Comscore Tracker

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!

Jangan kerja terus, ayo jalan-jalan!

Katanya Yogyakarta itu terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan. Nah kini ada tempat wisata di Yogyakarta yang tak boleh dilewatkkan. Letaknya mulai dari pojok Gunungkidul hingga Sleman dan Kulon Progo. Berikut rangkuman tempat wisata di Yogyakarta yang terpopuler dan sayang kalau kamu lewatkan.

1. Mahaloka Paradise

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Mahaloka Paradise (instagram.com/kulonprogospotlight)

Tempat wisata di Nanggulan, Kulon Progo yang terbaru adalah Mahaloka Paradise. Berkonsep rustic dengan menjual pemandangan sawah hijau yang membentang, bikin Mahaloka Paradise jadi spot menarik untuk cuci mata. Terlebih saat weekend, pengunjung kian ramai dibandingkan hari biasa.

Gak sekadar menghadirkan pemandangan hijau, Mahaloka Paradise juga dilengkapi dengan sebuah cafe yang menjajakan aneka jajan pasar dan minuman hangat juga dingin. Jadi, kamu gak perlu khawatir kelaparan setelah puas mengelilingi Mahaloka Paradise.

2. Bungker Kaliadem

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!instagram.com/campingjogja

Siapa bilang wisata Kaliurang sudah kehilangan pesonanya? Saat ini Bungker Kaliadem kian ramai, lho. Pengalaman melihat langsung Gunung Merapi dari dekat belum bisa digantikan di tempat mana pun. Suasana yang sejuk menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mungkin biasanya hidup di tengah kota yang panas.

Tak hanya sekadar menikmati suasana alam yang adem, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, mulai dari menyewa jip atau mobil off-road yang memacu adrenalin, sampai berkunjung ke hutan pinus yang letaknya gak jauh dari sana.

Baca Juga: 5 Kafe di Jogja yang Pajang Karya Seni, Serasa di Museum!

3. Museum Ullen Sentalu

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Museum Ullen Sentalu (instagram.com/jalikarta⁣)

Jika berkunjung ke kawasan Kaliurang, jangan sampai melewatkan Museum Ullen Sentalu. Museum ini terbilang unik karena menampilkan beragam peninggalan berhubungan dengan sejarah Kerajaan Mataram. Mulai dari batik, gerabah, lukisan, sampai senjata tradisional terpajang apik menjadi koleksi museum yang berada di kawasan wisata Kaliurang.

Pengunjung makin dibuat kagum adalah arsitektur museum yang menarik. Terlebih adanya relief besar terpasang di berbagai sudut museum, menambah kesan magis di sana. Gak perlu takut tersesat atau kurang memahami isinya, kamu akan didampingi tour guide yang akan menjelaskan secara detail. 

4. Kedung Pedut

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Kedung Pedut (instagram.com/wonderfuljogja)

Kedung Pedut adalah salah satu tempat wisata hits di Yogyakarta, tepatnya Kabupaten Kulon Progo. Ini adalah wisata alam air terjun yang masih asri dan airnya pun jernih. Sangat cocok membawa anak-anak dan keluarga besar, agar lebih dekat dengan alam. Keluarga artis Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca kerap mendatangi tempat ini untuk menikmati udara terbuka.

Bagi kamu yang berminat datang ke Kedung Pedut, sebaiknya hindari pulang terlalu sore atau malah jelang malam. Jalan di tempat wisata yang masih pedesaan, cenderung gelap dan sempit, sehingga perlu perhatian ekstra. 

Baca Juga: Menoreh Sky Bridge, Tempat Wisata Baru di Yogyakarta yang Aesthetic

5. Kalibiru

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Wisata Kalibiru (Instagram.com/agnelisa)

Satu lagi tempat wisata hits di Kulon Progo, ada Kalibiru yang tepatnya berlokasi di Kokap. Berkunjung ke Kalibiru akan membawa kamu ke pengalaman menikmati Kulon Progo dari lantai dua, sekaligus melihat Waduk Sermo dari atas. Sudah bisa bayangkan ‘kan bagaimana keindahannya?

Menuju Kalibiru, kamu harus melewati jalan menanjak yang lumayan bikin tegang, tapi itu akan terbayar dengan pemandangan indah yang bisa kamu saksikan sendiri. Jangan lupa ke gardu pandang yang menjadi ikon wisata Kalibiru, untuk foto dengan latar belakang langit yang menawan.

6. Waduk Sermo

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Waduk Sermo (Instagram.com/jogjacampervan)

Kalau kamu punya ketakutan dengan ketinggian tapi tetap ingin berwisata alam yang apik di kawasan Kulon Progo, rekomendasi terbaiknya adalah datang ke Waduk Sermo. Lokasinya ada di bawah rempat wisata Kalibiru. Dipastikan pemandangan alamnya gak kalah juara! Apalagi datang saat sore hari, pantulan sinar matahari di atas air pasti bikin terpesona.

Aktivitas yang kini ramai dilakukan di Waduk Sermo adalah piknik. Banyak keluarga atau pasangan yang memilih mencari lokasi sedikit menyepi dari pintu utama yang masih banyak rerumputan. Di sana adalah lokasi paling sempurna untuk menggelar tikar dan makan bekal bersama.

7. Masjid Gedhe Mataram Kotagede

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Masjis Kotagede (visitingjogja.com)

Kalau ingin cari tempat wisata yang gak jauh dari pusat kota, ada Masjid Gedhe Mataram Kotagede yang bisa didatangi. Masjid ini adalah masjid tertua di Kota Gudeg, Yogyakarta. Gak sekadar cocok untuk wisata religi, kamu juga bisa jalan-jalan di sekitar masjid yang gak kalah menarik.

Kehidupan warga dan rumah asli di sekitarnya akan membuat jatuh cinta dengan Kotagede. Di kawasan ini terdapat makam raja-raja yang suasananya masih sangat tradisional. Kamu juga bisa bertemu dan berbincang dengan para abdi dalem yang bekerja di dalamnya.

Setelah puas berjalan-jalan, kamu bisa mengisi perut dengan aneka jajan makanan tradisional di Pasar Kotagede yang memang terkenal sebagai sentra jajanan pasar.

8. Shoka Bukit Senja

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Shoka bukit senja (instagram.com/ernaiyas)

Shoka Bukit Senja adalah tempat wisata baru di Gunungkidul. Sesuai namanya, pas banget untuk melihat senja dari perbukitan. Tempatnya ada di atas Pantai Parangtritis. Banyak pasangan yang sengaja datang ke sini untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang romantis dan syahdu.

Namun hati-hati, pastikan menggunakan sepatu serta pakaian yang nyaman kalau mau ke sini, karena jalan menuju bukit ini cukup terjal dan sulit kalau kamu pakai high heels sehingga khawatir malah bikin cedera.

9. Seribu Satu Songgo Langit

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!instagram.com/ichaadeliap

Bantul gak mau kalah nih menawarkan tempat wisata kekinian yang dimilikinya. Salah satu yang lagi ramai diperbincangkan adalah Seribu Batu Songgo Langit yang lokasi tepatnya ada di Hutan Pinus, Dlingo. Tempat ini menawarkan wisata outdoor yang sejuk dan recommended dikunjungi dikunjungi dari pagi, hingga malam hari.

Iya, kamu sekarang gak perlu khawatir datang saat malam hari, karena pemandangannya cantik dengan lampu-lampu temaram yang dipasang sekitar jembatan kayu. Selain itu, kamu bisa lho foto cantik di rumah kayu ala film The Hobbit yang terkenal itu! Menarik banget ‘kan?

10. Agro Wisata Bhumi Merapi

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Potret Agrowisata Bhumi Merapi (instagram.com/happyinjogja)

Kalau ingin pergi liburan ke luar negeri tapi uang saku belum cukup, jangan sedih! Cukup ke Agro Wisata Bhumi Merapi, kamu bisa rasakan vibes bagai di luar negeri. Wisata Bhuni Merapi memang didesain layaknya Santorini, Yunani dengan aksen serba putih dan biru yang elegan. Ada juga spot lainnya yang dibuat layaknya rumah Hobbit.

Mengajak anak-anak ke Agro Wisata Bhumi Merapi juga jadi pilihan sempurna. Di sini kamu bisa ajak sepupu, adik, atau anak untuk memberi makan kelinci serta burung secara langsung. Kalau mau yang meningkatkan keberanian, ada kegiatan seru seperti outbond dan naik jip yang super seru.

11. Teras Kaca

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!instagram/@ay_tyar

Pemburu tempat wisata Instagramable terbaru di Yogyakarta wajib merapat! Di Gunungkidul ada tempat yang akan memuaskan kesukaan berfoto kamu, namanya Teras Kaca di Pantai Nguluran.

Ada sembilan spot foto kekinian yang bisa dicoba seperti Jogja Swing yang gak lain adalah bermain ayunan di atas tebing, spot laiknya kapal, atau jembatan kaca yang sama-sama menarik.

Tips buat kamu, jangan lupa memakai sun screen supaya wajah dan tubuh gak terbakar kena sinar matahari. Pastikan juga untuk gak buang sampah sembarangan, ya!

12. Tebing Breksi

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!instagram.com/agungpambangun

Berlokasi di Kabupaten Sleman, wisata Tebing Breksi langsung jadi perhatian sejak diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 2015 lalu. Tebing Breksi adalah wisata yang memadukan alam dengan seni pahat yang elok.

Siapa sangka, dulunya tebing ini adalah lokasi penambangan batuan kapur hasil dari Gunung Api Purba Nglanggeran yang kini sudah gak aktif lagi, sehingga menjadi wilayah yang patut dilindungi.

Nah, sisa tebing ini dimanfaatkan oleh para seniman berkarya dan menghasilkan gambar yang bernilai budaya dan menarik minat masyarakat. Berminat datang? Kamu cukup siapkan uang untuk membeli tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah per orangnya.

13. Hutan Pinus Mangunan

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Uji coba pembukaan tempat wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Tempat wisata hits di Yogyakarta berikutnya yaitu Hutan Pinus Mangunan. Tempat ini pas banget didatangi kalau ingin menghirup udara segar sekaligus menikmati alam yang gak semua kota punya, lho. Kawasan Hutan Pinus Mangunan ini juga memiliki banyak tempat wisata lain yang gak kalah seru. Mulai dari Kebun Buah Mangunan yang menawarkan spot foto laiknya di atas awan atau Pinus Pengger yang terdapat sebuah pohon pinus berukuran besar dengan lubang besar di bagian bawahnya. Masing-masing lokasi ini bisa disinggahi karena letaknya yang masih berdekatan.

14. Gumuk Pasir Parangkusumo

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Gumuk Pasir Parangkusumo /visitingjogja.com

Meski bukan termasuk wisata baru di Yogyakarta, Gumuk Pasir Parangkusumo selalu jadi favorit banyak wisatawan. Gumuk Pasir Parangkusumo menawarkan pengalaman jalan-jalan yang berbeda, yaitu selayaknya di Arab yang berpasir.

Apalagi sekarang Gumuk Pasir Parangkusumo makin cantik dengan hadirnya spot foto warna-warni dan ayunan. jadi gak heran lokasi ini sering dijadikan lokasi foto pre-wedding. Eits, ada kegiatan seru yang bisa dijajal nih di sini, yaitu berselancar dengan papan dari atas gumuk dan meluncur ke bawah. Memacu adrenalin!

15. Pantai Wedi Ombo

15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Hits, Jadi Puas Main!Pantai Wedi Ombo (instagram.com/danarsibolang_)

Gak lengkap kalau ke Yogyakarta gak main air ke pantai! Salah satu pantai terbaik di Gunungkidul yang bisa dikunjungi adalah Pantai Wedi Ombo. Pantai yang berjarak 80 kilometer dari pusat kota Yogyakarta ini terkenal cantik karena punya pasir putih, lengkap dengan batu karang yang kian menambah eksotis.

Cukup dengan membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah per orang, kamu sudah bisa puas main dan berfoto. Mau melihat sunset? Pantai Wedi Ombo tempat yang bagus untuk melihat sunset yang menawan!

Itulah 15 tempat wisata hits di Yogyakarta yang bisa jadi referensi jalan-jalanmu berikutnya. Gak ada lagi deh bingung mau pergi ke mana selama di Yogyakarta. Selamat jalan-jalan!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya