Comscore Tracker

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum 

Harus taat peraturan ya, jangan lupa pakai masker 

Sejumlah tempat wisata di Yogyakarta sudah mulai dibuka per 1 Juli. Objek wisata yang dibuka terutama berada di wilayah Kabupaten Sleman dan Bantul.

Saat pembukaan tempat wisata, sejumlah pengunjung sudah datang meski jumlahnya belum sebanyak saat pandemik COVID-19.

Nah bagi kamu yang kangen untuk berkunjung ke tempat wisata di Yogyakarta, berikut rekomendasi spot wisata yang bisa kamu kunjungi, tapi jangan lupakan aturan protokol kesehatan ya. 

1. Candi Prambanan

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum flickr.com/@Sammy

Pembukaan Candi Prambanan sudah diujicoba sejak 8 Juni 2020. Aturannya, kamu wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker.

Selain menggunakan masker, para pengunjung nantinya akan diberikan stiker setelah diperiksa suhu tubuhnya. Stiker tersebut sebagai penanda suhu tubuh dan terdiri dari tiga warna, yakni hijau, kuning, dan merah.

2. Candi Ratu Boko

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum instagram.com/ngeliasalim

Selain Candi Prambanan, Candi Ratu Boko juga sudah bisa dikunjungi sejak 8 Juni 2020. Aturannya pun sama, pengunjung wajib mengikuti beberapa protokol kesehatan.

Waktu yang tepat untuk mengunjung Candi Ratu Boko adalah sore hari. Selain tidak terlalu panas, cahaya sore menjelang matahari terbenam juga akan membuat candi ini semakin eksotis dan menawan.

3. Tebing Breksi

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum instagram.com/ruangkehidupan.id

Setelah mengunjungi Candi Ratu Boko, malamnya kamu bisa lanjut main ke Tebing Breksi yang lokasinya tak begitu jauh dari Candi Ratu Boko.

Pengelola Tebing Breksi sendiri sudah melakukan beberapa pembenahan dan menambah fasilitas untuk mencegah penularan COVID-19.

Beberapa fasilitasnya antara lain 55 wastafel di 15 titik, pengadaan alat pengecek suhu tubuh, penyediaan APD bagi pengelola, pembuat imbauan melalui audisi visual, hingga pendirian posko kesehatan.

Baca Juga: Sambut New Normal, Wisata Tebing Breksi Siapkan 55 Wastafel 

4. Cave Tubing Kalisuci

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum tourjogjamasjo.com

Uji coba pembukaan wisata Cave Tubing di Gua Kalisuci juga sudah mulai dilakukan sejak Senin, 22 Juni 2020. Tahap uji coba ini rencananya akan berlangsung hingga 30 Juni 2020.

Pada masa uji coba ini, pengelola Cave Tubing Kalisuci menetapkan dalam satu hari kegiatan maksimal ada 100 pengunjung. Jadi, bagi kamu yang ingin berwisata ke Cave Tubing Kalisuci, disarankan reservasi terlebih dahulu ya.

5. Kaliadem

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum ksmtour.com

Beberapa spot wisata di lereng Gunung Merapi juga mulai ditata dan berbenah, salah satunya Kaliadem. Penerapan protokol kesehatan juga sudah mulai dilakukan, seperti memasang tempat cuci tangan, mewajibkan pengunjung memakai masker, menyediakan hand sanitizer, dan pengecekan suhu tubuh pengunjung.

Kaliadem sendiri menawarkan suasana pegunungan yang sejuk dengan pemandangan Gunung Merapi yang eksotis. Di sini kamu juga bisa berkeliling menggunakan jeep dan mengunjungi bunker yang kerap jadi saksi bisu erupsi Gunung Merapi.

6. Gunung Api Purba Nglanggeran

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum alodiatour.com

Gunung Api Purba yang berlokasi di Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul juga sudah mulai dibuka secara bertahap.

Spot wisata yang punya pemandangan eksotis ini memberlakukan beberapa peraturan bagi para pengunjung. Di antaranya:

1. Maksimal rombongan yang datang adalah 10 orang.
2. Wajib menggunakan masker.
3. Wajib mencuci tangan di lokasi yang sudah disediakan.
4. Wajib menjaga jarak antar pengunjung.
5. Wajib mengikuti pengukuran suhu badan (suhu di atas 37,3 derajat Celsius dilarang masuk).
6. Wajib mengisi identitas diri dan nomor yang bisa dihubungi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Alam di Majalengka, Bikin Tenang dan Rileks

7. Pantai Baron

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum instagram.com/inmi_ns

Beberapa pantai di Kabupaten Gunung Kidul juga sudah mulai dibuka secara bertahap sejak Rabu, 24 Juni 2020. Salah satunya Pantai Baron.

Jam kunjungan Pantai Baron adalah mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, dengan jumlah pengunjung maksimal 7.000 orang per hari.

Beberapa peraturan juga diberlakukan demi keselamatan pengunjung. Di antaranya seperti maksimal rombongan yang datang adalah 10 orang, wajib menggunakan masker, cuci tangan, dan mengisi identitas diri.

Baca Juga: Puluhan Wisatawan di Pantai Kukup Gunungkidul Tersengat Ubur-Ubur 

8. Pantai Kukup

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum datawisata.com

Selain Pantai Baron, Pantai Kukup juga dibuka secara bertahap sejak Rabu, 24 Juni 2020. Aturan kunjungan pun sama seperti Pantai Baron. Jadi pastikan kamu mengikuti aturan agar tetap bisa masuk ya.

9. Pantai Ngrawe

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum instagram.com/ericvirgiawan

Setelah dari Pantai Kukup, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Ngrawe yang lokasinya tak jauh dari Pantai Kukup. Pantai yang terbilang masih baru ini berada di sebelah barat Pantai Kukup.

Aturan kunjungan yang diterapkan di Pantai Ngrawe juga sama seperti aturan mengunjungi Pantai Baron dan Pantai Kukup.

10. Tlogo Muncar

Kangen Jogja, Tempat Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum Kawasan wisata Kaliurang. IDN Times/Siti Umaiyah

Pengelola Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) mempersiapkan ssalah satu tempat wisatana dibuka untuk umum, yaitu Tlogo Muncar. Pengelola mensyaratkan jika dibuka kembali maka pengunjung yang boleh masuk per harinya hanya 10 hingga 20 persen per harinya dibanding saat normal.  

Itulah beberapa tempat wisata yang siap untuk dibuka bagi wisatawan. Pengelola sudah menyiapkan sarana untuk mengantisipasi merebaknya virus corona. Tetap jalankan aturan agar semuanya aman ya. 

Baca Juga: Tlogo Muncar Siap Dibuka, Pembatasan Jumlah Pengunjung akan Dilakukan 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya