Comscore Tracker

Ini Cara Atur WhatsApp Agar Kuota Internet Lebih Hemat!

Biar kuotamu gak bocor lagi

Sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan, WhatsApp merupakan media berkomunikasi yang sangat sering kita pakai sehari-hari. Baik untuk berkomunikasi dengan keluarga, kolega, hingga urusan pekerjaan.

Namun, tahukah kamu kalau WhatsApp lumayan menyedot kuota internetmu? Pemakaian akan semakin boros jika kamu rutin menelepon, panggilan video, maupun berbagi konten atau file.

Nah, biar gak boros, berikut ini beberapa cara mengatur WhatsApp agar kuota internet lebih hemat. Yuk, simak!

1. Nonaktifkan pengunduhan otomatis media

Ini Cara Atur WhatsApp Agar Kuota Internet Lebih Hemat!express.co.uk

Kita sering kali berbagi file media, baik berupa foto, video, audio, maupun dokumen. Hal ini tak hanya membuat kapasitas memori cepat penuh, tetapi juga menyedot banyak kuota internet.

Nah, kamu bisa menghemat kuota maupun kapasitas penyimpanan di HP kamu dengan cara menonaktifkan auto-download atau pengunduhan otomatis. Dengan begitu, media hanya akan terunduh ketika kamu mengizinkannya. Kamu bisa memilih media mana yang menurutmu penting untuk disimpan. 

Untuk melakukannya, masuklah ke Settings > Data and Storage Usage. Kemudian untuk pengguna Android, terdapat tiga pilihan di bawah Media auto-download, yaitu:

  • When using mobile data
  • When connected on Wi-Fi;
  • When roaming.

Jika kamu ingin menghemat data seluler, pada bagian “When using mobile data”, hilangkan semua centangnya. 

Sebaliknya jika kamu menggunakan iOS, akan tersedia empat pilihan, yakni Photos, Audio, Videos, dan Documents. Untuk menghemat pemakaian internet, di setiap media tersebut, kamu bisa memilih Wi-Fi (auto-download aktif ketika kamu tersambung Wi-Fi) atau Never (kamu bisa mengunduh media secara manual). 

2. Nyalakan fitur “Low Data Usage”

Ini Cara Atur WhatsApp Agar Kuota Internet Lebih Hemat!uptodown.com

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet di WhatsApp adalah dengan mengaktifkan“Low Data Usage”. Fitur ini akan mengurangi pemakaian data seluler untuk telepon dan video call

Kuota internet bakal lebih irit, tapi kualitas telepon dan kecepatan kirim pesan akan berkurang. Terlebih lagi jika koneksimu 3G atau di bawah itu.

Berikut ini cara mengaktifkan “Low Data Usage”:

  1. Masuklah ke Settings;
  2. Pilih Data and Storage Usage;
  3. Di bawah menu Call Settings, nyalakan toggle atau centang Low Data Usage hingga berwarna hijau.

Baca Juga: 5 Fitur WhatsApp Terbaru di 2020, Siap-siap Update!

3. Atur backup data hanya lewat Wi-Fi

Ini Cara Atur WhatsApp Agar Kuota Internet Lebih Hemat!fonelab.com

WhatsApp biasanya mengunggah backup atau salinan pesan-pesanmu secara berkala ke penyimpanan cloud. Tujuannya, agar pesanmu tetap tersimpan ketika kamu berganti ponsel.

Nah, aktivitas ini bisa menguras kuotamu, karena ukuran file yang diunggah bisa mencapai ratusan MB. Untuk mengganti pengaturan backup, berikut ini langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Masuk ke Settings, kemudian klik Chats;
  2. Berikutnya masuklah ke menu Chat Backup dan Back up over;
  3. Pilih Wi-Fi only.

4. Pantau konsumsi data yang digunakan WhatsApp

Ini Cara Atur WhatsApp Agar Kuota Internet Lebih Hemat!lifewire.com

Tahukah kamu? WhatsApp ternyata menyediakan statistik pemakaian data seluler kita, lho. Kamu perlu memantaunya agar bisa mengontrol penggunaan aplikasi chatting tersebut. Berikut ini cara mengaksesnya:

  1. Masuklah ke Settings;
  2. Klik Data and Storage Usage;
  3. Pilih Network Usage.

Akan tersedia data terperinci mengenai penggunaan data selulermu dari awal pemakaian WhatsApp. Mulai dari penggunaan telepon, chat yang dikirim, hingga pengunduhan media. Kamu bisa me-reset data tersebut setiap bulan sehingga kamu tahu berapa rata-rata pemakaianmu.

5. Matikan data seluler untuk WhatsApp

Ini Cara Atur WhatsApp Agar Kuota Internet Lebih Hemat!osxdaily.com

Cara terakhir untuk menghemat kuota internet saat menggunakan WhatsApp adalah dengan mematikan data seluler untuk aplikasi ini. Dengan begitu, WhatsApp hanya akan aktif ketika kamu tersambung Wi-Fi. 

Pengaturan ini berbeda-beda di setiap tipe smartphone. Umumnya, kamu harus membuka Settings pada smartphone (bukan WhatsApp). Kemudian pada pengaturan data seluler, tersedia aplikasi-aplikasi yang diperbolehkan mengakses kuotamu di background. Matikan toggle pada WhatsApp jika kamu menginginkannya. 

Kekurangannya, pesan hanya bisa masuk atau terkirim ketika kamu membuka WhatsApp atau menggunakan Wi-Fi.

Nah, dengan cara-cara di atas, kuota internetmu untuk WhatsApp pasti lebih hemat. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tanda Akun WhatsApp Milikmu Diretas, Segera Antisipasi!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya