Comscore Tracker

Gak Banyak yang Tahu, 7 Trik WhatsApp Web dan Desktop Ini Bisa Dicoba

Bisa lebih mudah transfer file antara HP dan komputer

Selain di smartphone, WhatsApp (WA) juga umum digunakan di komputer. Caranya, dengan menggunakan Whatsapp Web via browser maupun aplikasi WhatsApp Desktop. Semua percakapan akan tersinkronisasi secara otomatis dengan WA di HP.

Namun, masih belum banyak yang tahu sejumlah tips dan trik menggunakan WhatsApp di komputer ini. Penasaran?

1. Menggunakan shortcut di WhatsApp Desktop

Gak Banyak yang Tahu, 7 Trik WhatsApp Web dan Desktop Ini Bisa Dicobachrome.google.com

Ada cara-cara cepat melakukan sesuatu di WhatsApp Desktop, layaknya membuka halaman Microsoft Word hanya dengan menekan Ctrl + N. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Namun, shortcut ini tidak berguna untuk WhatsApp Web alias yang diakses melalui browser:

  • Ctrl + N: Memulai chat baru
  • Ctrl + Shift + ]: Chat selanjutnya
  • Ctrl + Shift + [: Chat sebelumnya
  • Ctrl + E: Mengarsipkan chat
  • Ctrl + Shift + M: Membisukan chat
  • Ctrl + Backspace: Menghapus chat
  • Ctrl + Shift + U: Menandai chat belum dibaca
  • Ctrl + Shift + N: Membuat grup baru
  • Ctrl + P: Membuka status profile

Jika kamu melakukan shortcut ini pada WhatsApp Web, yang terjadi malah browser-mu yang mendapatkan shortcut.

2. Mencari emoji hanya dengan kata

Gak Banyak yang Tahu, 7 Trik WhatsApp Web dan Desktop Ini Bisa Dicobaguidingtech.com

Membuka ikon dan memilih emoji terkadang membutuhkan waktu lama. Untuk itu WhatsApp mencoba memberikan kemudahan dengan cara membubuhi : (shift + ;), lalu dilanjutkan dengan dua huruf dari kata yang mewakili emoji itu. Seperti ini :ha. Dua huruf kata yang mewakili emoji ini hanya berlaku untuk bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia ya.

3. Bisa membuka beberapa akun di WhatsApp Web dengan mode incognito

Gak Banyak yang Tahu, 7 Trik WhatsApp Web dan Desktop Ini Bisa Dicobacyclonis.com

Permasalahan dari WhatsApp Web dan Desktop adalah hanya bisa membuka satu akun lewat satu sumber saja. Sebagai contoh ketika membuka Web, maka kamu tidak bisa membuka versi Desktop dan itu hanya untuk satu nomor saja. Begitu pula sebaliknya. Hal ini bisa diatasi dengan cara menggunakan mode samaran atau incognito.

Masuklah dalam browser-mu, jalankan incognito, dan buka WhatsApp Web. Jalankan seperti biasanya. Kamu bisa menggunakan nomor yang lain pula.

Yang menjadi masalah dari cara ini adalah tiap kali keluar atau menutup mode samaran, kamu harus mengulangi metode yang sama. Tidak seperti WhatsApp Web pada umumnya yang hanya perlu mengakses saja.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Memindahkan Riwayat Chat WhatsApp ke Telegram!

4. WhatsApp Web juga bisa mendapatkan preview

Gak Banyak yang Tahu, 7 Trik WhatsApp Web dan Desktop Ini Bisa Dicobachrome.google.com

Ada kalanya kamu tidak ingin membuka WhatsApp untuk membaca pesan dan hanya ingin membacanya lewat notifikasi. Hal ini bisa dilakukan jika kamu menggunakan versi desktop dan tidak untuk Web.

Untuk Web, kamu perlu mengaturnya terlebih dahulu. Pergilah ke opsi pengaturan yang ada di WhatsApp Web, lalu pilih tanda tiga titik yang ada di bagian kiri dekat foto profil. Pilih pengaturan atau setting, notifikasi dan centang show preview.

5. Menampilkan mode gelap di WhatsApp Web

Gak Banyak yang Tahu, 7 Trik WhatsApp Web dan Desktop Ini Bisa Dicobawabetainfo.com

Mode gelap tidak hanya berlaku untuk WhatsApp aplikasi saja, tetapi juga bisa via web. Kurang lebih caranya serupa dengan mengatur preview pesan. Bedanya yang perlu kamu lakukan adalah memilih theme atau tema dan bukan notifikasi. Akan ada pilihan mode gelap atau mode terang. Pilih sesukamu.

6. Buat grup khusus dirimu sendiri untuk mentransfer file dari PC ke smartphone

Gak Banyak yang Tahu, 7 Trik WhatsApp Web dan Desktop Ini Bisa Dicobatechbout.com

Memindah data dari smartphone ke komputer atau sebaliknya cukup menyusahkan. Kamu perlu memasangkan terlebih dahulu kabel smartphone ke komputer. Ada cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan WhatsApp Web.

Buatlah grup dan pilih satu anggota saja. Nantinya anggota itu segera kamu tendang keluar. Di grup itu, kamu bisa melampirkan data yang ingin kamu transfer. Data yang tersimpan di grup itu nantinya bisa kamu akses di WhatsApp smartphone-mu. Kamu pun bisa melakukan sebaliknya.

7. Mengirim foto yang tidak dikompres

Gak Banyak yang Tahu, 7 Trik WhatsApp Web dan Desktop Ini Bisa Dicobazapptales.com

Entah bagaimana, tapi seluruh foto yang kamu kirim via WhatsApp Web sama sekali tidak mengalami kompres. Kompres biasanya dilakukan demi mengurangi penggunaan data yang besar. Jadi kalau kamu memiliki foto yang bagus dan berukuran besar di komputer, baiknya kamu kirimkan via WhatsApp Web seperti yang ada pada poin sebelumnya.

Nah, semoga tips dan trik WhatsApp Web dan Desktop di atas bisa membuat kamu semakin ahli menggunakan aplikasi perpesanan ini. Manakah trik yang menurutmu paling bermanfaat? Kalau kamu punya trik lain, bagikan di kolom komentar, yuk!

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Memindahkan Riwayat Chat WhatsApp ke Telegram!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya