Comscore Tracker

Lebih Praktis, 5 Kelebihan Google Meet yang Tak Ada di Zoom

Fitur-fitur ini menjadikan Google Meet lebih mudah digunakan

Masa pandemik membuat kita mengalihkan berbagai kegiatan yang sifatnya tatap muka ke video conference. Mulai dari perusahaan, kampus, hingga sekolah, kini mengandalkan platform tersebut untuk rapat dan melakukan kegiatan belajar jarak jauh. 

Jika kita membicarakan platform video conference yang paling populer di kalangan masyarakat saat ini, Zoom mungkin menjadi hal pertama yang terlintas di benakmu. Tak bisa dipungkiri, Zoom menjadi platform video conference dengan pengguna terbanyak dibandingkan platform sejenis saat ini

Namun, hal ini bukan berarti platform yang lain kalah berkualitas dari Zoom. Platform video conference besutan raksasa teknologi Google yaitu Meet, malah memiliki beragam fitur yang tidak dimiliki Zoom. Ini dia sederet kelebihan dari Google Meet dibandingkan Zoom!

1. Mengubah suara menjadi caption dalam bentuk teks

Lebih Praktis, 5 Kelebihan Google Meet yang Tak Ada di Zoomzapier.com

Google Meet memiliki fitur caption teks dalam tampilan antarmukanya. Jika diaktifkan, setiap perkataan yang diucapkan akan diubah menjadi teks secara real-time.

Hal ini tentunya dapat memudahkanmu membuat transkrip rapat. Google sendiri telah menyempurnakan fitur transkripsi suara dalam layanan seperti Google Voice dan Google Assistant. Di Zoom, pengguna juga bisa membuat caption, namun mereka harus mengetik teks secara manual.

2. Low-light mode

https://www.youtube.com/embed/P4p6CdOhkvQ

Apakah ruanganmu terlalu gelap untuk melakukan virtual meeting? Hal ini tak menjadi masalah pada Google Meet.

Google menerapkan teknologi low-light mode pada Meet yang secara default bekerja dengan sangat baik. Fitur ini sangat bagus digunakan saat rapat video pada larut malam atau di ruangan yang kurang pencahayaan.

Zoom sebetulnya juga menawarkan hal yang serupa, namun pengguna harus menyesuaikan pengaturannya dengan pengaturan host agar fitur ini dapat bekerja konsisten.

Baca Juga: Ini Cara Memakai Aplikasi Zoom untuk Tatap Muka Jarak Jauh saat WFH

3. Cukup ketik "meet.new" di browser untuk membuat rapat baru

Lebih Praktis, 5 Kelebihan Google Meet yang Tak Ada di Zoombusinessinsider.com

Pengguna juga bisa memulai rapat baru dengan cara mengetik "meet.new" pada tab browser. Ini adalah jalan pintas tercepat jika kita ingin memulai layanan Google Meet saat kebetulan sedang membuka browser.

Fitur ini juga dapat bekerja pada aplikasi-aplikasi milik Google lainnya, seperti: "docs.new" untuk membuat Google Doc baru, "forms.new" untuk membuat Google Form baru, "sheets.new" untuk membuat Google Sheets baru, dan"slides.new" untuk membuat Google Slides baru.

4. Dukungan browser extension

Lebih Praktis, 5 Kelebihan Google Meet yang Tak Ada di Zoommedium.com

Jika mengakses Google Meet lewat browser, kita bisa memanfaatkan lebih banyak fitur dengan dukungan dari ekstensi pihak ketiga. Misalnya, ada ekstensi bernama Meet Enhancement Suite yang bisa mentransfer beberapa fitu terbaik Zoom ke dalam Google Meet, lalu Tactiq untuk mengkompilasi teks dan membuat transkrip rapat, Nod untuk menambahkan emoji pada panggilan, atau Google Meet Call Timer untuk menambahkan timer ke panggilan. Semua fitur dari pihak ketiga tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan fleksibilitas pengguna.

5. Akses langsung via Gmail

Lebih Praktis, 5 Kelebihan Google Meet yang Tak Ada di Zoomgsuiteupdates.googleblog.com

Google juga sudah menyediakan tab Meet khusus jika kebetulan pengguna sedang mengakses Gmail. Jadi pengguna dapat bergabung kedalam rapat video secara langsung lewat Gmail tanpa perlu membuka aplikasi lain di smartphone mereka. Google juga akan merilis tab Meet khusus di aplikasi Gmail untuk iOS dan Android.

Nah, itu dia beberapa kelebihan platform Google Meet yang membuatnya lebih praktis dibandingkan dengan Zoom. Kamu tim Meet atau tim Zoom, nih?

Baca Juga: Ini Cara Atur WhatsApp Agar Kuota Internet Lebih Hemat!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Muhammad Faisal di IDN Times Community dengan judul 5 Fitur Google Meet yang Tidak Bisa Kita Temukan di Zoom

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya