Comscore Tracker

Pantai Ngrumput Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburan

Pantai dengan pemandangan tebing dan karang yang memesona

Gunungkidul menjadi salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan deretan pantai pasir putih yang indah dan eksotis. Salah satunya adalah Pantai Ngrumput yang diklaim masih sangat alami dan bersih. 

Penasaran dengan keindahan Pantai Ngrumput dan berencana ingin berlibur ke destinasi wisata satu ini? Berikut ini beberapa informasi terkait Pantai Ngrumput yang bisa kamu jadikan panduan dalam berliburmu. Yuk, simak ulasannya!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Ngrumput Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburanpotret Pantai Ngrumput (Instagram.com/junadi_id)

Lokasi: di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Jam operasional: buka setiap hari selama 24 jam

Harga tiket: Rp10 ribu

2. Rute menuju Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburanpotret Pantai Ngrumput (Instagram.com/nurulafifah05_)

Rute dari Pusat Kota Yogyakarta:

Dari pusat Kota Yogyakarta kamu bisa langsung menuju Piyungan kemudian Patuk–Sambipitu–Lanud TNI Gading–Siyono–Bundaran Tugu BPD jalan lurus ke Timur. Setelah itu akan sampai ke Wonosari dan lanjut menuju Jalan Baron–Tanjungsari–Pos Restribusi kawasan pantai Gunung Kidul lalu mengikuti arah Pantai Drini dan kamu sudah sangat dekat dengan Pantai Ngrumput.

Rute dari Solo ke Pantai Ngrumput:

Jika kamu dari Solo, rute yang bisa kami tempuh yaitu melalui Solo–Klaten–Jogja–Wonosari–Pos Retribusi Masuk Pantai Baron–Pantai Drini–Pantai Ngrumput.

Untuk sampai ke Pantai Ngrumput kamu bisa berjalan kaki menyusuri sepanjang timur Pantai Drini saat surut atau melewati jalan setapak perbukitan. Jika laut sedang dalam keadaan surut, kamu lebih baik melewati sepanjang tepi pantai karena jaraknya lebih dekat. Namun kamu harus berhati-hati karena banyak bebatuan dan terumbu karang yang cukup tajam.

Jangan memaksakan diri lewat melalui sepanjang tepi pantai jika laut sedang dalam kondisi pasang, karena pada saat itu ombak di pantai selatan cukup besar dan berbahaya. Ketika laut sedang pasang kamu disarankan untuk melewati jalur perbukitan, walaupun jarak akan menjadi lebih jauh untuk menuju ke Pantai Ngrumput tetapi lebih aman.

Baca Juga: Pantai Ngandong Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips

3. Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburanpotret Pantai Ngrumput (Instagram.com/nurulafifah05_)

Pantai Ngrumput telah menyediakan berbagai fasilitas umum yang bisa digunakan pengunjung selama berlibur di sini. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap dan memadai, di antaranya: 

  • Area parkir luas
  • Tempat atau warung makan di sekitar pantai
  • Toilet dan kamar mandi umum
  • Tempat penyewaan alat perlengkapan camping
  • Spot foto dan lainnya

Dengan beragam fasilitas di atas, tentu kamu bisa menikmati liburan dengan tenang dan nyaman bukan?

4. Pesona dari Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburanpotret Pantai Ngrumput (Instagram.com/whatsnewyogyakarta)

Pantai Ngrumput memiliki pesona yang eksotis dengan beragam daya tariknya, diantaranya adalah:

1. Camping di tepi pantai

Pantai Ngrumput menjadi salah satu pantai di Gunungkidul yang terkenal dengan tempat camping nya. Pantai ini selalu ramai dengan pengunjung yang memutuskan untuk mendirikan tenda di tepi pantai. Jika dilihat dari atas, tepi pantai ini selalu dipenuhi dengan wisatawan yang menginap. Lokasi dan kondisi pantai yang memang tidak terlalu padat ini sering dijadikan alasan wisatawan untuk berkemah untuk menyaksikan sunset dan sunrise maupun angin malam di laut.

2. Memiliki tebing dan batu-batuan karang yang memesona

Pantai Ngrumput memiliki pemandangan yang eksotis yang jarang dimiliki oleh pantai lain di Gunungkidul. Selain memiliki pasir putih yang bersih, pantai ini juga dipenuhi dengan batu-batuan karang yang tersebar luas disekitar kawasan pantai yang dapat menambah pesona keelokan yang menawan dari pantai itu sendiri.

Pantai Ngrumput memiliki beberapa tebing yang menjulang tinggi, dengan lorong-lorong goa dan karang bolong di pesisir pantai yang menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Menariknya, saat ombak datang, ombak akan terhempas perlahan melewati lubang yang cukup besar di pinggir karang yang bolong. Hal ini merupakan momen yang ditunggu wisatawan untuk dijadikan spot foto yang estetik.

3. Kombinasi pemandangan dari Pantai Ngrumput dan Bukit Kosakora

Selain memiliki pesona dan pemandangan laut yang jernih dengan pasir putih yang indah, Pantai Ngrumput juga menjadi lokasi dari wisata Puncak Kosakora. Bukit Kosakora berada tepat di sebelah timur dari Pantai Ngrumput. Kamu bisa melihat pemandangan yang eksotis dari lautan luas Pantai Ngrumput dengan pandangan mata yang luas dari atas Puncak Bukit Kosakora tersebut. 

5. Tips liburan seru

Pantai Ngrumput Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburanpotret Pantai Ngrumput (Instagram.com/jogjascenery)

Bagi kamu yang tertarik untuk datang dan berlibur di Pantai Ngrumput, kamu bisa menyimak beberapa tips liburan berikut agar lebih seru dan menyenangkan!

  • Pastikan tubuhmu fit saat datang ke sini, karena kurang rasanya jika liburan tapi tidak bersemangat bukan?
  • Gunakan sunscreen untuk menghindari paparan sinar matahari langsung yang bisa membakar kulitmu.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan pribadi dan kamera untuk berswafoto di Pantai Ngrumput. Kurang rasanya jika berlibur tanpa mengabadikan momen bukan?
  • Pakailah alas kaki yang nyaman, karena jalan menuju Pantai Ngrumput cukup licin dan terjal.
  • Datanglah pada waktu pagi ataupun sore hari di saat cuaca cerah dan hindari datang di saat musim hujan, ya!

Berlibur di pantai merupakan salah satu kegiatan favorit yang dilakukan kebanyakan orang. Selain karena pemandangan air laut yang dapat menghilangkan stres, berlibur ke pantai juga bisa untuk mengisi ulang energi lho! Jika kamu tertarik, cobalah untuk datang ke Pantai Ngrumput. Selamat berlibur!

Baca Juga: Puncak Kosakora Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburan

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya