Comscore Tracker

5 Tanda Akun WhatsApp Milikmu Diretas, Segera Antisipasi!

Pernah mengalami hal-hal yang disebutkan ini?

Kamu mungkin pernah mendengar kasus peretasan akun WhatsApp, di mana akun tersebut lantas menghubungi sejumlah kontak yang mengenalnya untuk meminta pinjaman uang. Hal ini tentu bisa merugikan nama baik pemilik asli akun WhatsApp tersebut.

Menjadi layanan aplikasi perpesanan paling populer, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin terjadi padamu atau orang-orang terdekatmu. Peretasan tak hanya mengganggu privasi, namun juga bisa mengancam keamanan data milik kita. 

Nah, berikut ini beberapa tanda akun WhatsApp kita sedang diretas.

1. Tidak membuka pesan, namun sudah terbaca

5 Tanda Akun WhatsApp Milikmu Diretas, Segera Antisipasi!pixabay.com/ITECHirfan

Kamu patut curiga jika merasa belum membuka chat, namun pemberitahuan pesan masuknya sudah hilang dan chat tersebut tertandai telah dibaca. Lakukan pengecekan jika hal itu terjadi, apabila kejadiannya berulang maka kemungkinan WhatsApp sudah diretas.

2. Ada riwayat WhatsApp web di perangkat asing

5 Tanda Akun WhatsApp Milikmu Diretas, Segera Antisipasi!pixabay.com/geralt

Jika akun WhatsApp kalian diakses melalui web, maka akan muncul riwayat pada laman WhatsApp web. Untuk memantau hal tersebut, kalian bisa klik titik tiga di ujung atas kanan lalu pilih WhatsApp web. Cek apakah di sana ada riwayat perangkat yang tidak kalian kenali.

3. Tiba-tiba nomor WhatsApp logout dari ponsel

5 Tanda Akun WhatsApp Milikmu Diretas, Segera Antisipasi!pixabay.com/Webster

Jika akun WhatsApp kalian tiba-tiba logout dari ponsel pintar milikmu, ada kemungkinan nomer tersebut sudah berpindah ke perangkat lain. Ini terjadi jika One Time Password atau OTP bisa diakses oleh perangkat baru tersebut, terutama jika nomor WA dan HP terpisah.

Baca Juga: 7 Kelebihan Telegram yang Tak Dipunyai WhatsApp, Tertarik Pindah?

4. Terpasang aplikasi asing di ponsel

5 Tanda Akun WhatsApp Milikmu Diretas, Segera Antisipasi!pixabay.com/LoboStudioHamburg

Jika kalian temukan aplikasi yang tiba-tiba terpasang tanpa kalian sadari, maka hal ini perlu diwaspadai sebagai malware untuk melakukan penyadapan terhadap WhatsApp kamu. Selalu kontrol penggunaan ponsel pintar kalian, pastikan aman dan tidak mudah diakses.

5. Pesan terkirim dengan sendirinya

5 Tanda Akun WhatsApp Milikmu Diretas, Segera Antisipasi!pixabay.com/Gadini

Pernahkah kalian mengalami, WhatsApp mengirim pesan dengan sendirinya ke kontak yang ada maupun nomor asing? Apabila kalian temukan kondisi demikian, maka kemungkinan besar WhatsApp kalian telah digunakan dan dikuasai peretas yang tidak dikenali.

6. Tips mencegah WhatsApp diretas

5 Tanda Akun WhatsApp Milikmu Diretas, Segera Antisipasi!pixabay.com/Pexels

Kalian juga bisa menggunakan solusi berikut untuk mencegah akun diretas. Kamu bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah. Caranya, buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih menu di kanan atas, pilih menu pengaturan, kemudian masuk ke akun, kemudian aktifkan dua langkah verifikasi.

Ketika verifikasi dua langkah sudah diaktifkan, kamu akan dimintai kode keamanan jika ada yang berusaha meretas akun. Tanpa kode itu, orang lain mustahil untuk masuk ke akun WhatsApp kamu di perangkat lain.

Selain itu, pastikan kalian selalu menggunakan nomor ponsel terupdate untuk akun WhatsApp milikmu. Hindari memakai nomor lama yang telah hangus masa pakainya. Karena bisa saja nomor tersebut diedarkan kembali dan digunakan orang lain.

Itu dia tanda-tanda akun WhatsApp milikmu telah diretas. Jika sudah mengetahui tanda-tandanya, pastikan kamu selalu menjaga keamanannya, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mendeteksi Orang yang Sudah Memblokirmu di WhatsApp

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Begras Satria di IDN Times Community dengan judul Waspada Ponsel Diretas! Kenali 5 Ciri-ciri Penyadapan WhatsApp

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya