Comscore Tracker

Dihormati di Luar Negeri, 9 Tokoh Indonesia Jadi Nama Gedung dan Jalan

Hal ini sebagai bentuk penghormatan

Sebanyak empat nama Presiden dan Wakil Presiden serta pahlawan yang berasal dari Indonesia digunakan sebagai nama jalan, gedung serta taman di luar negeri. 

Nama ini digunakan untuk menghormati sumbangsih yang besar membantu negara yang bersangkutan. Keren kan, yuk kita lihat.

1. Taman Soekjarno di Meksiko

Dihormati di Luar Negeri, 9 Tokoh Indonesia Jadi Nama Gedung dan Jalangoogle.com/maps/contrib/@ferry ngantung

Tak hanya di Aljazair, nama Soekarno juga harum di Meksiko, tepatnya di Kota Mexico City. Ada sebuah taman yang diberi nama Soekarno Park atau Soekarno Parque.

Di tengah taman tersebut, berdiri kokoh patung sang Bapak Proklamator. Alasan utama pembangunan monumen itu adalah karena apresiasi Meksiko terhadap Bung Karno yang dianggap sebagai tokoh perdamaian dunia.

Baca Juga: Tradisi Baru, Konsep Teks Proklamasi Dipamerkan di Istana Negara     

2. Monumen Soekrno di Aljazair

Dihormati di Luar Negeri, 9 Tokoh Indonesia Jadi Nama Gedung dan Jalannusadaily.com

Nama Soekarno juga dijadikan sebuah monumen di Aljazair. Bung Karno dianggap punya sumbangsih besar terhadap gerakan kemerdekaan Aljazair dari penjajahan Prancis.

3. Masjid Biru Soekarno, Rusia

Dihormati di Luar Negeri, 9 Tokoh Indonesia Jadi Nama Gedung dan Jalangoodnewsfromindonesia.id

Nama Presiden Pertama RI, Soekarno, sangat dihormati di luar negeri. Banyak bangunan, monumen, atau jalan yang menggunakan nama Soekarno. Salah satunya sebuah masjid di Kota Saint Petersburg, Rusia.

Masjid itu adalah Blue Mosque alias Masjid Sukarno. Saat itu, Soekarno dianggap berjasa, karena berhasil membuat masjid tersebut dihidupkan kembali. Sebelumnya, saat era pendudukan Uni Soviet, masjid ditutup dan tidak boleh digunakan. Masjid pun beralih fungsi jadi sebuah gudang.

4. Jalan Soekarno, Maroko

Dihormati di Luar Negeri, 9 Tokoh Indonesia Jadi Nama Gedung dan Jalantheworldnews.net

Salah satu negara yang memiliki kedekatan dengan Soekarno adalah Maroko. Di negara Afrika Utara tersebut, nama Soekarno diabadikan menjadi nama jalan.

Semula jalan tersebut diberi nama Sharia Al-Rais Ahmed Soekarno, tetapi sekarang dikenal dengan Rue Soekarno atau Avenue Soekarno.

5. Jalan Mohammad Hatta, Belanda

Dihormati di Luar Negeri, 9 Tokoh Indonesia Jadi Nama Gedung dan Jalangoogle.co.id/maps

Wakil Presiden Pertama RI, Mohammad Hatta, pun diabadikan menjadi nama jalan di Belanda. Hatta dianggap sebagai figur yang punya pengaruh besar bagi Indonesia dan Belanda. Nama Bung Hatta kini diabadikan sebagai nama jalan di Kota Harlem, Belanda.

Baca Juga: Kisah Cinta Mohammad Hatta, Baru Menikah Setelah Indonesia Merdeka

6. Jalan RA Kartini, Belanda

Dihormati di Luar Negeri, 9 Tokoh Indonesia Jadi Nama Gedung dan Jalangoogle.co.id/maps

Sosok R.A. Kartini tak hanya dihormati di Indonesia, tapi juga di Negeri Kincir Angin, Belanda. Nama tokoh emansipasi ini banyak dijadikan nama jalan di antaranya di Kota Utrecht, Venlo, Harleem, dan Kota Amsterdam.

7. Patung Jendral Sudirman di Jepang

Dihormati di Luar Negeri, 9 Tokoh Indonesia Jadi Nama Gedung dan Jalangoodnewsfromindonesia.id

Patung Jendral Sudirman yang berdiri kokoh di Kantor Kementerian Pertahanan Jepang di Kota Tokyo. Patung yang terbuat dari perunggu ini menjadi satu-satunya patung pahlawan asing yang dipajang di Jepang dan sangat dihormati oleh Jepang.

Bagi Jepang, figur Sudirman merupakan salah satu simbol penting dalam hubungan antara Indonesia dan Jepang.

8. Masjid Soeharto, Bosnia-Herzegowina

Dihormati di Luar Negeri, 9 Tokoh Indonesia Jadi Nama Gedung dan Jalangoodnewsfromindonesia.id

Nama Soeharto dihormati di Bosnia-Herzegowina. Ada sebuah masjid bernama Masjid Istiqlal atau Masjid Soeharto di Kota Sarajevo, Bosnia-Herzegowina. Masjid ini dihadiahkan Presiden Soeharto untuk Bosnia-Heregovina yang saat itu dilanda perang berkepanjangan.

9. Kebun Megawati, Korea Selatan

Dihormati di Luar Negeri, 9 Tokoh Indonesia Jadi Nama Gedung dan Jalankorea.iyaa.com

Terakhirr, jika kamu berkunjung ke Pulau Jeju, Korea Selatan, kamu bisa mampir di sebuah taman bernama Megawati Garden atau Megawati Jongwon. Nama taman ini memang diambil dari nama Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri. Taman ini merupakan simbol keakraban dan penghargaan bangsa Korea terhadap Indonesia.

Itulah bangunan dan jalan yang menggunakan nama tokoh nasional dari Indonesia, hebat kan kita harus bangga dengan perjuangan mereka.

Dari sembilan tempat tadi, kamu sudah pernah mengunjunginya slaah satunya?   

Baca Juga: Super Romantis, 11 Momen Lamaran Sunny Dahye dan Chris Okano di Jeju

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya