Comscore Tracker

Pantai Sadeng Gunungkidul: Info Rute, Harga Tiket, dan Tips

Spot memancing menjadi salah satu daya tarik pantai ini!

Yogyakarta menyimpan banyak tempat wisata yang indah dan unik yang bisa menarik banyak wisatawan untuk berwisata di Kota Pelajar ini. Salah satu wisata yang bisa kamu coba adalah Pantai Sadeng yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Sadeng adalah deretan pantai pasir putih di Gunungkidul yang memiliki pemandangan dan daya tarik yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Pantai Sadeng juga sering disebut sebagai surga bagi para nelayan karena di pantai ini terdapat berbagai aktivitas nelayan yang bisa kamu lihat. Oleh karena itu, simak beberapa informasi terkait Pantai Sadeng di bawah ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Sadeng Gunungkidul: Info Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Sadeng (Instagram.com/deandramazayaa)

Lokasi: di Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Buka 24 jam

Harga tiket: Rp5 ribu

  • Parkir motor: Rp2 ribu
  • Parkir mobil: Rp5 ribu

2. Rute menuju destinasi wisata

Jarak yang ditemuh dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Sadeng cukup jauh yaitu sekitar 82 km dan waktu tempuh kendaraan sekitar 2 jam perjalanan.

Rute melalui Titik Nol Kilometer Yogyakarta:

Jika kamu dari Titik 0 km Yogyakarta, kamu bisa menuju ke timur melewati Jl. Panembahan Senopati. Kemudian lurus terus menuju Jl. Raya Yogyakarta menuju Jl. Kusumanegara. Sampai di perempatan belok ke selatan melewati Jl. Gedong Kuning, lalu sampai perempatan belok ke timur melewati Jl. Wonosari lurus terus menuju Jl. Nasional III.

Kemudian lurus terus menuju Jl. Kyai Legi dan melewati Jl. KRT Judodiningrat. Terus lurus hingga melewati Jl. Sadeng dan ikuti jalan tersebut, nantinya kamu akan sampai ke obyek wisata Pantai Sadeng.

3. Fasilitas di Pantai Sadeng

Pantai Sadeng Gunungkidul: Info Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Sadeng (Instagram.com/deandramazayaa)

Pantai Sadeng memiliki berbagai fasilitas penunjang wisata yang bisa digunakan oleh wisatawan saat berlibur di tempat ini. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung:

  • Tempat parkir kendaraan wisata
  • Tempat makan
  • Pusat lelang hasil laut
  • Kamar mandi umum
  • Tempat untuk memancing
  • Spot foto menarik
  • Musala
  • Penginapan

Nikmati liburan yang seru dan menyenangkan di Pantai Sadeng dengan berbagai fasilitas yang tersedia di tempat wisata yang akan membuatmu nyaman saat berlibur!

4. Spot dan obyek wisata di Pantai Sadeng

Pantai Sadeng Gunungkidul: Info Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Sadeng (Instagram.com/defiirfansyah)

Pantai Sadeng memiliki beberapa spot dan obyek wisata yang menarik lainnya yang bisa kamu coba saat berada di sini. Di antaranya: 

1. Telaga Suling

Telaga Suling adalah telaga yang menurut warga setempat menyimpan sisa-sisa air dari sungai Bengawan Solo Purba. Di telaga tersebut terdapat dua bukit kapur yang berbentuk memanjang dengan sebuah lembah yang berada di tengahnya. Saat ini lembah tersebut menjadi ladang palawija untuk masyarakat setempat karena memiliki tekstur tanah yang subur. Lembah tersebut memiliki panjang sekitar 7 km.

2. Spot kuliner

Selain menikmati wisata pantai, Pantai Sadeng juga memiliki spot wisata kuliner yang akan menggoyangkan lidahmu. Kuliner di Pantai Sadeng terkenal akan olahan seafood yang lezat dan segar. Olahan makanan yang dijual di Pantai Sadeng juga ramah di kantong karena di pantai banyak nalayan yang menjual hasil tangkapannya. 

3. Spot memancing

Salah satu spot menarik di Pantai Sadang yang tidak boleh di lewatkan adalah spot memancing yang berada di dekat dermaga. Bagi wisatawan yang sangat hobi memancing obyek wisata yang satu ini sangat cocok untuk di coba. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi Pantai Sadeng di Gunungkidul ini.

4. Spot foto yang menarik

Saat berada di kawasan pantai, tentu spot foto menjadi salah satu incaran wisatawan untuk mengabadikan momen saat liburan, tak terkecuali di Pantai Sadeng. Pantai ini memiliki berbagai tempat foto menarik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto ootd. Salah satu spot favorit wisatawan adalah di dermaga dan di jejeran batu-batuan hitam di dekat pantai. Tak hanya itu saja, Pantai Sadeng juga memiliki spot foto menarik lainnya yang bisa kamu explore lebih jauh saat berlibur disini.

5. Tips liburan seru

Pantai Sadeng Gunungkidul: Info Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Sadeng (Instagram.com/diyahnovii)

Buat kamu yang berencana ingin berlibur di Pantai Sadeng, Gunungkidul. Berikut ini ada beberapa tips liburan seru dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan!

  • Datanglah di waktu pagi maupun sore hari ketika cuaca sedang cerah dan hindari saat mendung ataupun hujan.
  • Gunakan sunscreen saat berada di ruangan terbuka untuk menghindari paparan sinar matahari.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen saat berada di Pantai Sadeng.
  • Untuk berjaga-jaga, bawalah makanan ringan.
  • Gunakan OOTD yang nyaman.
  • Nikmati liburan yang lebih menyenangkan dengan berlibur bersama sahabat maupun keluarga.
  • Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ketika ingin berenang maupun bermain air di Pantai Sadeng.

Itulah beberapa informasi terkait Pantai Sadeng di Gunungkidul yang bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi tempat wisata dan liburanmu nanti! 

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya