Comscore Tracker

Indonesia juga Punya 3 Piramida, Gak Kalah Dibanding Mesir

Piramida Indonesia sudah ada sejak 5200 Sebelum Masehi

Piramida memang identik dengan Mesir. Namun ternyata, piramida tak cuma dimiliki negara Mesir saja. Bahkan di Indonesia ternyata juga terdapat piramida. Salah satu piramida yang ada di Indonesia diperkirakan sudah ada sejak 5200 Sebelum Masehi.

Penasaran kan kamu dengan piramida yang ada di Indonesia. Nah, berikut ini sejumlah piramida kuno yang bisa kamu temui di Tanah Air.

Baca Juga: 10 Tempat Asyik Pengayuh Sepeda, dari Gunung hingga Sawah   

1. Candi Sukuh

Indonesia juga Punya 3 Piramida, Gak Kalah Dibanding Mesirkebudayaan.kemdikbud.go.id

Candi Sukuh berlokasi di kaki Gunung Lawu, atau tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Situs Candi Sukuh pertama kali ditemukan oleh arkeolog pada masa pemerintahan Hindia Belanda pada 1815. 

Konon, candi ini dibangun pada abad ke-15, semasa pemerintahan Majapahit. Candi Sukuh dianggap cukup kontroversial lantaran bentuknya yang tidak lazim dan terdapat relief-relief berbentuk alat kelamin manusia. 

Candi Sukuh dianggap memiliki beberapa kesamaan dengan piramida di Mesir. Salah satunya adalah bangunan gapura di muka kompleks candi. Gapura ini terlihat seperti pylon, gapura masuk piramida di Mesir. Selain itu, yang menjadi misteri adalah bentuk Candi Sukuh yang begitu mirip dengan Piramida Aztec di Amerika Latin.

2. Pugung Raharjo

Indonesia juga Punya 3 Piramida, Gak Kalah Dibanding Mesirtiket.com

Situs Purbakala Pugung Raharjo terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Letaknya ada di tengah perkebunan jagung dan jauh dari pemukiman warga. Terdapat bangunan peninggalan zaman megalitikum yang berbentuk punden berundak empat sisi yang simetris. 

Piramida di Pugung Raharjo ini terbagi oleh tiga bagian punden berundak, yakni bawah, tengah, dan puncak. Di sisi punden berundak ini terdapat batu-batu yang berfungsi sebagai tangga dan pembatas di sekitar piramida. Arkeolog memprediksi punden ini merupakan peninggalan zaman Megalitikum sekitar 2500 tahun Sebelum Masehi. 

Ada tujuh punden berundak yang tersisa di tempat ini. Di antara tujuh punden itu, punden keenam adalah yang terbesar. Punden enam memiliki tiga undak dengan ukuran undak pertama sekitar 25 x 25 meter, undak kedua 14 x 14 meter, dan undak ketiga 7 x 7 meter. Selain piramida, pengunjung juga akan menemukan peninggalan lainnya, seperti prasasti, arca, dan altar batu di situs ini.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Alam di Padang yang Harus Kamu Coba Kunjungi

3. Gunung Padang

Indonesia juga Punya 3 Piramida, Gak Kalah Dibanding Mesirplukme.com

Situs Gunung Padang berlokasi di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Penemuan situs Gunung Padang cukup mengejutkan lantaran para arkeolog memperkirakan situs ini dibangun antara 9.000 hingga 20.000 tahun yang lalu. 

Situs ini pun diprediksi lebih tua dari peradaban Mesopotamia dan Piramida Giza di Mesir, yang selama ini dipercaya sebagai peradaban tertua di dunia. Situs Gunung Padang pertama kali ditemukan pada 1914 dan merupakan situs sejarah terbesar di Indonesia. Tingginya sekitar 220 meter. Sedangkan, luasnya sekitar 29,1 hektare. 

Gunung Padang memiliki lima punden berundak. Di tingkat paling atas, ada lokasi yang disebut-sebut berkaitan dengan asal-usul umat manusia bagaikan kisah Adam dan Hawa. 

Di tingkat kedua, ada batu "mahkota dunia" yang membuat banyak orang beranggapan bahwa ada harta karun terpendam di Gunung Padang. Situs prasejarah ini pun dianggap sakral oleh penduduk sekitar, karena dianggap sebagai tempat Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam.

Dari tiga piramida tersebut, mana yang pernah kamu kunjungi? 

Baca Juga: Kece! 5 Tempat Wisata di Indonesia Ini Punya Miniatur Landmark Dunia

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya