Comscore Tracker

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!

Jangan cuma bengong meski gak bisa ke mana-mana

Bukannya berlalu, pandemik virus corona malah semakin menjadi-jadi. Hal ini membuat sejumlah daerah melakukan pembatasan sosial, baik skala besar seperti di DKI Jakarta, maupun yang berskala mikro seperti di Jawa Timur.

Imbasnya, sejumlah kantor pun memberlakukan work from home (WFH). Sayangnya, WFH acap kali membuat gaji seseorang dipotong oleh perusahaan. Beberapa bahkan benar-benar dirumahkan dan tidak digaji sama sekali karena pekerjaannya tidak bisa dilakukan secara online.

Untungnya, teknologi memungkinkanmu melakukan banyak pekerjaan hanya dari rumah. Berikut beberapa tips cari uang di internet saat harus isolasi di rumah, mulai dari menjadi YouTuber hingga penulis lepas.

1. Freelance (pekerja lepas)

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!unsplash.com

Melansir The Economic Times, pekerjaan freelance adalah cara populer untuk mendapatkan uang dengan menjual kemampuan kita lewat internet. Ada beragam situs web yang mempertemukan pencari jasa dengan pekerja freelance.

Kamu tinggal memilih pekerjaan sesuai dengan kemampuan masing-masing, misalnya seperti data entry, membuat desain poster, ataupun mengedit sebuah video. Nantinya, klien akan menghubungi kamu jika tertarik menggunakan jasa kamu. Biasanya uang baru kamu dapat setelah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh klien.

2. Membuat situs web

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!unsplash.com

Membuat situs web bisa dibilang cukup mudah. Ilmunya pun bisa kamu peroleh dengan mempelajarinya secara otodidak. Dengan kemampuan ini, kamu bisa menjual jasamu untuk membuatkan situs web bagi klien, atau mengerjakan website-mu sendiri. 

Kamu dapat dengan bebas untuk memilih domain, desain, tata letak, hingga template dari situs web yang sedang kamu bangun. Setelah itu barulah kamu bisa mengisi website tersebut dengan konten-konten pilihan kamu untuk menarik pengunjung.

Semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website rintisan kamu, maka peluang untuk kamu mendaftarkan diri ke Google Adsense semakin besar. Dari situlah kamu bisa menghasilkan uang, berusaha mempertahankan traffic pengunjung website setiap harinya dengan menciptakan konten-konten menarik.

3. Penerjemah bahasa

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!unsplash.com

Jika kamu memiliki kemampuan lebih dalam bahasa asing, kamu juga dapat memanfaatkan kemampuanmu itu dengan menjadi penerjemah. Ada banyak proyek online yang membutuhkan jasa seorang penerjemah bahasa, mulai dari dokumen, literatur, hingga aplikasi dan game.

Pasalnya, menerjemahkan sebuah dokumen memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu tawaran proyek untuk para penerjemah banyak beredar di berbagai situs web agar kamu bisa menghasilkan uang lebih. Terlebih jika kamu menguasai bahasa asing selain Inggris, yang persaingannya mungkin tak seketat penerjemah bahasa Inggris.

4. Mengajar secara online

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!unsplash.com

Menghasilkan uang secara online juga bisa didapat dari mengajar online atau menjadi guru privat online. Kalau kamu merasa menguasai sebuah pelajaran tertentu, kamu bisa bergabung dengan penyedia bimbingan online. Dari situ kamu bisa disalurkan ke banyak siswa dari seluruh negeri untuk mengajar sesuai dengan kemampuan yang kamu punya.

Terlebih kebanyakan platform bersedia menawarkan kamu waktu yang fleksibel dan nyaman untuk mulai mengajar online. Sudah tidak perlu datang ke rumah siswa, mendapatkan uang pula, demikian dilaporkan oleh Nerd Wallet.

5. Ahli strategi media sosial

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!unsplash.com

Selain untuk berinteraksi dengan orang lain, media sosial ternyata juga bisa mendatangkan uang buat kamu loh. Banyak perusahaan yang rela membayar mahal hanya untuk seorang ahli strategi media sosial agar produk yang ditawarkan bisa lebih populer di media sosial seperti Instagram, Facebook, serta Twitter.

Kamu dapat dikatakan sukses sebagai ahli strategi media sosial apabila produk yang kamu tawarkan berhasil viral di media sosial. Untuk itu, kamu perlu merancang strategi dari setiap post yang akan ditayangkan, mulai dari kapan post tersebut terbit hingga membuat konten sekreatif mungkin.

Baca Juga: Lagi Cari Kerja, Perguruan Tinggi Ini Buka Lowongan Lho 

6. Menulis konten

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!unsplash.com

Menulis konten atau content writing menjadi pilihan yang bagus sebagai permulaan untuk mencari uang dari internet. Seseorang akan dibayar bergantung pada seberapa berkualitas konten yang kamu tulis. Walau demikian, seorang content writer juga harus bisa menyesuaikan gaya penulisannya dengan pedoman khusus yang diberikan oleh klien ketika menulis artikel.

7. Blogging

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!unsplash.com

Blogging sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun. Pada dasarnya, seorang blogger melakukan aktivitas bloggingnya diawali dengan hobi atau minat ingin berbagi. Meski diawali dengan hobi, namun mereka bisa menghasilkan uang melalui blog

Cara yang paling mudah untuk cari uang dari blogging adalah dengan memonetasi blog melalui iklan, mengulas suatu produk, dan lain-lain. Tapi ingat, tidak ada yang instan. Rata-rata para blogger baru bisa menghasilkan uang secara rutin ketika sudah terjun ke dunia blog selama 1 tahun.

8. YouTube

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!pixabay.com

Mau cari duit dari internet tapi tidak nyaman kalau menuliskan pemikiran melalui tulisan di blog atau penulisan konten? Tenang, ada YouTube sebagai sarana lain untuk kamu menghasilkan uang secara online. Bermodalkan kamera dan kemampuan editing video, kamu bisa mulai mencari uang di YouTube.

Kamu perlu pintar dalam mencari topik yang sekiranya bakal gempar di YouTube, biasanya seputar politik, sepak bola, atau acara masak. Setelah mengunggah video, lakukan monetisasi agar channel YouTube mu bisa menghasilkan uang. Bayaran akan kamu terima setiap seribu views.

9. Mendesain web

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!unsplash.com

Memiliki situs web sendiri sepertinya sudah tidak asing lagi bagi setiap orang, terutama pelaku bisnis. Sayangnya, tidak semua pebisnis memiliki bakat di bidang teknologi sehingga tidak mampu membangun website nya sendiri. Untuk itulah orang-orang seperti kamu yang bisa mendesain web membantu mereka membangun website dan mendapat bayaran.

Apalagi situs web juga membutuhkan pemeliharaan lebih lanjut. Jadi, uang tidak akan berhenti mengalir ketika kamu sudah membuatkan mereka situs website saja. Masih ada kebutuhan-kebutuhan lain secara berkala.

10. Mengisi survei

10 Cara Dapat Uang lewat Internet saat Isolasi di Rumah, Tetap Cuan!unsplash/olegmagni

Cara mudah untuk cari uang dari internet yang terakhir adalah dengan mengisi survei online. Banyak situs web yang menawarkan uang hanya untuk mengisi survey online. Biasanya kamu harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya sebelum mencairkannya dalam bentuk uang yang akan ditransfer ke rekening bank.

Itulah tadi beberapa cara cari uang di internet selama isolasi mandiri di rumah. Tinggal sesuaikan saja dengan keahlianmu. Mudah-mudahan, penghasilan yang kamu peroleh dari sana bisa membantumu tetap hidup layak di tengah pandemik.

Baca Juga: Pengin Cari Kerja, 5 Keahlian Ini Paling Dibutuhkan Saat Pandemik  

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya