Jaga Privasi, Jangan Bagikan 7 Macam Foto Ini di Internet!

Gak semua hal itu pantas untuk diunggah ke medsos

Di era media sosial seperti sekarang, kita selalu tergoda untuk mengunggah setiap momen yang ada di sekitar kita. Ada kejadian menarik, jepret. Makeup flawless hari ini, jepret. Kucing peliharaan bertingkah lucu, jepret. Tanpa sadar, kita membagikan setiap detail dari kehidupan kita kepada orang banyak. 

Namun ada hal-hal yang sebenarnya gak boleh kita bagikan di media sosial. Alasan utamanya adalah agar privasi kita tetap terjaga. Lantas apa saja foto yang tidak boleh kita bagikan?

1. Boarding pass

Jaga Privasi, Jangan Bagikan 7 Macam Foto Ini di Internet!kkomando.com

Memamerkan perjalanan atau liburan di media sosial adalah hal yang biasa dilakukan. Namun jangan pernah memotret boarding pass yang kamu miliki. Bukan karena nama lengkapmu tertera di sana, tetapi detail identitas lainnya. 

Misalnya nomor kartu identitas, lokasi tujuan, tempat dan tanggal lahir, pesawat apa yang kamu naiki, dan lain-lain. Dilansir dari Krebson Security, data-data tersebut bisa menjadi bekal bagi hacker untuk mencuri identitasmu. 

2. Kartu identitas

Jaga Privasi, Jangan Bagikan 7 Macam Foto Ini di Internet!(Ilustrasi eKTP) ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Kartu identitas mengandung informasi pribadi yang sangat vital. Terdapat nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, nomor identitas, hingga golongan darah. Semua informasi tersebut cukup untuk menjadi bekal pencurian identitas.

Informasi tersebut berpotensi untuk disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Setelah kamu membagikannya di internet, akan sulit untuk mencegah terjadinya kejahatan.

3. Uang, kartu kredit, dan slip gaji

Jaga Privasi, Jangan Bagikan 7 Macam Foto Ini di Internet!wsj.net

Sebenarnya hanya orang yang suka pamer yang membagikan foto-foto tersebut di internet. Ini sama saja dengan mencari masalah. Orang lain akan mengetahui bahwa kamu sedang membawa banyak cash jika kamu membagikan foto uang.

Kemungkinan untuk terjadinya kejahatan pun meningkat. Tidak hanya itu, sebaiknya hindari juga foto atau caption yang mengisyaratkan informasi keuanganmu. Di antaranya nama bank, nomor kartu kredit, slip gaji, dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Prediksi Ahli tentang Media Sosial di 2019, Akankah Benar Terjadi?

4. Wajah anak di bawah umur

Jaga Privasi, Jangan Bagikan 7 Macam Foto Ini di Internet!fishphilosophy.com

Melihat tingkah lucu anak-anak memang membuat tangan gatal untuk segera merekam dan membagikannya ke teman-teman. Namun kamu harus memikirkannya lagi, apalagi jika mereka bukanlah anakmu atau saudaramu sendiri. 

Walaupun anak kecil belum mengerti, tetapi hal ini bisa melanggar privasi mereka. Tidak hanya itu, tindakan tersebut juga bisa menempatkan mereka dalam bahaya. Mulai dari risiko bullying, penculikan, pedofilia, dan lainnya.

5. Dokumen yang mengandung rahasia perusahaan

Jaga Privasi, Jangan Bagikan 7 Macam Foto Ini di Internet!techhive.com

Kamu termasuk orang yang suka membagikan aktivitas pekerjaan di media sosial? Tidak ada larangan tentang hal ini. Namun, kamu harus menghindari dokumen yang sifatnya rahasia. Ini adalah aturan tidak tertulis yang sudah seharusnya kamu patuhi sebagai pegawai perusahaan. 

Apa sebabnya? Pertama, informasi tersebut bukan milikmu jadi bukan hakmu untuk membagikannya. Kedua, ini bisa menjadi kesempatan bagi kompetitor untuk menyerang perusahaanmu.

6. Pekerjaan yang belum dipublikasikan

Jaga Privasi, Jangan Bagikan 7 Macam Foto Ini di Internet!windowsreport.com

Kamu mungkin bangga akan pekerjaan yang baru saja kamu selesaikan. Misalnya tulisan, puisi, cerpen, atau mungkin baru sekadar ide kasar. Namun sebaiknya jangan membagikannya ke media sosial sebelum kamu mempublikasikannya secara resmi ke blog atau platform lainnya.

Ini karena orang lain bisa saja mencuri pekerjaan yang telah susah payah kamu buat tersebut. Kamu juga tidak akan bisa menuntut mereka karena kamu belum mempublikasikannya.

7. Foto yang dipotret orang lain

Jaga Privasi, Jangan Bagikan 7 Macam Foto Ini di Internet!pexels.com

Membagikan foto hasil karya orang lain adalah bentuk dari pelanggaran copyright atau hak cipta. Apalagi jika hal ini dilakukan tanpa izin dari pemilik dan tanpa memberikan kredit dengan baik. Selanjutnya, kamu akan dimintai tanggung jawab atas pelanggaran tersebut. Bisa berupa ganti rugi uang, gugatan, dan lain-lain. 

Nah, dengan menghindari mengunggah foto-foto di atas, artinya kamu menjaga privasimu dan orang lain, serta menjauhkanmu dari masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari. Yuk, lebih bijak menggunakan media sosial!

Baca Juga: Waspada Ya! Begini Cara Hacker Mencuri Identitasmu Lewat Media Sosial

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You