesonanya. Tak melulu wisata pantai, beragam tempat piknik air lainnya juga menjadi tempat favorit wisatawan.   

Seperti 5 wisata waduk di Jogja ini, menawarkan pengalaman liburan yang berbeda. Pemandangan yang cantik dan suasana yang tenang, sangat sempurna jadi lokasi piknik bersama kesayangan. Kira-kira di mana saja ya lokasinya?

1. Embung Nglanggeran

5 Wisata Waduk di Jogja Ini Cocok Buat Piknik, Tempatnya Asyik!Embung Nglanggeran (VisitingJogja.com/Angga Ari Fibuanto)

Kalau main ke Gunungkidul, jangan hanya ke pantai saja ya. Ada destinasi wisata lain yaitu Embung Nglanggeran yang keindahannya memesona. Embung Nglanggeran ini baru diresmikan pada tahun 2013, tapi wisatawan yang datang tak hanya dari sekitar Gunungkidul saja, tapi juga luar daerah.

Embung Nglanggeran menawarkan pemandangan golden hour yang memukau saat sore hari. Belum lagi lanskap pesona Gunung Api Purba Nglanggeran sebagai latarnya, bakalan sayang untuk dilewatkan. Jika berminat datang, pastikan pakai baju yang nyaman dan sepatu yang empuk, karena untuk sampai di embung kamu harus melewati tangga yang cukup banyak.

Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul
Jam operasional: Buka 24 jam

Baca Juga: Mi Lethek, Makanan Ndeso yang Enak Asal Bantul 

Baca Juga: 5 Tempat Favorit di Jogja untuk Tradisi Padusan Jelang Ramadan

2. Waduk Tambakboyo

5 Wisata Waduk di Jogja Ini Cocok Buat Piknik, Tempatnya Asyik!Embung Tambakboyo (ksmtour.com)

Berlokasi tak jauh dari kota, terdapat Waduk Tambakboyo yang menjadi spot wisata gratis kesukaan mahasiswa. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir dan selebihnya tidak dipungut biaya apa pun.

Biasanya Waduk Tambakboyo ramai menjelang sore hari, banyak orang menjadikannya lokasi untuk olahraga seperti lari, bersepeda, atau sekadar senam. Ada juga yang memilih memancing ikan dan tak jarang jadi lokasi pemotretan.

Nah, kamu juga tak perlu risau kalau tiba-tiba haus atau lapar karena di sekitar waduk ini banyak warung yang menyediakan tempat makan.

Alamat: Ngringin, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam operasional: Buka 24 jam

3. Waduk Mini Kleco

5 Wisata Waduk di Jogja Ini Cocok Buat Piknik, Tempatnya Asyik!Waduk Mini Kleco (instagram.com/riski_kawa)

Destinasi wisata Waduk Mini Kleco mungkin masih belum banyak didengar. Namun, gak ada salahnya buat menjajal ke waduk yang berlokasi di Kulon Progo ini. Waduk Mini Kleco hanya buka dari pagi sampai sore, tiket masuknya pun tergolong murah yaitu Rp3 ribu per orang dan biasanya ramai saat matahari terbenam.

Fasilitas di sini sangat lengkap, mulai dari tempat parkir dengan biaya Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil, warung, toilet, dan juga musala. Ada juga gasebo yang bisa kamu gunakan untuk sekadar duduk menikmati bekal dari rumah, sambil menikmati pemandangan waduk yang indah.

Alamat: Ngesong, Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo                   Jam operasional: setiap hari, jam 05.30 – 19.00 WIB

4. Waduk Sermo

5 Wisata Waduk di Jogja Ini Cocok Buat Piknik, Tempatnya Asyik!Jogjadaily

Waduk Sermo kini tengah menjadi salah satu tempat wisata hits di Kulon Progo. Nyaris tak pernah sepi pengunjung, ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini. Sebut saja seperti piknik bersama keluarga, berfoto, atau naik skuter yang banyak disewakan di sekitar area. Di Waduk Sermo juga banyak penjaja makanan kecil seperti cilok, aneka es, dan bakso tusuk.

Waduk Sermo tak hanya sekadar lokasi wisata, tapi juga banyak yang menjadikannya sebagai lokasi pre-wedding. Maklum, tempatnya memang cantik dan asri. Sudah puas ke Waduk Sermo, kamu bisa lanjut ke wisata Kalibiru yang lokasinya tak jauh dari sana.

Alamat: Sermo Tengah, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo 
Jam operasional: 24 jam

5. Embung Banjaroya

5 Wisata Waduk di Jogja Ini Cocok Buat Piknik, Tempatnya Asyik!Embung Banjaroya (instagram.com/pesonabukitmenoreh)

Masih di Kulon Progo, Embung Banjaroya bisa menjadi destinasi wisata waduk berikutnya. Embung Banjaroya yang terletak di Kalibawang terkenal dengan patung durian menoreh kuning yang menjadi ikonnya. Di tempat ini, kamu dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu seolah begitu dekat.

Saat musim durian, di waduk ini biasanya digelar festival durian. Wilayah ini memang dikenal sebagai  penghasil durian menoreh terbaik di Yogyakarta. Bagi kamu yang penikmat durian, wajib menjajal ke sini. 

Alamat: Jalan Kalibawang-Sendang Sono, Tonogoro, Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo,
Jam operasional: setiap hari, pukul 08.00 – 18.00 WIB

Itu dia 5 destinasi wisata waduk di Jogja yang bisa kamu datangi di musim liburan nanti. Tempatnya yang tenang, luas, dan sejuk, pasti sempurna untuk jadi lokasi piknik bersama orang tersayang. Gelar tikar, lalu menyantap bekal dari rumah, adalah cara untuk ciptakan liburan tanpa perlu keluar banyak modal. Selamat jalan-jalan!

Baca Juga: Resep Es Semlo Khas Jogja, Manisnya Cocok untuk Minuman Buka Puasa

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya