Comscore Tracker

7 Aplikasi Resmi dari Samsung Ini Layak Diunduh Pengguna Galaxy Series

Pemilik Samsung Galaxy wajib punya, nih!

Samsung Galaxy Series, mulai dari budget phone seri A sampai varian flagship seri S yang paling tinggi, menjadi pilihan smartphone Android yang sangat digemari. Apalagi, Samsung kerap menawarkan beragam inovasi di setiap lininya.

Nah, agar perangkat Galaxy Series milikmu makin optimal, ada sejumlah aplikasi resmi Samsung yang bisa kamu unduh. Sebagai catatan, sebagian besar aplikasi ini tersedia di Play Store, namun ada pula yang hanya tersedia di Galaxy Store milik Samsung. Yuk, simak daftarnya!

1. Samsung Email

7 Aplikasi Resmi dari Samsung Ini Layak Diunduh Pengguna Galaxy Seriesplay.google.com

GMail mungkin merupakan aplikasi email client paling populer di ponsel Android. Namun, jika kamu menginginkan aplikasi email yang lebih profesional dengan berbagai fitur, saatnya kamu menjajal Samsung Email. 

Email client yang satu ini memungkinkanmu untuk mengelola beberapa akun email, termasuk GMail, lewat dukungan POP3 dan IMAP. Selain itu, Samsung Email juga mendukung integrasi Exchange ActiveSync (EAS) untuk menyinkronkan email, kalender, kontak, dan tugas bisnis Exchange Server.

2. Smart Switch

7 Aplikasi Resmi dari Samsung Ini Layak Diunduh Pengguna Galaxy Seriesapps.samsung.com

Buat kamu yang memperoleh Samsung Galaxy baru untuk menggantikan smartphone lamamu, kamu wajib mengunduh aplikasi Smart Switch. Aplikasi ini berguna untuk memindahkan seluruh data dari ponsel lama ke ponsel Galaxy baru milikmu. Data-data yang dapat dimigrasikan antara lain aplikasi yang sudah diunduh, foto, video, musik, kontak, hingga tampilan homescreen.

Caranya, kamu tinggal mengunduh aplikasi Smart Switch ini di ponsel lama maupun baru, lalu cukup ikuti alurnya. Mudah digunakan kok! 

3. Samsung Video Library

7 Aplikasi Resmi dari Samsung Ini Layak Diunduh Pengguna Galaxy Seriesplay.google.com

Aplikasi Gallery default pada HP Galaxy Series biasanya mencampurkan file foto dan video menjadi satu. Gak mudah menemukan file video dalam suatu folder di Gallery, apalagi jika kamu sering memotret dan merekam.

Nah, agar lebih mudah menemukan konten video di ponselmu, manfaatkan saja Video Library. Aplikasi ini secara otomatis hanya menampilkan format video saja. Tampilannya pun bisa kamu ubah sesuai keinginan, bisa berupa lis, tile, maupun thumbnail.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pengingat Terbaik yang Cocok bagi Orang Pelupa

4. One Hand Operation+ 

7 Aplikasi Resmi dari Samsung Ini Layak Diunduh Pengguna Galaxy Seriesplay.google.com

Tak bisa dimungkiri, ukuran layar yang luas membuat smartphone Samsung sedikit sukar digunakan dengan satu tangan oleh sebagian orang. Namun, kamu bisa lebih leluasa mengoperasikannya dengan sebelah tangan lewat aplikasi One Hand Operation+.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fungsi hanya lewat gestur swipe atau geser dari sisi kiri atau kanan layar. Jadi, jarimu tak akan merasa kesulitan menjangkau tombol yang jauh. Ada banyak pilihan fungsi yang bisa diatur sesuai kebutuhan, seperti tombol back, home, recent, Menu, dan masih banyak lagi. Bermanfaat banget, deh!

5. Sound Assistant

7 Aplikasi Resmi dari Samsung Ini Layak Diunduh Pengguna Galaxy Seriesplay.google.com

Jika kamu menginginkan kontrol yang lebih untuk sektor audio, Sound Assistant adalah aplikasi yang wajib kamu miliki. Aplikasi ini menawarkan sejumlah fungsi terkait audio yang gak ada pada pengaturan bawaan ponselmu. 

Misalnya, mengatur volume suara media secara default jika menekan tombol volume, mengatur volume untuk masing-masing aplikasi, hingga menggunakan equalizer. Meski tersedia di Play Store, namun aplikasi ini mendapatkan update terbaru di Galaxy Store.

6. Game Plugins

7 Aplikasi Resmi dari Samsung Ini Layak Diunduh Pengguna Galaxy Seriesgalaxystore.samsung.com

Buat kamu yang hobi main game, aplikasi ini wajib dimiliki di ponsel Galaxy milikmu. Game Plugins menawarkan peningkatan performa smartphone dan beragam fungsi untuk mengoptimalkan pengalaman bermainmu. 

Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengatur konfigurasi performa untuk masing-masing game, membatasi waktu bermain, hingga memantau frame rate, penggunaan CPU, GPU, dan temperatur perangkat. Aplikasi ini hanya tersedia di Galaxy Store.

7. Samsung Internet Browser

7 Aplikasi Resmi dari Samsung Ini Layak Diunduh Pengguna Galaxy Seriesplay.google.com

Buat kamu yang menginginkan browser pengganti Chrome yang lebih aman dan privat, coba deh Samsung Internet Browser. Berbasis open source Chromium web engine, peramban ini simpel, cepat, dan efisien, serta memiliki beberapa fitur menarik yang tak dipunyai Chrome versi mobile.

Salah satu fitur favorit adalah kemampuannya untuk menggunakan adblocker. Selain itu, browser ini juga bisa custom dengan mudah untuk menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Itu dia deretan aplikasi resmi Samsung yang layak diunduh oleh pengguna ponsel Galaxy Series. Mana yang paling sering kamu gunakan? 

Baca Juga: Sama-sama Android, Mengapa Samsung Lebih Mahal dari Xiaomi?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dita Restuti di IDN Times Community dengan judul 7 Aplikasi Resmi Samsung yang Wajib Dimiliki Pengguna Galaxy Series

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya