Comscore Tracker

Wajib Tahu, Begini Modus Penipu untuk Meretas Akun Gojek Maia Estianty

Kalau tahu caranya, kamu gak gampang tertipu

Belum lama ini, penyanyi Maia Estianty menjadi korban penipuan. Akun Gojeknya diretas oleh penipu, saldo GoPay miliknya pun kandas. Tak cukup sampai di situ, penipu yang juga merupakan oknum mitra ojek online itu juga berusaha mengambil alih akun Tokopedia Maia.

Bagaimana sebenarnya modus penipu itu sehingga berhasil meretas akun Gojek milik Maia? Akun Twitter @gadtorade menjabarkan caranya berdasarkan keterangan dari Maia. Simak agar kamu tidak mudah tertipu oleh modus yang sama!

1. Saat Maia ingin memesan makanan, oknum mitra Gojek mengaku tak bisa mengambilnya

Wajib Tahu, Begini Modus Penipu untuk Meretas Akun Gojek Maia EstiantyInstagram/maiaestiantireal

Oknum tersebut berdalih bahwa motornya mogok sehingga ia tidak bisa membelikan pesanan Maia. Ia pun menyarankan untuk mengubah pengemudi. Penyanyi tersebut diminta untuk memasukkan kode **21*(nomor telepon pelaku)# dan meneleponnya. Maia menurut saja karena ia pun tidak tahu kode apakah itu sebenarnya.

2. Kode yang dimasukkan Maia adalah kode Man to Man Interface (MMI)

Wajib Tahu, Begini Modus Penipu untuk Meretas Akun Gojek Maia Estiantypaymentsjournal.com

Apakah yang dimaksud dengan Man to Man Interface (MMI)? Ternyata ini merupakan kode yang dimasukkan untuk mengalihkan nomor telepon ke perangkat lain atau call forwarding. Jadi, semua panggilan yang masuk ke nomor Maia akan dialihkan ke nomor telepon si pelaku penipuan. 

Ia pun memanfaatkan hal ini untuk login ke akun Gojek Maia. Nah, seperti yang kita tahu, akun Gojek dilindungi dengan kode OTP. Siapa pun tak bisa masuk ke akun Gojek tanpa mengisi empat digit kode yang dikirimkan via SMS. Maia-lah orang yang menerima kode tersebut, tetapi ia tidak sadar apa fungsinya.

3. Pelaku memanfaatkan pilihan OTPCall Me untuk masuk ke akun Gojek Maia

Wajib Tahu, Begini Modus Penipu untuk Meretas Akun Gojek Maia Estiantyweb.dev

Menurut perkiraan dari akun @gadtorade, pada percobaan pertama dan kedua, pelaku tidak bisa masuk karena SMS dikirimkan ke handphone Maia. Sedangkan pada percobaan ketiga, aplikasi Gojek akan memberikan opsi lain, yaitu tombol Call Me. Inilah yang ditunggu oleh si pelaku.

Server Gojek secara otomatis menelepon nomor Maia untuk mengirimkan kode OTP. Karena si penipu telah melakukan call forwarding, maka ialah orang yang menerima kode tersebut. Akun Gojek Maia pun dikuasai olehnya. Sedangkan akun yang ada di handphone Maia akan keluar secara otomatis.

Baca Juga: Anak Diberi Nama GoPay dan Cash Back, Dapat Saldo Gratis Setahun Penuh

4. Setelah menguasai akun, ia bebas membelanjakan seluruh saldo GoPay penyanyi tersebut

Wajib Tahu, Begini Modus Penipu untuk Meretas Akun Gojek Maia Estiantyinnovationiseverywhere.com

Pelaku penipuan pun menguras seluruh saldo GoPay Maia. Ia dapat menggunakannya untuk berbagai hal. Mulai dari membeli makanan, barang, voucher, dan lain-lain. Terlebih lagi, berbagai situs e-commerce Indonesia telah tersambung dengan GoPay. Ini memberikan kesempatan lebih besar untuk membelanjakan saldo Maia. 

5. Pelaku juga berusaha meretas akun Tokopedia Maia

Wajib Tahu, Begini Modus Penipu untuk Meretas Akun Gojek Maia Estiantytokopedia.com

Tak puas menguras GoPay, si pelaku tampaknya juga berusaha untuk mengambil akun Tokopedia Maia. Namun sebelumnya, ia meretas WhatsApp ibu tiga anak tersebut. Caranya sama, yaitu login melalui voice OTP. Dengan menguasai WhatsApp, ia pun bisa masuk ke akun Tokopedia. Sebab situs tersebut mengirimkan OTP melaluinya. 

Akun Tokopedia Maia tersambung dengan kartu kredit. Si pelaku pun berusaha untuk membeli handphone melalui akun tersebut. Namun untungnya, kartu kredit mengirimkan SMS OTP ke pengguna sebelum melakukan transaksi.

6. Ini hal yang harus kamu lakukan untuk terhindar dari modus penipuan yang serupa

Wajib Tahu, Begini Modus Penipu untuk Meretas Akun Gojek Maia Estiantyjersey.police.uk

Apa yang terjadi pada Maia juga bisa terjadi pada kita semua. Untuk terhindar darinya, ada beberapa tip yang perlu kamu ketahui dan terapkan. Di antaranya:

  • Jangan mengiyakan ketika diminta untuk melakukan prosedur yang tidak kamu ketahui;
  • Jika ingin berganti driver, batalkan pesanan pertama kemudian pesan kembali;
  • Jangan memberikan data-data pribadi kepada orang asing, termasuk nomor handphone, kode verifikasi, kode OTP, username akun finansial, dan lain-lain;
  • Jika ada nomor handphone biasa yang mengatasnamakan perusahaan, jangan langsung percaya karena biasanya perusahaan besar menggunakan nomor telepon dengan kode area;
  • Jika kamu secara tak sadar mengaktifkan call forwarding ke orang yang tak dikenal, segera matikan. Caranya, dengan menekan ##21#, lalu Call atau Yes.

Itulah modus penipuan dan tips untuk menghindarinya. Sebagai pengguna aktif aplikasi-aplikasi tersebut, kita harus waspada dengan segala modus penipuan. Apalagi jika akun kita tersambung satu sama lain.

Baca Juga: Pencurian Identitas, ini 9 Informasi yang Diincar Hacker 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya