Comscore Tracker

Rute Menantang Bersepeda di Yogyakarta, Pastikan Kondisimu Prima  

Tidak hanya jauh tenpat wisata ini juga menanjak 

Bersepeda saat ini sedang ngetred. Tak hanya untuk olahraga, gowes juga bisa untuk berwisata.Salah satu daerah yang bisa menjadi tujuan wisata sambil bersepeda adalah Yogyakarta. Kota Pelajar itu dikenal memiliki wisata yang lengkap. Dengan menggunakan sepeda kamu bisa menikmati wisata alam dan kuliner.

Di Yogyakarta ada sejumlah spot yang sering menjadi tujuan para pesepeda saat akhir pekan. Tak hanya memiliki pemandangan yang bagus, spot-spot ini punya rute yang menantang.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba gowes ke spot-spot ini, pastikan dulu kondisi tubuhmu fit dan sepedamu dalam keadaan prima ya. Mau tahun ini lima objek wisata di Yogyakarta yang bisa dinikmati sambil gowes dengan rute yang menantang. Yuk simak ulasannya.

Baca Juga: 10 Tempat Asyik Pengayuh Sepeda, dari Gunung hingga Sawah   

1. Puncak Sosok

Rute Menantang Bersepeda di Yogyakarta, Pastikan Kondisimu Prima  instagram.com/duniagowes

Puncak Sosok berlokasi di Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Lokasinya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Rute menuju spot ini cukup ekstrem dengan jalan menanjak dan berbatu.

Namun sesampainya di Puncak Sosok, kamu bakal disuguhkan pemandangan alam yang menawan. Terdapat pula beberapa warung yang biasa dimanfaatkan pesepeda untuk bersantai setelah gowes.

Disarankan untuk datang pada sore atau pagi hari. Saat akhir pekan, spot ini ramai dikunjungi pesepeda dan wisatawan.

2. Puncak Bibis

Rute Menantang Bersepeda di Yogyakarta, Pastikan Kondisimu Prima  instagram.com/yanni_rizky

Masih di Bantul, kamu bisa bersepeda mengunjungi Puncak Bibis yang berlokasi di Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Puncak Bibis juga kerap disebut pos sepeda, karena memang menjadi tempat berkumpulnya para pesepeda di Yogyakarta.

Rute menuju Puncak Bibis cukup ekstrem dengan tanjakan curam dan elevasi maksimal hingga 18 persen. Di Puncak Bibis juga terdapat sebuah warung yang dikenal dengan nama Warung Bu Yati.

Setelah bersepeda, para goweser biasanya langsung memesan makanan dan minuman di warung ini sembari bersantai di gazebo-gazebo yang sudah disediakan. Pemandangan yang ditawarkan Puncak Bibis juga gak kalah menawan.

3. Spot Riyadi

Rute Menantang Bersepeda di Yogyakarta, Pastikan Kondisimu Prima  jogjatravel.id

Spot Riyadi biasa menjadi tujuan bersepeda yang asyik. Lokasinya berada di timur Kota Yogyakarta, tepatnya di Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Spot Riyadi berada sekitar 20 kilometer dari pusat kota dengan rute yang cukup menanjak. Sangat disarankan datang pada pagi atau sore hari.

Panorama keindahan alam dari Spot Riyadi ini dijamin bikin rasa lelahmu setelah bersepeda hilang. Dari atas, kamu bisa menikmati pemandangan Kota Yogyakarta di sebelah barat dan pemandangan Kota Klaten di sebelah timur.

Candi Prambandan dan Candi Sewu juga dapat terlihat jelas dari tempat ini. Jika cuaca cerah, kamu juga bisa menikmati keindahan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro dari Spot Riyadi.

Baca Juga: Pengen Gowes, Ini 7 Rekomendasi Toko Sepeda di Yogyakarta

4. Bukit Klangon

Rute Menantang Bersepeda di Yogyakarta, Pastikan Kondisimu Prima  kayuhanpedal.com

Bukit Klangon berlokasi di Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Spot ini juga kerap jadi tujuan favorit para pesepeda.

Lokasinya berada di utara Kota Yogyakarta membuat spot ini punya pemandangan alam yang menawan sekaligus rute yang menanjak. Jadi pastikan tubuhmu fit dan sepedamu dalam kondisi prima.

Sesampainya di Bukit Klangon, kamu bakal disuguhkan panorama Gunung Merapi yang sangat indah. Disarankan datang pada pagi hari untuk menghindari kabut yang biasanya mulai turun pada siang hingga sore hari.

5. Waduk Sermo

Rute Menantang Bersepeda di Yogyakarta, Pastikan Kondisimu Prima  instagram.com/giiwang

Waduk Sermo berlokasi di Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Rutenya sangat bervariasi, mulai dari jalan aspal lurus, tanjakan, turunan, hingga tikungan tajam. Jaraknya dari pusat kota cukup jauh, sehingga sangat disarankan bersepeda dalam kondisi fit.

Sesampainya di Waduk Sermo, kamu bakal disuguhkan pemandangan danau dengan suasana yang asri. Kamu bisa menjajal spot ini pada akhir pekan. Untuk penginapan yang on budget, kamu bisa pesan di diskon Agoda saat gowes di Yogyakarta.

Untuk mencapai tempat wisata di atas, perlu latihan dan kondisi yang prima. Jangan lupa juga persiapkan masker dan lakukan sesuai protokol kesehatan. Yuk gowes! 

Baca Juga: 10 Destinasi Favorit di Indonesia untuk Bersepeda Santai, Seru Banget!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya