9 Trik Mengecek Pihak-pihak yang Tengah Melacakmu Secara Online

Biar datamu gak disalahgunakan

Data yang kamu miliki diinginkan oleh banyak pihak. Mulai dari perusahaan teknologi, pemerintah, sampai hacker. Motifnya pun beragam, mulai dari sekadar memasang konten iklan sampai kriminal. Salah satu cara untuk memperoleh data tersebut adalah dengan melacak aktivitasmu di jagat internet.

Nah, kamu mungkin penasaran dengan pihak-pihak yang melacakmu tersebut. Kamu bisa melacak balik mereka dengan beberapa cara, antara lain sebagai berikut.

1. Panopticlick

9 Trik Mengecek Pihak-pihak yang Tengah Melacakmu Secara Onlinelinuxbsdos.com

Panopticlick adalah situs yang bisa kamu kunjungi untuk mengetahui adakah orang yang melacak keberadaanmu. Ia bisa menganalisis pengaturan browsermu, termasuk add-ons dan extension untuk mengukur berapa banyak orang yang melacak aktivitas browser.

Bagaimana cara menggunakannya? Pertama klik tombol “Test Me” di laman situs. Tunggu analisis selesai. Hasil yang kamu dapatkan bergantung pada banyaknya add-ons dan extension yang terpasang.

2. Disconnect

9 Trik Mengecek Pihak-pihak yang Tengah Melacakmu Secara Onlinevox-cdn.com

Disconnect adalah browser extension yang bisa menghalangi hingga 2.000 orang yang melacakmu di internet. Tak hanya itu, saat mengaktifkan Disconnect, sebagian besar pengguna mengaku internet mereka menjadi 27 persen lebih cepat daripada biasanya. Salah satu keunggulannya adalah bisa memberikan pengecualian terhadap beberapa tracker dengan whitelist.

Extension ini bisa kamu dapatkan untuk Chrome, Firefox, Safari, dan Opera. Setelah install dan mengaktifkannya, kamu akan diberikan visualisasi mengenai siapa saja yang melacakmu. Beberapa tidak berbahaya karena terhubung dengan pekerjaan atau bisnismu sehingga kamu harus memperhatikan mana yang perlu kamu taruh di whitelist.

3. Lightbeam

9 Trik Mengecek Pihak-pihak yang Tengah Melacakmu Secara Onlineimgur.com

Extension yang hanya tersedia untuk Firefox ini bisa membantumu untuk memvisualisasikan para tracker di internet. Penggunaannya cukup mudah sehingga aplikasi ini banyak direkomendasikan.

Untuk mengaktifkannya, kamu harus download dan install di Firefox. Kemudian pergilah ke Lightbeam extension page dan tambahkan ke browsermu. Kamu akan diberikan grafik kosong pada awalnya. Saat kamu mengunjungi berbagai situs, akan muncul garis-garis yang menunjukkan mana tracker yang mengikutimu.

Baca Juga: 7 Cara Hacker Mencuri Identitas Lewat Media Sosial, Lebih Waspada ya! 

4. Am I Unique?

9 Trik Mengecek Pihak-pihak yang Tengah Melacakmu Secara Onlinemakeuseof.com

Am I Unique? adalah situs yang bisa menganalisis keunikan dari browser dan jejakmu di internet. Cara kerjanya adalah dengan mengambil “sidik jari” dari sistem browsermu dan menambahkannya ke database mereka.

Kamu bisa kembali ke situs tersebut beberapa minggu kemudian dan memeriksa apakah ada perubahan pada keunikan browsermu. Tujuannya adalah untuk mengukur seberapa besar potensi orang lain bisa melacakmu.

5. Ghostery

9 Trik Mengecek Pihak-pihak yang Tengah Melacakmu Secara Onlineghostery.com

Satu lagi extension browser yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi tracker. Kamu bisa mendapatkan Ghostery untuk Chrome dan Firefox.

Cara kerjanya adalah dengan memantau situs yang biasa kamu kunjungi dan mencocokkannya dengan data tracker yang mereka miliki. Ghostery akan memberitahumu dan kamu bisa block mereka dari browser yang kamu gunakan.

6. Alat lain yang bisa digunakan

9 Trik Mengecek Pihak-pihak yang Tengah Melacakmu Secara Onlineeblocker.com

Selain daftar di atas, masih ada sejumlah alat lain yang bisa kamu gunakan untuk menghalangi tracker melacakmu. Berikut ini situs dan extension yang bisa kamu coba:

7. Sebenarnya apa tujuan dari melacak orang lain?

9 Trik Mengecek Pihak-pihak yang Tengah Melacakmu Secara Onlinekasperskydaily.com

Pada umumnya tujuan orang melacakmu adalah untuk kepentingan komersial. Perusahaan menginginkan data aktivitasmu di internet untuk mengetahui barang apa yang sekiranya relevan dan memenuhi preferensimu.

Mereka akan membaca algoritma dari semua pencarian dan situs yang kamu kunjungi. Bahaya mengintai jika orang yang mengaksesmu memiliki niat yang lebih buruk daripada itu.

Sebagian besar pelacakan data yang dilakukan pihak ketiga ini sebenarnya tidak berbahaya. Namun, kita juga harus mengantisipasi pencurian data kita, kan? 

Baca Juga: 7 Hacker Paling Terkenal Sepanjang Masa, Aksinya Bikin Merinding Abis!

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You