Comscore Tracker

Cuma Rp10 Ribu, Tempat Wisata di Bantul Ini Bisa Dikunjungi Sekaligus

Cukup sekali bayar tiket masuk di TPR

Akhir pekan tak lengkap jika tidak berwisata bersama teman, pacar atau keluarga. Apalagi saat ini seluruh objek wisata di Bantul telah dibuka setelah diberlakukannya PPKM Level 2. 

Sejumlah destinasi wisata menerapkan tiket retribusi masuk objek wisata yang dinilai masih murah dan terjangkau oleh masyarakat. Bahkan, ada beberapa kawasan wisata yang menerapkan kebijakan hanya sekali bayar retribusi masuk namun bisa menikmati banyak destinasi.

Nah, cukup dengan selembar uang Rp10 ribu saja, kamu sudah bisa mengunjungi banyak tempat wisata di Bantul berikut ini. Mana saja?

1. Pantai Parangtritis menyajikan keindahan laut dengan pegunungan kapur di sisi Timur

Cuma Rp10 Ribu, Tempat Wisata di Bantul Ini Bisa Dikunjungi SekaligusParangtritis Yogyakarta (unsplash.com/@anggakrnwan)

Berkunjung ke objek wisata Pantai Parangtritis atau Pantai Depok wisatawan cukup sekali membayar retribusi di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) induk Pantai Parangtritis atau melalui TPR di Pantai Depok dengan tarif Rp10 ribu untuk setiap wisatawan.

Selain bisa berkunjung ke Pantai Parangtritis yang menyajikan keindahan laut serta pegunungan kapur yang berada di sisi timur, wisatawan juga bisa berkunjung ke Pantai Parangkusumo yang sering digunakan untuk kegiatan ritual tradisi masyarakat Jawa.

2. Wisata Gumuk Pasir di sisi barat Pantai Parangkusumo‎

Cuma Rp10 Ribu, Tempat Wisata di Bantul Ini Bisa Dikunjungi Sekaligusinstagram.com/tommyindraaa

Wisatawan juga bisa mampir ke objek wisata Gumuk Pasir yang ada di Barat Pantai Parangkusumo. Kamu bisa berselancar di gumuk pasir dengan menyewa papan selancar yang telah disiapkan oleh pengelola.

Di Selatan Gumuk Pasir, wisatawan masih bisa menikmati pantai dengan ribuan pohon cemara udang dan juga ada tempat untuk bersantai berupa pendopo yang dibangun di tengah lebatnya pohon cemara.

3. Pantai Pelangi menyajikan keindahan laut dan penangkaran penyu

Cuma Rp10 Ribu, Tempat Wisata di Bantul Ini Bisa Dikunjungi Sekaligustukik (IDN Times/Ayu Afria)

‎Bergeser ke Barat, terdapat Pantai Pelangi yang juga menampilkan keindahan pemandangan pantai dan wisatawan juga bisa melihat penangkaran penyu yang sudah berlangsung puluhan tahun. Jika waktunya pas, kamu bisa melihat aktivitas pelepasan tukik ke habitat aslinya di laut selatan Yogyakarta.

4. Pantai Depok menyajikan menu seafood dan tempat bersantai

Cuma Rp10 Ribu, Tempat Wisata di Bantul Ini Bisa Dikunjungi SekaligusKuliner seafood di Pantai Depok. IDN Times/Daruwaskita

Destinasi terakhir di Kawasan Pantai Parangtritis adalah Pantai Depok yang merupakan pusat wisata kuliner seefood yang terkenal di Bantul. Sambil bersantai di tepi pantai, kamu bisa menikmati menu seafood yang terkenal lezatnya dan ikan yang diolah masih segar hasil tangkapan nelayan Pantai Depok.

Di Pantai Depok ini, wisatawan juga dapat membeli ikan langsung dari nelayan atau Pasar Ikan Depok dengan harga yang relatif terjangkau. Ikan yang dibeli bisa diolah di rumah makan seafood yang ada di sini. Harganya pasi lebih murah!

Baca Juga: Simak Aturan Ganjil Genap Tempat Wisata di Bantul Akhir Pekan Ini!

5. Melihat layang-layang naga di Pantai Samas‎

Cuma Rp10 Ribu, Tempat Wisata di Bantul Ini Bisa Dikunjungi SekaligusLayang-Layang kepala naga. IDN Times/Daruwaskita

Berpindah ke kawasan pantai Bantul sebelah Barat, ada beberapa destinasi pantai yang bisa dikunjungi dengan tarif sekali masuk, yaitu Pantai Samas hingga Pantai Baru.

Di Pantai Samas, wisatawan bisa menikmati keindahan layang-layang naga yang biasa diterbangkan setiap sore. Selain itu, ada pula penangkaran penyu yang dikelola oleh Rujito atau Mbah Duwur. Bahkan, wisatawan bisa ikut berpartisipasi melepas tukik jika sudah waktunya tukik-tukik dilepasliarkan di habitat aslinya.

Tak jauh dari Pantai Samas terdapat Pantai Pandansari, di pantai ini wisatawan bisa melihat keindahan pantai dari menara mercusuar.

6. Pantai Goa Cemara menyajikan kuliner seafood dan penangkaran penyu‎

Cuma Rp10 Ribu, Tempat Wisata di Bantul Ini Bisa Dikunjungi SekaligusObyek wisata Pantai Goa Cemara Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Bergerak lebih ke Barat, ada Pantai Goa Cemara tak hanya menawarkan keindahan pantai, tetapi juga kuliner seafood serta penangkaran penyu. Pantai Goa Cemara ini juga merupakan objek wisata Pantai di Bantul yang telah memperoleh sertifikat CHSE dari Kemenparekraf.

7. Pantai Kuwaru dan Pantai Baru tawarkan menu kuliner seafood

Cuma Rp10 Ribu, Tempat Wisata di Bantul Ini Bisa Dikunjungi SekaligusPantai Kuwaru (instagram.com/anismanto)

Wisatawan juga masih menikmati Pantai Kuwaru dan Pantai Baru yang lokasinya bersebelahan. Di kedua pantai tersebut wisatawan bisa menikmati hidangan atau kuliner seafood dan bisa langsung membeli ikan dari nelayan untuk diolah di rumah makan yang ada di kawasan Pantai Kuwaru maupun Pantai Baru.

Di Pantai Baru juga terdapat Posko SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul seperti di Pantai Parangtritis dan Pantai Depok yang juga terdapat Posko Sar Satlinmas Wilayah III Bantul.‎

Baca Juga: 5 Vila di Bantul dengan Nuansa Desa yang Natural

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya