Comscore Tracker

Apa Itu Clubhouse? Ini Cara Memakai, Kelebihan dan Kekurangannya!

Clubhouse tengah jadi perbincangan publik

Kamu yang aktif di media sosial pasti sudah mendengar tentang Clubhouse. Platform ini memang tengah menjadi perbincangan hangat setelah digunakan oleh Elon Musk untuk berbicara soal insiden saham GameStop.

Gara-gara hal itu, popularitas Clubhouse pun meroket. Aplikasi ini bahkan mendulang lebih dari dua juta unduhan di bulan Februari. Lantas, apa itu Clubhouse? Seperti apa cara menggunakannya, serta apa kelebihan dan kekurangannya? Langsung simak saja penjelasan berikut ini!

1. Clubhouse adalah media sosial berbasis suara

Apa Itu Clubhouse? Ini Cara Memakai, Kelebihan dan Kekurangannya!Aplikasi Clubhouse di iPhone. wsj.com

Clubhouse merupakan aplikasi media sosial yang memungkinkan kita untuk mengobrol dan berdiskusi secara live dan didengarkan oleh pengguna lainnya. Ia hanya berbasis audio-chat, tak ada gambar seperti di Instagram, status seperti Twitter, maupun video seperti TikTok. 

Secara singkat, Clubhouse tampak seperti LinkedIn dan Quora dalam versi audio ala Discord. Di dalam aplikasi ini, tersedia virtual room yang bisa kamu masuki secara bebas. Kamu bisa mendengarkan para profesional berbicara tentang sebuah topik tertentu dan juga ikut bergabung dalam diskusi. 

Tak hanya itu, jika kamu ingin jadi lebih aktif, kamu juga bisa membuat room sendiri untuk mendiskusikan topik-topik lain. Nantinya, pengguna yang tertarik akan bergabung denganmu. 

2. Kamu baru bisa bergabung jika mendapatkan undangan

Apa Itu Clubhouse? Ini Cara Memakai, Kelebihan dan Kekurangannya!vox.com

Untuk sementara ini, Clubhouse hanya tersedia di App Store, artinya hanya pengguna perangkat iOS yang menggunakannya. Kamu pun tidak serta merta dapat langsung bergabung dan mencari room atau teman. kamu harus mendapatkan undangan dari teman yang telah bergabung untuk bisa menjadi pengguna Clubhouse. Bahkan satu orang hanya bisa mengirim undangan ke dua teman saja. 

Kenapa sangat terbatas? Kepada Insider, CEO Clubhouse Paul Davidson mengatakan bahwa mereka masih dalam tahap pengembangan sehingga penggunanya terbatas. Namun mereka akan membuka aksesnya perlahan-lahan untuk semua orang, termasuk pengguna Android. 

3. Masuklah ke berbagai room untuk mendengarkan dan bergabung dalam diskusi

Apa Itu Clubhouse? Ini Cara Memakai, Kelebihan dan Kekurangannya!optimole.com

Ketika membuka aplikasi ini, kamu akan disuguhi daftar room yang bisa kamu masuki. Tertera pula siapa saja pengguna yang saat itu sedang bergabung di dalamnya.

Menariknya, room Clubhouse biasanya dibuat oleh para ahli, artis, figur publik, dan orang-orang yang profesional di bidang masing-masing. Di sinilah daya tarik aplikasi tersebut. Kamu bisa mendapatkan banyak ilmu baru dari banyak orang.

Untuk terlibat dalam pembicaraan, klik saja room yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa mendengarkan diskusi yang sedang berlangsung. Tenang, microphone kamu secara otomatis berada dalam posisi mute kok. Kamu bisa mendengarkan pembicaraan di sana layaknya podcast dan TED Talk, namun secara live

Jika ingin bergabung dalam pembicaraan, tinggal klik ikon tangan untuk "raise hand". Sambil mendengarkan, kamu juga bisa menelusuri profil orang lain yang ada di dalam room tersebut. 

Baca Juga: Diprediksi Gagal, 8 Produk Teknologi Ini Malah Laris Manis

4. Jangan lupa follow orang lain dan topik yang kamu sukai

Apa Itu Clubhouse? Ini Cara Memakai, Kelebihan dan Kekurangannya!nyt.com

Saat menggunakan Clubhouse, jangan lupa untuk follow orang lain, ya. Mulai dari teman-temanmu, profil figur publik, hingga orang-orang yang profesinya sesuai dengan minatmu. Dari sini kamu bisa mengembangkan relasi, lho. 

Kesempatanmu untuk membangun koneksi dengan para profesional juga terbuka besar di Clubhouse. Sebab banyak CEO perusahaan, artis, peneliti, dan para ahli yang tergabung di dalamnya. Apalagi penggunanya tersebar di berbagai negara.

Kamu juga disarankan untuk mengeksplor topik-topik yang kamu sukai. Rentangnya pun luas dan beragam. Mulai dari kesenian, world affair, bahasa, olahraga, teknologi, sains, agama, pengetahuan umum, wellness, hingga entertainment. Di dalam topik tersebut, ada banyak club yang bisa kamu follow. Dengan melakukan ini, kamu akan mendapatkan room yang lebih relevan dengan minatmu.

5. Kelebihan Clubhouse dibandingkan media sosial lainnya

Apa Itu Clubhouse? Ini Cara Memakai, Kelebihan dan Kekurangannya!cosmopolitan,com

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Clubhouse dibandingkan media sosial lainnya. Inilah yang membuat aplikasi tersebut sangat populer sekarang. Berikut ini di antaranya:

  • Berlama-lama di media sosial ini tak akan membuang waktumu sia-sia karena kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru darinya;
  • Kamu bisa mendengarkan diskusi dalam topik yang sangat beragam secara live, terbuka, dan gratis;
  • Merupakan tempat baru untuk membangun relasi dengan orang lain, terutama dalam konteks profesional;
  • Tak perlu takut terjebak awkward moment karena Clubhouse tidak berbasis video seperti Zoom;
  • Kamu bisa "lompat" dari satu room ke room lain tanpa ketahuan;
  • Ada banyak tokoh ternama yang bergabung di dalam Clubhouse. Ini akan memperluas wawasan dan koneksimu.

6. Kekurangan Clubhouse yang harus kamu tahu

Apa Itu Clubhouse? Ini Cara Memakai, Kelebihan dan Kekurangannya!vulcanpost.com

Walaupun memiliki banyak keunggulan, Clubhouse juga punya sejumlah kelemahan. Berikut ini di antaranya:

  • Untuk saat ini, Clubhouse belum terbuka bagi pengguna Android;
  • Untuk bisa bergabung di dalamnya butuh proses yang rumit. Pengguna harus mendapatkan invite terlebih dahulu, padahal tak semua orang punya kenalan di Clubhouse;
  • Karena tergolong baru dan berbeda dari media sosial lain, pengguna harus meluangkan waktu untuk mempelajarinya agar mengerti sistem Clubhouse;
  • Karena percakapan dilakukan secara live, sulit untuk mengantisipasi potensi cyberbullying, ujaran kebencian, penyebaran hoaks, dan lain sebagainya.

Untuk poin terakhir, Clubhouse memang sempat mendapatkan kritik mengenai hal ini. Sejumlah perempuan melapor bahwa mereka menjadi sasaran ujaran kebencian, misoginistik, dan bullying saat berbicara dalam room.

Pihak Clubhouse mengaku bahwa hal itu bertentangan dengan Community Guidelines. Aplikasi ini kemudian memungkinkan pengguna untuk report orang-orang yang melakukan hal-hal di atas. 

Nah, semoga penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaan-pertanyaanmu seputar Clubhouse, ya! Setelah mengetahui apa itu Clubhouse, apakah kamu tertarik menggunakannya?

Baca Juga: Punya 200 Juta Pelanggan, Gak Banyak yang Tahu Fakta Tentang Netflix 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya