Comscore Tracker

Dalam Waktu Dekat, WhatsApp Bakal Punya Fitur Hapus Pesan Otomatis

Makin banyak fitur kerennya, nih!

Facebook semakin gencar menambahka fitur-fitur baru nan menarik pada aplikasi perpesanan WhatsApp. Setelah menyematkan fitur Dark mode beberapa waktu yang lalu, WhatsApp berencana merilis fitur baru yang disebut sebagai self-destruct

Seperti apakah fitur self-destruct ini? Berikut penjelasannya. Simak, yuk!

1. Dapat menghapus pesan secara otomatis dalam waktu tertentu

Dalam Waktu Dekat, WhatsApp Bakal Punya Fitur Hapus Pesan Otomatismessengerpeople.com

Self-destruct pada dasarnya fitur yang memungkinkan pengguna untuk bisa menghapus pesan secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, pesan yang dikirim tidak akan tersimpan secara permanen baik di WhatsApp pengirim maupun penerima pesan.

Untuk saat ini, diketahui jika self-destruct hanya menyediakan pilihan hapus pesan secara otomatis mulai dari satu jam, satu hari, satu minggu, satu bulan dan satu tahun – setelah pesan dikirim. Belum diketahui apakah nantinya WhatsApp akan menyediakan pilihan waktu kustom.

Baca Juga: WhatsApp Tak akan Gratis Lagi, Bayar Rp14 Ribu atau Harus Lihat Iklan

2. Sebelumnya telah digunakan di Telegram

Dalam Waktu Dekat, WhatsApp Bakal Punya Fitur Hapus Pesan Otomatistechcrunch.com

Sebelum WhatsApp, Telegram telah terlebih dahulu menerapkan fitur serupa dengan fungsionalitas layaknya self-destruct. Fitur tersebut dinamai “secret chat” yang menggunakan sistem enkripsi end-to-end untuk menghindari campur tangan pihak ketiga.

Berbeda dengan mode chat biasa, secret chat tidak akan meninggalkan jejak perpesanan di server dan telah mendukung pesan yang akan ‘hancur’ secara otomatis setelah waktu yang ditentukan. Selain itu, secret chat pada Telegram juga tidak mengizinkan pengguna untuk mem-forward pesan yang telah diterima.

3. Uji coba telah dimulai sejak akhir tahun lalu

Dalam Waktu Dekat, WhatsApp Bakal Punya Fitur Hapus Pesan Otomatisfirstpost.com

WhatsApp telah menguji coba self-destruct sejak akhir tahun lalu. Dilansir dari The Verge, fitur ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo pada WhatsApp Beta versi 2.19.275. Kala itu, self-destruct yang masih bernama “disappearing messages”, hanya mendukung dua pilihan jangka waktu yaitu 5 detik dan 1 jam.

Selain hanya menyediakan dua pilihan jangka waktu, disappearing messages juga hanya bisa digunakan di obrolan grup saja. Untuk versi yang lebih matang saat ini, dipastikan bahwa self-destruct juga akan bisa digunakan di obrolan pribadi.

Itulah sedikit pemaparan terkait fitur baru WhatsApp yang bisa menghapus pesan secara otomatis. Apakah kamu tertarik dengan fitur ini? 

Baca Juga: 5 Fitur Whatsapp yang Sangat Berguna Tapi Jarang Dimanfaatkan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya