Comscore Tracker

5 Manfaat Incognito pada Chrome saat Browsing, Privasi Terjaga

Agar aktivitas kita saat berinternet tak diamati

Disadari atau tidak, aktivitas kita saat berinternet "diamati" dengan berbagai cara. Hal ini memang bisa mempermudah kita, seperti saat mengingat kata sandi atau hasil pencarian. Namun, data kita juga menjadi rentan untuk dikoleksi ketika browsing menggunakan peramban.

Untungnya, pada peramban Google Chrome terdapat fitur khusus untuk mengamankan privasi kita, yaitu Incognito. Ini dia lima manfaat yang bisa kamu nikmati dari Incognito mode!

1. Menjaga privasi akun dengan aman

5 Manfaat Incognito pada Chrome saat Browsing, Privasi Terjagaunsplash.com/Solen Feyissa

Jika menggunakan browser Google Chrome, kamu akan menemukan mode incognito dengan tampilan layar serbahitam. Pencarian dalam mode incognito ini sangat disukai karena dapat menjaga akun kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Incognito juga tidak akan menyimpan data email dan password saat login. Hal ini akan memudahkanmu saat akan mengakses konten tertentu tanpa khawatir keamanan akun yang sering kali disadap oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

2. Terbebas dari iklan yang mengganggu 

5 Manfaat Incognito pada Chrome saat Browsing, Privasi Terjagaunsplash.com/Jonas Leupe

Jika browser lain memiliki banyak sekali iklan mengganggu saat akan mencari konten di internet, kamu tidak akan kecewa ketika menggunakan mode incognito Google Chrome. Mode incognito memungkinkan para pengguna untuk menghindari gangguan iklan saat internetan.

Apa pun yang kamu lakukan saat berada di mode incognito tidak akan direkam jejak. Kamu dapat bebas mengakses apa pun dan terhindar dari iklan yang tak senonoh. Aktivitas internetanmu pun akan semakin lancar tanpa gangguan iklan yang meresahkan.

Baca Juga: 7 Aplikasi yang Bikin Kuota Internet Jadi Boros dan Cara Menghematnya

 3. Dapat mengakses konten pribadi dengan leluasa

5 Manfaat Incognito pada Chrome saat Browsing, Privasi Terjagaunsplash.com/Anete Lūsiņa

Jika ingin mengakses konten pribadi di internet, ada baiknya kamu menggunakan mode incognito mode pada Chrome. Mode incognito akan mengamankan data sensitif yang bersifat pribadi.

Meski bebas melakukan apa pun di mode incognito, ada waktunya kamu bersikap tegas pada dirimu sendiri dengan untuk mengurangi konten-konten yang bikin kamu kecanduan.

4. Menggunakan beberapa akun sekaligus 

5 Manfaat Incognito pada Chrome saat Browsing, Privasi Terjagaunsplash.com/Štefan Štefančík

Saat kesulitan mengerjakan tugas yang menumpuk dan membutuhkan beberapa akun, kamu bisa pakai mode incognito. Dengan mode incognito, kamu dapat mengakses dua akun sekaligus dalam satu waktu tanpa terbebani dengan keamanannya.

5. Tidak meninggalkan jejak pencarian

5 Manfaat Incognito pada Chrome saat Browsing, Privasi Terjagaunsplash.com/Annie Spratt

Mode incognito akan selalu aman karena tidak merekam jejak pengguna saat beraktivitas di internet. Hal ini sangat menguntungkanmu jika kamu berbagi ponsel dengan teman ataupun keluargamu yang selalu mencurigai aktivitasmu di internet. Kamu dapat memanfaatkan mode incognito mode dengan baik tanpa khawatir aktivitasmu terekam.

Kamu juga dapat memanfaatkan virtual private network (VPN) untuk mengakses internet dengan aman dan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya ini berguna untuk mengakses konten-konten yang hanya tersedia di negara tertentu.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari mode Incognito pada Chrome. Apakah kamu sudah terbiasa menggunakannya?

Baca Juga: Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosial

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Noer Suhasbi di IDN Times Community dengan judul 5 Alasan Penting Pakai Mode Incognito Chrome Saat Internetan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya