Comscore Tracker

7 Software Ini Gak Perlu Di-install pada Windows 10, Hapus Saja!

Biar penyimpananmu lebih lega

Saat membeli PC atau laptop baru dengan sistem operasi Windows 10, kita memperoleh aplikasi atau software bawaan. Kita pun juga menambahkan sejumlah aplikasi pendukung secara mandiri. Namun, apakah kamu rutin memilah mana aplikasi yang penting dan mana yang sebenarnya tidak penting? Pada kenyataannya, kita tidak menggunakan semua aplikasi yang terpasang di PC. Sebagian bahkan gak kita ketahui fungsinya.

Aplikasi-aplikasi itu hanya akan memenuhi penyimpanan, bahkan membuat PC jadi lebih lemot ketika aplikasi tersebut berjalan di backgroundJadi, lebih baik dihapus saja. Berikut ini deretan software yang bisa kamu hapus dari laptop atau PC Windows 10 milikmu. 

1. Internet Explorer

7 Software Ini Gak Perlu Di-install pada Windows 10, Hapus Saja!aolcdn.com

Internet Explorer terkenal sangat lemot hingga banyak orang yang membuat meme tentang hal tersebut. Software milik Microsoft ini sudah ditinggalkan pengguna karena masih banyak browser lain yang bekerja dengan lebih baik.

Dilansir dari Make Use Of, Microsoft pun telah mengatakan bahwa mereka tidak akan memperbarui fitur Internet Explorer. Namun entah mengapa mereka masih menyodorkan Internet Explorer sebagai aplikasi bawaan. 

2. WhatsApp

7 Software Ini Gak Perlu Di-install pada Windows 10, Hapus Saja!mspoweruser.com

Bukannya tidak berguna, WhatsApp masuk ke dalam daftar ini karena masih ada opsi lain untuk mengaksesnya. Kamu tidak perlu repot-repot memasangnya di laptop. Selain melalui handphone, tersedia juga WhatsApp Web yang bisa diakses dari browser.

Caranya juga cukup mudah. Kamu tinggal membuka WhatsApp Web kemudian scan barcode dengan aplikasi yang terpasang di handphone-mu. Kamu pun bisa langsung mengakses akunmu.

3. CCleaner

7 Software Ini Gak Perlu Di-install pada Windows 10, Hapus Saja!helpdeskgeek.com

Kamu memasang CCleaner di PC-mu? Aplikasi ini mengklaim bisa membersihkan PC dan membuatnya bekerja dengan lebih cepat. Namun sebenarnya CCleaner memiliki fungsi yang serupa dengan Windows Disk Cleanup

Ia memang menjalankan fungsi sesuai dengan klaim yang diberikan. Akan tetapi ada beberapa kerugian yang bisa ia bawa ke PC-mu. Sebagian pengguna mengeluhkan masalah malware dan fitur mata-mata yang diduga berasal dari CCleaner. Jika kamu memutuskan untuk menghapusnya, kamu tetap bisa membersihkan PC dengan alat dari Windows kok.

Baca Juga: Ini 4 Laptop Unggulan Asus untuk Anak Muda Yogyakarta yang Kreatif

4. iTunes

7 Software Ini Gak Perlu Di-install pada Windows 10, Hapus Saja!tnwcdn.com

Dilansir dari The Atlantic, iTunes adalah aplikasi Apple yang buruk, apalagi jika dipasang di PC. Pengguna Mac saja mengeluhkan hal ini. Kamu bisa bayangkan betapa buruknya jika aplikasi musik itu dipasang untuk Windows kan?

Ia tidak akan merusak sistem atau memasang malware kok. Akan tetapi kinerjanya sangat lambat dan sulit dioperasikan. Sebagai gantinya, kamu bisa menginstal aplikasi musik lain yang bekerja lebih baik di PC.

5. Flash Player

7 Software Ini Gak Perlu Di-install pada Windows 10, Hapus Saja!lifewire.com

Flash Player atau Shockwave Player adalah produk buatan Adobe. Aplikasi yang sudah ada sejak 20 tahun yang lalu ini menuai komplain mengenai keamanannya.

Dilansir dari Groovy Post, Adobe bahkan akan menariknya dari pasaran di tahun 2020 nanti. Selain itu, alasan lain untuk menghapusnya adalah karena masih banyak aplikasi lain yang bisa menjalankan fungsi Flash Player. 

6. Norton Antivirus

7 Software Ini Gak Perlu Di-install pada Windows 10, Hapus Saja!imgix.net

Antivirus yang baik akan melindungimu dari segala ancaman tanpa kamu sadari ia sedang bekerja. Norton memang bisa melindungimu dari virus dan kawan-kawannya.

Akan tetapi aplikasi ini cukup “berisik”. Maksud dari hal ini, ia akan terus menerus muncul di layar dan memperlambat kerja PC-mu. Banyak pengguna yang mengeluhkan hal ini tetapi Norton tidak berbuat banyak.

7. Aplikasi bawaan dari Windows

7 Software Ini Gak Perlu Di-install pada Windows 10, Hapus Saja!alluremedia.com.au

Windows adalah sistem operasi yang terkenal banyak memiliki aplikasi bawaan yang tidak akan kamu gunakan. Untungnya, kamu bisa menghapus sebagian besar dari mereka dengan mudah.

Di antaranya adalah Xbox, Weather, News, Candy Crush Saga, Groove Music, dan lain-lain. Mereka hanya akan memenuhi drive-mu, jadi jangan ragu untuk uninstall.

Itu tadi sejumlah aplikasi yang sebaiknya dihapus saja dari laptopmu. Lumayan, bisa bikin penyimpananmu sedikit lebih lega.

Baca Juga: 7 Hal Penting yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menggunakan Laptop Baru

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You