TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Wisata Lava Tour Merapi, Mengelilingi Kaki Gunung dengan Jeep

Wisata menantang sampai kaki Gunung Merapi

ilustrasi tips wisata lava tour merapi (unsplash.com/@fdlnkm)

Lava Tour Merapi adalah salah satu daya tarik wisata di Jogja Utara. Berwisata di kawasan ini bisa dilakukan secara perseorangan dan berkelompok, serta menantang adrenalin.

Dengan mengikuti tour satu hari, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Kaliurang hingga kaki Gunung Merapi dengan naik jeep. Berminat? Yuk baca dulu tips wisata Lava Tour Merapi agar aman, dan nyaman. 

1. Cek musim, pastikan keadaan aman

Ilustrasi pajet wisata dengan mobil Jip. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Jika tujuan wisatamu selama di Jogja di alam terbuka, jangan lupa untuk cek musim. Di saat musim hujan, pelaku tempat wisata di kaki Gunung Merapi sempat diminta ditutup untuk umum. Kekhawatiran, terjadi hujan lahar dingin yang melewati sungai di kaki gunung. 

2. Hindari datang saat libur sekolah

Museum Mini Sisa Hartaku (instagram.com/awkarin)

Sudah bukan rahasia, Jogja adalah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Tempat ini selalu ramai apalagi saat libur sekolah dan long weekend.  Akan lebih tepat jika mengambil cuti dan liburan di hari biasa. Selain lebih sepi, antrean menuju tempat wisata viral di Jogja, bisa dinilkmati lebih maksimal.

Baca Juga: Syahdunya Bunker Kaliadem, Wisata di Kaki Gunung Merapi 

3. Cari vendor tour merapi yang terpercaya

Di zaman media sosial dan kemudahan internet seperti sekarang, mencari penyedia jasa tur bisa dengan cepat dilakukan. Namun sebuah tips wisata lava tour merapi yang wajib kamu terapkan adalah hati-hati dan waspada karena kini makin banyak penipuan yang mengatas namakan tour atau travel melalui nomor di Google Maps.

Meski begitu kamu tak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk memastikan apakah jasa tersebut terpercaya atau sebaliknya. Misal dengan memastikan bahwa adanya testimoni dari wisatawan sebelumnya, lalu cek kontak yang digunakan oleh tour menggunakan aplikasi yang dapat memeriksa nomor tersebut terintegrasi penipuan atau tidak. 

4. Pakai pakaian yang nyaman alih-alih sekadar estetik

Wajar kok kalau kamu ingin tampil chic saat liburan.  Sayangnya, jika mengikuti lava tour, maka pakaian yang nyaman dan menyerap keringat akan lebih menyenangkan buat dipakai. 

Kamu akan berpanas-panasan di bawah sinar matahari sampai basah-basahan karena diajak main ke sungai. Jangan lupa pakai alas kaki yang nyaman. 

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya