Comscore Tracker

5 Cara Cek IMEI iPhone, Nomor Identifikasi yang Punya Beragam Fungsi

Dari IMEI, bisa tahu iPhone-mu resmi atau black market

Tahukah kamu dengan istilah IMEI? IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, nomor unik sebagai identifikasi ponsel kamu. Teorinya, gak ada ponsel yang memiliki nomor IMEI yang sama persis. 

Sebagai nomor identifikasi, IMEI punya beragam fungsi, seperti untuk melacak ponsel yang hilang, sampai mengetahui apakah sebuah ponsel adalah barang black market (BM) atau bukan. Seperti diketahui, kabarnya pemerintah bakal memblokir ponsel BM agar tidak bisa digunakan di Indonesia.

Nah, berikut ini beberapa cara mengecek nomor IMEI untuk iPhone. 

1. Apa fungsi dari IMEI?

5 Cara Cek IMEI iPhone, Nomor Identifikasi yang Punya Beragam Fungsimakeuseof.com

IMEI biasanya terdiri dari 14 hingga 16 digit nomor unik. Biasanya nomor ini diperlukan saat kita ingin memperbaiki perangkat yang rusak. Tidak hanya itu, IMEI juga berguna ketika iPhone hilang atau dicuri.

Kamu bisa melaporkannya ke iPhone center agar iPhone tersebut diblokir dan tidak bisa digunakan oleh yang menemukan atau mencurinya. Jika kamu belum mengetahui nomor IMEI-mu, coba cara di bawah ini!

2. Cek IMEI iPhone di boks perangkat

5 Cara Cek IMEI iPhone, Nomor Identifikasi yang Punya Beragam Fungsiunlockunit.com

Kalau kamu masih ingat di mana menaruh boks iPhone-mu, coba ambil dan periksa bagian belakangnya. Di sana ada beberapa macam nomor. Ada nomor SN, SKU, dan IMEI. Nah kamu tahu kan mana yang perlu dicatat?

Lalu bagaimana jika ada dua nomor IMEI yang berbeda? Sebagian perangkat memang memiliki IMEI1 dan IMEI2. Ini menandakan bahwa perangkatmu punya dua slot SIM card. Pada umumnya ini ada terjadi pada handphone Android.

3. Cek melalui sistem di pengaturan

5 Cara Cek IMEI iPhone, Nomor Identifikasi yang Punya Beragam Fungsiiphone-tricks.com

Nah jika kamu tidak ingin repot mencari boks yang entah di mana keberadaannya, kamu bisa langsung cek di pengaturan iPhone. Caranya masuk ke Settings > General > About. Di sana terdapat spesifikasi handphone secara lengkap, termasuk nomor IMEI. 

Baca Juga: 10 iPhone Hack yang Penting Diketahui, Biar Makin Praktis Pakainya!

4. Cek di bagian belakang iPhone

5 Cara Cek IMEI iPhone, Nomor Identifikasi yang Punya Beragam Fungsiimei.info

Jika kamu memiliki iPhone tipe 5/5c/5s/6/6+, kamu juga bisa mengecek IMEI di bagian belakang. Ia terukir di bagian bawah dekat dengan tulisan iPhone. Mudah kan? Ternyata IMEI secara otomatis tercatat di fisik perangkat.

5. Cek di slot SIM card

5 Cara Cek IMEI iPhone, Nomor Identifikasi yang Punya Beragam Fungsimobikin.com

Tidak hanya tertulis di bagian belakang iPhone, kamu juga bisa menemukannya di bagian dalam slot untuk SIM Card. Pertama kamu harus mengeluarkannya terlebih dahulu. Di bagian atas, kamu akan melihat nomor IMEI/MEID. Namun ini berlaku pada model tertentu saja ya. 

6. Cek melalui kode dial

5 Cara Cek IMEI iPhone, Nomor Identifikasi yang Punya Beragam Fungsipangujailbreak.com

Cara ini bisa dilakukan pada semua jenis handphone, tak terkecuali iPhone. Caranya sangat sederhana, cukup masuk ke menu telepon, ketik kode *#06#. Secara otomatis, perangkat akan menampilkan nomor IMEI-mu. 

7. Yuk, segera catat IMEI di tempat yang aman!

5 Cara Cek IMEI iPhone, Nomor Identifikasi yang Punya Beragam Fungsitoeflgoanywhere.org

Sering kali dibingungkan, IMEI ini berbeda ya dengan nomor SIM. Ia tidak akan berubah walaupun kamu mengganti nomor teleponmu.

Karena nomor unik ini penting untuk mengidentifikasi iPhone milikmu, sebaiknya catat IMEI di tempat yang aman, ya. Hindari mencatatnya di dalam iPhone karena tidak akan ada pengaruhnya jika perangkat tersebut dicuri.

Itu dia beberapa cara mengecek IMEI untuk perangkat iPhone. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Baca Juga: 6 Trik Sederhana Hemat Data Seluler iPhone

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You