Comscore Tracker

Cara Hilangkan Status 'Typing' saat Chat di WhatsApp

Biar lawan bicaramu gak tahu kamu sedang mengetik balasan

Gak semua orang merasa nyaman ketika aktivitasnya di WhatsApp diketahui orang lain. Misalnya, tanda centang biru ketika pesan sudah dibaca, maupun tanda last seen yang menunjukkan kapan terakhir kali kita online. Sebagian orang memilih menonaktifkan fitur ini.

Selain itu, ada beberapa status aktivitas yang tidak bisa dinonaktifkan, antara lain status online dan "typing" atau sedang mengetik. Nah, ini dia beberapa cara mudah untuk menghilangkan status "typing" di WhatsApp saat mengetik pesan. Coba, deh!

1. Matikan mobile data saat mengetik

Cara Hilangkan Status 'Typing' saat Chat di WhatsAppilustrasi mobile data (technipages.com)

Cara pertama untuk menghilangkan status "typing" di WA sangatlah sederhana. Cukup dengan mematikan mobile data saat mengakses aplikasi tersebut.

Matikan mobile data setelah menerima chat yang ingin kamu balas. Setelah itu, buka WhatsApp dan ketikkan pesan balasanmu. Lawan bicara tidak akan bisa melihat status "sedang mengetik" karena aplikasi tidak akan bisa mendeteksi aktivitasmu secara real time

2. Nyalakan airplane mode selama mengetik

Cara Hilangkan Status 'Typing' saat Chat di WhatsAppilustrasi airplane mode (freepik.com/gstudioimagen)

Cara berikutnya tidak jauh berbeda dari metode pertama. Agar lebih aman dan terjamin gak ketahuan, kamu sebaiknya menyalakan airplane mode ketika ingin membalas chat. Metode ini bekerja seperti sebelumnya, yaitu mengelabui WhatsApp agar tidak bisa mendeteksi aktivitas kita. 

Setelah itu, jangan lupa untuk mematikan airplane mode atau menyalakan Wi-Fi saat kamu ingin mengirimkan chat, ya. Jika tidak, pesanmu tidak akan terkirim kepada lawan bicara di WhatsApp. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atur WhatsApp agar Gak Boros Kuota Internet

3. Mengetiklah di chat room atau aplikasi lain

Cara Hilangkan Status 'Typing' saat Chat di WhatsAppilustrasi chatting dengan WhatsApp (ussfeed.com)

Memang lebih ribet, tapi cara yang satu ini sangat efektif untuk menyembunyikan status "sedang mengetik" di WhatsApp. Kamu tak perlu mematikan koneksi internet. Akan tetapi, kamu harus mengetik pesan di chat room lain atau bahkan aplikasi yang berbeda.

Misalnya, kamu ingin menulis pesan kepada si A. Agar ia tidak mengetahui kamu sedang mengetik, tuliskan pesan di chat room dengan kontak lain. Kamu juga bisa mengetikkannya di aplikasi memo atau notes yang ada di smartphone. Setelah itu, copy pesan tersebut dan paste di chat room dengan si A. Walaupun makan waktu, cara ini pasti berhasil!

4. Menyembunyikan status "mengetik" dengan GBWhatsApp

Cara Hilangkan Status 'Typing' saat Chat di WhatsAppilustrasi GBWhatsApp (blogpress.id)

Berikutnya, kamu membutuhkan bantuan aplikasi lain untuk menyembunyikan status "sedang mengetik". Ialah GBWhatsApp. Aplikasi ini telah dimodifikasi sehingga memiliki fitur-fitur lain yang tak ada di WhatsApp original. Salah satunya adalah menyembunyikan status "sedang mengetik".

Sebelum itu, kamu harus tahu bahwa GBWhatsApp tidak tersedia di PlayStore. Namun kamu bisa mencarinya di internet. Setelah install, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka GBWhatsApp dan lakukan registrasi;
  2. Pada laman Chats, klik ikon titik tiga di kanan atas;
  3. Pilih "Privacy" > "Writing Status" > "Hide for contacts";
  4. Setelahnya, kamu bisa mengetik sesuka hati tanpa takut orang lain tahu bahwa kamu sedang melakukannya. 

5. GBWhatsApp tidak terjamin keamanannya

Cara Hilangkan Status 'Typing' saat Chat di WhatsAppilustrasi memakai WhatsApp (techcult.com)

GBWhatsApp memang menawarkan fitur-fitur unik yang menarik. Akan tetapi, aplikasi ini tidak terjamin keamanannya. Itulah kenapa ia tidak terdaftar di Play Store. Developer WhatsApp bahkan mengimbau pengguna untuk tidak menggunakan aplikasi MOD seperti ini. 

Lalu apa risiko dari memakai GBWhatsApp dan sejenisnya? Data-data yang kamu masukkan berpotensi untuk diambil dan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. Ini berbahaya untuk privasimu di internet. Akun-akun lain yang terkait seperti email, media sosial, dan lain sebagainya berisiko untuk dibajak. 

Maka dari itu, kamu harus mempertimbangkan matang-matang sebelum memakai aplikasi yang tak terdaftar ini. Jangan hanya tergiur dengan fiturnya yang lengkap, ya!

Nah, ternyata menghilangkan status "typing" di WhatsApp sangat gampang, ya! Kamu sudah coba cara yang mana, nih?

Baca Juga: Ini Cara Lacak Lokasi Orang Lain lewat WhatsApp, Ternyata Gampang!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya