Comscore Tracker

Tahukah Kamu, Mulai 2021 Instagram Tambah 7 Fitur Baru? 

Perubahan mulai fasilitas Direct Message hingga nobar TV 

Inovasi media sosial Instagram terus dilakukan. Sebanyak tujuh perubahan baru saja dilakukan oleh media sosial yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Perubahan yang dilakukan mulai dari fasilitas Direct Message (DM) hingga nonton TV bareng. 

Namun tak banyak yang tahu tentang perubahan yang dilakukan Instagram. Berikut beberapa fitur baru Instagram yang tidak banyak orang ketahui.

1. Opsi membalas pesan secara spesifik

Tahukah Kamu, Mulai 2021 Instagram Tambah 7 Fitur Baru? howtogeek.com

Beberapa minggu yang lalu, Instagram menambahkan kemampuan untuk membalas pesan secara spesifik. Ini ditujukan agar pengirim dan penerima dapat tahu percakapan mana yang sedang dibicarakan atau dibahas.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu menekan dan menahan percakapan yang ingin dibalas. Sebelumnya, fitur seperti ini telah hadir di aplikasi lain dari Facebook yaitu WhatsApp. Selain membalas secara spesifik, terdapat juga opsi untuk menyalin dan meneruskan percakapan tertentu.

2. Cara baru untuk beralih akun

Tahukah Kamu, Mulai 2021 Instagram Tambah 7 Fitur Baru? digitalinformationworld.com

Bagi pengguna yang memiliki dua akun dan keduanya telah dalam posisi log in, Instagram memberikan kemudahan untuk beralih dari satu akun ke akun lainnya. Caranya sangat mudah, pengguna hanya tinggal “double tap” foto profil akun yang terletak di pojok kanan bawah. Jika lebih dari dua akun, maka cara tersebut tidak akan bekerja, melainkan pengguna harus menekan lama pada foto profil tersebut untuk memunculkan semua akun yang telah log in.

3. Vanish Mode

Tahukah Kamu, Mulai 2021 Instagram Tambah 7 Fitur Baru? bustle.com

Selanjutnya adalah Vanish Mode yang jika diaktifkan, akan membuat pesan dari pengirim maupun penerima menghilang setelah pesan itu dibaca atau percakapan ditutup. Percakapan privat yang berlangsung masih bisa di screenshot, namun Instagram akan menampilkan label sekaligus peringatan “you took a screenshot”.

Untuk mengaktifkan fitur baru, pengguna bisa langsung membuka percakapan di DM lalu swipe up hingga masuk ke Vanish mode. Sementara untuk menonaktifkan, hanya tinggal melakukan swipe up lagi.

Baca Juga: Cara Mudah Deteksi Siapa yang Blokir Kamu di Instagram, yuk Periksa!

4. Membisukan Stories pengguna lain

Tahukah Kamu, Mulai 2021 Instagram Tambah 7 Fitur Baru? cosmo.ph

Instagram kini memungkinkan penggunanya untuk membisukan Stories pengguna lain, namun masih ingin mengikuti pengguna tersebut. Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu menekan dan menahan foto profil pengguna terkait di bagian Stories.

Lalu, pilih “Mute” dan tap “Mute Story”. Tidak sepenuhnya hilang, Stories pengguna yang dibisukan masih bisa dilihat namun berada di ujung atau paling akhir dari bar Stories. Instagram menyebut jika pengguna yang dibisukan tidak akan diinformasikan bahwa ada pengguna yang membisukan mereka.

5. Memberi reaksi emoji dalam percakapan

Tahukah Kamu, Mulai 2021 Instagram Tambah 7 Fitur Baru? beebom.com

Fitur yang satu ini sama seperti bagaimana Facebook memungkinkan pengguna untuk memberi reaksi ke postingan pengguna lain. Instagram menawarkan hal serupa namun tidak pada postingan di timeline, melainkan pada percakapan di DM.

Kendati demikian, yang dapat diberikan reaksi dengan emoji tidak hanya percakapan biasa saja tapi juga postingan yang dibagikan via DM. Untuk memberi reaksi emoji, pengguna tinggal menekan lama percakapan terkait lalu akan muncul semua jenis emoji untuk dijadikan reaksi.

6. Fitur Stories Reaction baru

Tahukah Kamu, Mulai 2021 Instagram Tambah 7 Fitur Baru? nymag.com

Instagram saat ini tengah menjajal fitur reaksi baru untuk Stories. Pada versi yang sekarang, pengguna hanya bisa melihat reaksi dari pengguna lain di DM. Di versi yang terbaru, disebut-sebut bahwa pengguna tidak perlu ke DM untuk melihat reaksi.

Instagram akan mempermudah penggunanya dengan memunculkan reaksi pengguna lain pada ikon khusus di bagian Stories. Selain itu, akan ada animasi baru yang lebih keren untuk memberi reaksi terhadap Stories pengguna lain.

7. Watch Together

Tahukah Kamu, Mulai 2021 Instagram Tambah 7 Fitur Baru? techcrunch.com

Yang terakhir adalah Watch Together – yang sesuai namanya, memungkinkan pengguna untuk “nobar” acara TV favorit bersama teman-teman mereka. Selain acara TV, konten di IGTV, Reels dan video yang bisa trending juga bisa dilihat bersama, sembari melakukan percakapan.

Sama seperti di Messenger, untuk menggunakan fitur ni, pengguna pertama-tama perlu memulai video chat lalu menekan tombol media di pojok kanan bawah layar. Jika pengguna memilih TV & Movies, Instagram akan memunculkan beragam konten dari Facebook Watch.

Itulah tujuh tambahan fitur baru di Intagram, kamu sudah menemukannya? Bagaimana menurutmu?   

Baca Juga: 7 Aplikasi Penyedia Template Instagram Story Terbaik

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya