TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Danau Como, Lokasi Syuting Star Wars yang Romantis

Danau terdalam sekaligus terpopuler di Italia

ilustrasi Danau Como, Italia (unsplash.com/@lifeof_peter_)

Intinya Sih...

  • Danau Como di Italia saksi Al Ghazali melamar Alyssa Daguise dan jadi lokasi syuting Star Wars.
  • Danau ini dinamai dari kata 'lar' dan memiliki garis pantai terpanjang di Eropa.
  • Merupakan danau terdalam di Italia, populer di kalangan selebriti hollywood, dan sering digunakan sebagai lokasi syuting film terkenal.

Danau Como di Italia lagi jadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, danau ini jadi saksi Al Ghazali melamar kekasihnya, Alyssa Daguise. Namun sebelum itu, Danau Como juga sudah terkenal secara global karena menjadi lokasi syuting film Star Wars dan beberapa film lainnya, lho.

Di balik keindahannya di segala musim, ada fakta Danau Como yang menarik buat diulik. Mulai dari menjadi danau paling dalam di Italia dan beberapa hal lainnya berikut ini. Yuk, simak ulasannya berikut ini biar makin kagum!

1. Punya banyak julukan

Awalnya, danau ini dinamai Danau Lario. Lario berasal dari kata 'lar' yang berarti dalam lalu diubah menjadi Lacus Larius oleh orang Romawi, yang juga menjulukinya Lacus Comensis. Namun setelahnya, panggilan ini disingkat menjadi 'Como' saja.

Sedangkan nama Como juga diambil dari Kota Como. Kota Como sendiri merupakan rumah bagi peradaban seni dan terdiri atas katedral, museum, istana, hingga teater yang memukau.

2. Punya garis pantai terpanjang di Eropa

Garis pantai dari Danau Como adalah salah satu yang terpanjang di Eropa. Panjangnya hampir 100 km dan terdiri dari pegunungan, rumah-rumah penduduk, taman, gereja, jalan setapak, dan seluruhnya memberikan pemandangan yang indah. 

Tepian danau disulap menjadi tempat bersantai dengan resor di mana selalu ramai pengunjung saat musim panas. Kamu wajib mengunjungi Desa Sala Comacina saat ke Como karena mereka memiliki pelabuhan tercantik yang instagenic. 

3. Danau terdalam di Italia yang dikelilingi pegunungan

Gak banyak yang tahu kalau Danau Como adalah danau terdalam di Italia. Kedalaman Danau Como sekitar 410 meter (1.345 kaki), dan selain danau terdalam di Italia juga salah satu yang terdalam di Eropa.

Meski begitu, Danau Como dikelilingi oleh perbukitan dan hutan lebat yang memanjakan mata. Perbukitan Monte San Primo adalah puncak tertinggi di mana wisatawan ramai datang saat musim panas untuk hiking. 

Baca Juga: Kalinampu Natural Park, Wisata Ala Jepang di Jogja Selatan

4. Destinasi wisata populer di dunia

Selain danau paling dalam di Italia, Danau Como adalah danau paling populer di sini. Kecantikannya sudah tersebar di seluruh dunia hingga tiap tahunnya dikunjungi oleh jutaan wisatawan, tak terkecuali para aktris hollywood. 

Misalnya Taylor Swift yang menginap di Grand Hotel Tremezzo di Tremezzina. Ada juga Tom Cruise, Maddona, dan masih banyak lagi. Ada juga George dan Amal Clooney yang memiliki Villa Oleandra. 

Sedangkan artis Indonesia pun tak kalah banyak yang sudah berlibur ke sini. Di antaranya Aaliya Massaid dan Thoriq Halilintar dalam rangka bulan madu, Farah Quinn, Bunga Citra Lestari, serta pasangan Amanda Rawles dan Adriel Susanteo. 

5. Lokasi syuting film Star Wars sampai House of Gucci

George Lucas memfilmkan adegan untuk Star Wars: Episode II - Attack of the Clones di tiga lokasi di Danau Como di Italia, termasuk Villa del Balbianello dan taman umum Tremezzo. Pencinta film Star Wars pasti gak asing dengan adegan pernikahan antara Anakin Skywalker dan Padmé Amidala, dan adegan ciuman antara pasangan tersebut yang ternyata diambil di taman Villa del Balbianello meski secara eksterior vila, diganti dengan citra yang dihasilkan komputer. 

Selain digunakan jadi tempat syuting film Star Wars, Danau Como juga pernah jadi lokasi buat film lainnya. Yang terbaru di antaranya adalah House of Gucci tahun 2021 dan Casino Royal dari seri film James Bond yang dirilis tahub 2006 lalu. 

Itu dia sederet fakta Danau Como yang menarik buat disimak. Bukan sekadar danau, tapi sudah jadi destinasi liburan langganan para selebriti. Hayo, kamu juga ingin liburan ke sini juga kan? 

Baca Juga: Cara Menuju Desa Wisata Nepal Van Java dari Jogja, Mudah Kok!

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya