Comscore Tracker

7 Fitur YouTube yang Tersembunyi Tapi Sangat Bermanfaat, Coba Deh!

Gak banyak orang yang tahu, nih!

Siapa di antara kamu yang rutin mengunjungi YouTube? Situs berbagi video ini memang menjadi andalan bagi Millennial untuk mencari berbagai konten hiburan hingga edukasi. Mulai dari musik, review gadget, sampai tutorial makeup. Bahkan, para content creator juga memanfaatkannya untuk menghasilkan uang.

Ternyata, YouTube memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang sangat bermanfaat tapi jarang diketahui orang. Apa saja?

1. Keyboard shortcut

7 Fitur YouTube yang Tersembunyi Tapi Sangat Bermanfaat, Coba Deh!prosygma-cm.com

Mungkin, sebagian dari kita telah mengetahui fitur ini. Yep, tombol keyboard di laptop atau komputer adalah shortcut untuk sebagian fitur YouTube. Fitur ini berguna dan bisa diterapkan ketika kita menonton video di YouTube. Contohnya:

  • Tombol spasi untuk melakukan play dan pause pada video
  • Tombol panah kanan dan kiri untuk memajukan dan memundurkan video selama 5 detik
  • Tombol panah atas dan bawah untuk menaikkan dan menurunkan volume video
  • Tombol 0 untuk mengulangi video dari awal

2. Menyimpan video offline di smartphone

7 Fitur YouTube yang Tersembunyi Tapi Sangat Bermanfaat, Coba Deh!gadgets.ndtv.com

Seperti yang kita ketahui, menonton YouTube bisa menghabiskan banyak kuota internet. Oleh karena itu, saat berada di tempat yang memiliki WiFi, sebagian dari kita memilih untuk menyimpan video offline dari YouTube sebanyak-banyaknya. Bagaimana caranya?

It's very easy! Pertama, buka aplikasi YouTube di smartphone. Lalu, pilih video yang akan diunduh dan klik tiga titik vertikal yang ada di sebelah kanan. Pilih 'Download' dan video akan diunduh otomatis. Hasil unduhan ini akan tetap tersedia di perangkat dan tidak akan hilang. YouTube akan mengecek koneksi internet selama 29 hari sekali.

3. Tambahkan teks dan terjemahan di video

7 Fitur YouTube yang Tersembunyi Tapi Sangat Bermanfaat, Coba Deh!iprmentlaw.com

Terkadang, kita membutuhkan teks untuk mengerti apa yang diucapkan oleh seseorang di YouTube. Apalagi, jika diucapkan oleh orang asing yang kita tidak mengerti bahasanya. Untuk mempermudah pemahaman, kamu bisa menghidupkan teks pada video. Kamu bisa menemukannya di opsi 'Subtitles/CC' yang ada di pojok kanan bawah.

Jika kamu kesulitan memahami bahasa yang diucapkan, kamu bisa menyalakan terjemahan yang didukung oleh Google Translate. Sayangnya, opsi ini tidak tersedia untuk semua video di YouTube. Kamu bisa mengganti bahasa sesuai dengan bahasa yang kamu ketahui. Kamu juga bisa mengganti jenis, ukuran dan warna teks terjemahan, lho!

Baca Juga: 7 Tips Agar Kuota Internet di Ponsel Android Lebih Awet

4. Memutar video pada waktu yang spesifik

7 Fitur YouTube yang Tersembunyi Tapi Sangat Bermanfaat, Coba Deh!edmmaniac.com

Bayangkan semisal kamu sedang menonton video berdurasi 50 menit dan menemukan bagian yang menarik di menit 38:17. Kamu ingin teman-teman dekatmu mengetahuinya agar bisa tertawa bersama. Apa yang akan kamu lakukan? Meminta mereka untuk memutar video di durasi ke 38 menit 17 detik?

Ada cara yang lebih mudah, yakni menambahkan jumlah menit dan detik di belakang link yang akan kamu bagikan, jelas laman CNet. Tambahkan &t=38m17s di belakang URL, lalu salin link ini kepada teman-temanmu atau orang yang ingin kamu tunjukkan.. Angka ini bisa diganti sesuai keinginanmu. Dengan ini, kita bisa membagikan bagian menarik dalam video dengan mudah dan praktis.

5. Mengunduh 500 lagu di YouTube Music

7 Fitur YouTube yang Tersembunyi Tapi Sangat Bermanfaat, Coba Deh!firstpost.com

Sekarang, YouTube Music sedang gencar digaungkan dan menjadi kompetitor utama Spotify. Menariknya, YouTube Music memiliki fitur Smart Downloads yang bisa mengunduh 500 lagu secara otomatis. Sehingga, kamu bisa mendengarkannya secara offline atau tanpa koneksi internet, ungkap laman The Verge.

100 dari keseluruhan lagu ini berasal dari lagu yang sering kita dengarkan. Selain itu, proses pengunduhan dilakukan di malam hari dan ketika smartphone kita terkoneksi dengan WiFi. Sehingga, proses ini tidak akan mengganggu dan menghabiskan kuota internet kita. Dengan fitur ini, apakah kamu akan beralih ke YouTube Music?

6. Gunakan Dark Mode agar mata tidak sakit

7 Fitur YouTube yang Tersembunyi Tapi Sangat Bermanfaat, Coba Deh!bgr.com

Tidak hanya Instagram dan Twitter, YouTube pun memiliki fitur dark mode. Fitur ini berguna supaya kita lebih nyaman dalam melihat layar dan tidak menyebabkan mata sakit. Untuk mengaktifkannya, update browser ke versi terbaru, yakni Google Chrome 57Lalu, buka YouTube.com, lalu tekan Ctrl + Shift + I di Windows.

Untuk pengguna iMac, tekan Option + Command + I secara bersamaan. Lalu, buka tab Aplikasi atau klik panah ganda di kanan atas, saran laman BGR Media. Klik kanan di baris yang ada tulisan VISITOR_INFO1_LIVE dan hapus. Setelahnya, buka tab konsol dan tempel ini: document.cookie = ”VISITOR_INFO1_LIVE = fPQ4jCL6EiE”. Tekan enter lalu refresh halaman. Maka, tata letak dan tampilan YouTube-mu akan berubah!

7. Sambungkan YouTube dengan Smart TV

7 Fitur YouTube yang Tersembunyi Tapi Sangat Bermanfaat, Coba Deh!cnet.com

Kamu bisa menonton video di YouTube bersama teman-teman atau keluargamu. Hal ini bisa dilakukan dengan menyambungkan YouTube dengan Smart TV. Bagaimana caranya? Pertama, pergi ke www.youtube.com/tv dan masuk lewat akun Google yang kamu miliki. Lalu, verifikasi informasi akun dengan kode pada layar, saran laman CNet.

Kamu juga bisa menyambungkan dengan mengklik opsi "Putar di TV" yang ada di bagian kanan bawah video. Lalu, akan muncul pop-up notifikasi Smart TV di bagian kanan atas. Apabila perangkat tertulis "Available" maka kamu bisa langsung menyambungkannya. Jangan lupa pilih format HD agar kita bisa mendapatkan pengalaman menonton terbaik.

Itu dia sederet fitur YouTube yang tersembunyi namun sangat bermanfaat dan praktis. Berapa banyak yang sudah kamu coba?

Baca Juga: 7 Aplikasi Ini Ternyata Bikin Boros Kuota Internet, Cek Penggunaannya!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya