Comscore Tracker

Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosial

Jangan sampai sembarang orang mengintip informasi pribadimu

Media sosial menjadi tempat bagi kita untuk membagikan berbagai informasi. Namun, tak semua informasi layak dibagikan. Sebab, bisa saja privasi kita menjadi rentan diketahui orang asing.

Jika tidak hati-hati, orang-orang yang gak kamu kenal bisa dengan mudah mengetahui aktivitasmu maupun mengintip data dirimu. Apalagi, kasus kebocoran data pribadi semakin marak terjadi.

Nah, agar privasi kamu di media sosial tetap terjaga dari tangan-tangan jahil yang gak bertanggung jawab, jangan ragu untuk menerapkan beberapa tips menjaga privasi di media sosial berikut ini.

1. Gembok akunmu

Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosialabajournal.com

Mengaktifkan mode private di media sosial adalah salah satu cara untuk melindungi privasimu. Ini akan membuatmu yakin bahwa orang-orang yang melihat unggahanmu adalah orang yang kamu kenal di dunia nyata.

Memproteksi akun media sosial bisa mengurangi interaksi dengan akun yang tidak kamu kenal. Kamu jadi lebih bisa berkomunikasi dengan orang-orang terdekat.

2. Menyeleksi permintaan pertemanan

Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosialhealinglifestyles.com

Penting untuk tidak langsung menerima semua permintaan pertemanan di media sosial seperti Facebook. Kamu tidak tahu apa niat masing-masing akun yang ingin mengikutimu. Mungkin mereka hanya iseng atau bisa jadi mereka punya niat lainnya.

Untuk mengantisipasi, lebih baik kamu menerima akun yang benar-benar kamu kenal. Media sosial lain seperti Twitter dan Instagram juga memungkinkan pengguna untuk menyeleksi followers jika akun mereka diatur menjadi private.

3. Hindari menghubungkan akun media sosial satu dengan lainnya

Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosialmtlblog.com

Mayoritas milenial memiliki lebih dari satu akun media sosial. Sebaiknya jangan menghubungkannya satu sama lain. Ini akan memudahkan orang lain mendapatkan data pribadi dengan lengkap. Kamu gak mau kan informasi dari akun Facebook-mu tampil di LinkedIn?

4. Hindari pilihan sign up atau sign in dengan media sosial

Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosialcbsistatic.com

Banyak situs dan aplikasi yang menawarkan kemudahan pada pengguna barunya untuk mengisi data pribadi. Mereka hanya perlu menghubungkannya dengan Facebook, Google Account, atau media sosial lainnya.

Memang praktis dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Namun ini akan merugikanmu karena situs atau aplikasi tersebut akan mengambil data pribadimu dengan mudah.

Baca Juga: Ditiru Bukit Algoritma, Ini 11 Masalah yang Terjadi di Silicon Valley

5. Jangan membagikan lokasimu di media sosial

Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosialvox-cdn.com

Walaupun terlihat sepele, membagikan lokasi di media sosial adalah hal yang sebaiknya kamu hindari. Apalagi jika kamu membagikannya secara real time, seperti di Instagram Story atau Snapchat.

Informasi tersebut juga akan menunjukkan bahwa kamu sedang tidak berada di tempat tinggalmu. Ini akan memudahkan terjadinya kriminalitas. Untuk menghindarinya sebaiknya jangan aktifkan GPS ketika mengakses media sosial.

6. Jangan klik link yang tidak jelas asalnya dari mana

Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosialdoorbelldm.com

Kamu harus berhati-hati jika ingin meng-klik link yang ada di timeline. Sebab terkadang link bisa berisi konten pornografi, situs yang berbahaya, atau situs phishing yang akan mencuri password dan informasi rahasia lainnya.

7. Sebaiknya gunakan password yang berbeda-beda di setiap akun

Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosialintheblack.com

Banyak orang menyamakan password untuk semua akun media sosial yang dimiliki. Alasannya agar mudah diingat. Memang benar menggunakan password yang sama memberikan kita kemudahan.

Namun jika satu akunmu dibobol oleh orang lain. Mereka akan dengan mudah mengambil akun lainnya. Tentu kamu gak mau kan?

8. Jangan membagikan informasi yang akan kamu sesali

Hati-hati Data Pribadi Bocor, 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosialofftheleashdogcartoons.com

Jejak digital seseorang di internet akan direkam dan tidak bisa dihilangkan secara permanen. Apa yang kamu unggah akan berada di internet selamanya.

Selain berisiko untuk privasimu, membagikan hal yang kamu sesali juga akan berdampak bagi reputasimu. Jadi pikirkan dua kali sebelum kamu mengunggah sesuatu.

Itulah beberapa tips menjaga privasi di media sosial. Yang jelas, pastikan kamu gak sembrono mengumbar data pribadimu di ranah publik, ya!

Baca Juga: Susah Di-hack, 5 Cara Bikin Password yang Aman dan Mudah Diingat

Topic:

  • Paulus Risang
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya