Comscore Tracker

Pantai Wohkudu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips Liburan

Hidden gem di Gunungkidul, nih!

Pantai Wohkudu merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memiliki pasir putih yang dikelilingi perbukitan dan tebing yang memukau dengan lebar yang hanya berkisar 40 meter.

Terlihat seakan tersembunyi, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang indah dengan suasana yang tenang. Pantai ini juga masih sepi pengunjung karena masih belum banyak diketahui orang-orang.

Untuk kamu yang menginginkan liburan dengan suasana tenang dan menyegarkan, Pantai Wohkudu bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebelum datang ke pantai ini, berikut ada beberapa informasi terkait Pantai Wohkudu yang bisa kamu jadikan panduan sebelum berlibur, yuk simak di bawah ini!

Baca Juga: Puncak Kosakora Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburan

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket 

Pantai Wohkudu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips Liburanpotret Pantai Wohkudu (Instagram.com/pantaiwohkudu)

Lokasi: Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 

Jam operasional: Buka 24 jam setiap hari.

Harga tiket: Rp3 ribu.

2. Rute perjalanan menuju Pantai Wohkudu 

Pantai Wohkudu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips Liburanpotret Pantai Wohkudu (Instagram.com/pangeraann_)

Untuk menuju Pantai Wohkudu, ada dua pilihan rute yang dapat dijadikan alternatif perjalanan, yaitu:

Rute melalui Jalan Wonosari

Rute terbaik untuk menuju Pantai Wohkudu kamu bisa melalui Jalan Wonosari-Piyungan-Patul-Lapangan terbang Gading. Kemudian kamu bisa mengambil arah kanan-Pasar Playen-Paliyan-Girikarto hingga sampai di Pantai Wohkudu.

Rute melalui Banguntapan

Selain melalui rute Jalan Wonosari, kamu juga bisa melalui Jalan Banguntapan-Imogiri-Siluk-Panggak-Girikarto hingga tiba di Pantai Wohkudu.

Melalui kedua rute tersebut, kamu bisa dengan cepat sampai ke kawasan Pantai Wohkudu. Namun sesampainya di lokasi, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 10 menit dari tempat parkir ke area pantai.

Baca Juga: Pantai Ngandong Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips

3. Pesona Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips Liburanpotret Pantai Wohkudu (Instagram.com/gunungkidul.ig)

Di pantai Wohkudu, kamu bisa melakukan banyak aktivitas dan hal menarik. Pantai ini memiliki pesona yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa pesona dan daya tarik Pantai Wohkudu, antara lain:

1. Pemandangan pantai yang indah

Pantai Wohkudu memiliki pemandangan alam dan pantai yang sangat indah. Pantai ini diapit oleh dua bukit yang mana merupakan ciri khas tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunungkidul. Banyak wisatawan yang datang bukan hanya karena ingin menikmati keindahan alamnya saja namun juga ingin mengangkat eksotisme Pantai Wohkudu ini. 

2. Spot menarik untuk camping

Pantai Wohkudu juga cocok untuk dijadikan pilihan tepat untuk mendirikan tenda bersama teman-teman dan menyalakan api unggun, sembari menikmati malam. Pantai ini masih jarang diketahui orang-orang dan masih sepi pengunjung, sehingga cocok untuk berkemah sambil berlibur. Di pantai ini, kamu akan berasa pantai milik sendiri dengan menyatu bersama alam.

3. Tempat untuk memancing

Selain berkemah, pantai ini biasanya juga digunakan oleh para wisatawan yang hobi memancing. Di Pantai Wohkudu ini banyak lobster yang sering jadi incaran para pengunjung. Kamu bisa membawa alat pancing pribadi ataupun menyewa alat pancing di sekitar pantai. Spot terbaik untuk memancing di pantai ini adalah di bagian timur pegunungan yang sebagian besar orang mengatakan bahwa di sana surganya lobster di pantai ini.

4. Fasilitas yang tersedia di Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips Liburanpotret Pantai Wohkudu (Instagram.com/alfaarzq)

Pantai Wohkudu mempunyai beragam fasilitas yang tersedia untuk para pengunjung, di antaranya tempat parkir yang luas, toilet umum, musala, warung makan yang menjual aneka olahan kuliner laut, dan penyewaan alat pancing.

Pantai Wohkudu diapit dua tebing pegunungan, oleh karena itu pantai ini memang belum memiliki banyak fasilitas yang memadai. Namun jangan khawatir, walaupun tidak memiliki banyak fasilitas, fasilitas dasar di atas sudah cukup memadai untuk pengunjung berlibur di sini.

5. Tips liburan seru 

Pantai Wohkudu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips Liburanpotret Pantai Wohkudu (Instagram.com/gunungkidul.ig)

Jika kamu tertarik untuk berlibur ke Pantai Wohkudu yang ada di Gunungkidul, berikut ini terdapat beberapa tips liburan seru, aman dan menyenangkan yang bisa menjadi pedoman sebelum kamu belibur ke sini!

  • Pastikan tubuhmu fit saat datang ke sini, karena Pantai Wohkudu masih memiliki sedikit fasilitas dan jalan dari area parkiran ke pantai cukup membutuhkan tenaga.
  • Gunakan sunscreen untuk menghindari paparan sinar matahari langsung yang bisa membakar kulitmu.
  • Siapkan perlengkapan pribadi dan kamera untuk berswafoto di Pantai Wohkudu. Kurang rasanya jika berlibur tanpa mengabadikan momen bukan?
  • Datanglah saat cuaca cerah dan hindari saat musim hujan.
  • Jika ingin memancing dan berkemah, kamu perlu menyiapkan peralatan pribadi ya supaya liburanmu menyenangkan!

Pantai Wohkudu masih menjadi salah satu hidden gem di Gunungkidul karena masih belum banyak diketahui orang-orang. Oleh karena itu, pantai ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghindari keramaian dan menghilangkan penat. Selamat berlibur!

Baca Juga: 10 Pantai Pasir Putih di Gunungkidul, Pemandangannya Eksotis!

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya