Comscore Tracker

8 Teknologi Jadul Ini Dulu Berkesan Banget Dibanding Penerusnya

Kalau pernah menggunakan ini, fiks kamu sudah tua!

Teknologi tak pernah berhenti berkembang. Apa yang kita miliki sekarang, mungkin tak terbayangkan oleh orang-orang zaman dahulu. Teknologi baru pun akhirnya menggusur teknologi lama yang sudah tidak lagi relevan.

Tapi, ternyata ada deretan teknologi jadul yang sebenarnya jauh lebih berkesan dibandingkan penerusnya yang ada di masa kini. Penasaran teknologi apa yang dimaksud? Yuk, simak daftarnya!

1. Telepon kabel

8 Teknologi Jadul Ini Dulu Berkesan Banget Dibanding Penerusnyapixabay.com

Walaupun keberadaannya tergerus smartphone, telepon kabel masih digunakan di beberapa tempat, seperti di kantor. Alasannya mudah. Terlepas dari masalah formalitas, telepon kabel menawarkan koneksi yang jauh lebih stabil dibanding nirkabel.

2. Pager

8 Teknologi Jadul Ini Dulu Berkesan Banget Dibanding Penerusnyaid.depositphotos.com

Benda kecil ini menjadi pengingat dan penerima pesan di waktunya. Fungsinya pun tidak lebih dari itu sehingga kamu akan jarang terganggu dan tidak akan bisa kecanduan. Satu lagi: ia tidak mudah rusak.

3. Telegram

8 Teknologi Jadul Ini Dulu Berkesan Banget Dibanding Penerusnyaistockphoto.com

Ini adalah bentuk internet zaman dulu. Oh, dan bukan aplikasi ya. Sebagai pengirim pesan, telegram akan mengirimkan sandi-sandi bunyi yang menunjukkan alfabet dan akan membentuk kata. Maka dari itu, ada alasan kenapa pramuka selalu diajarkan sandi morse.

4. Ponsel

8 Teknologi Jadul Ini Dulu Berkesan Banget Dibanding Penerusnyacomputing.co.uk

Yang pernah memegang hape jadul Nokia pasti pernah merasakan betapa kuatnya barang itu. Kamu bisa meninggalkannya selama seminggu tanpa mengisi baterainya dan ia akan tetap menyala. Sering jatuh pun juga tidak rusak-rusak.

Baca Juga: Sempat Populer, 7 Teknologi Ini Mati pada Satu Dekade Terakhir

5. Mesin tik

8 Teknologi Jadul Ini Dulu Berkesan Banget Dibanding Penerusnyaflickr.com

Kelebihan dari mesin tik adalah... ia tidak punya fungsi lain selain untuk mengetik. Berbeda dengan komputer.

Di komputer, kamu bisa mengakses YouTube dan lain sebagainya. Alhasil, apa yang kamu ketik tidak selesai-selesai. Benar tidak?

6. Kaset tape

8 Teknologi Jadul Ini Dulu Berkesan Banget Dibanding Penerusnyasnappygoat.com

Mereka pencinta musik pasti paham medium ini. Teknologi untuk memutar musik ini diperkenalkan pada 1987. Sekarang pun kaset tape masih diperjualbelikan walaupun itu hanya berputar di satu kalangan saja.

7. Kaset VHS

8 Teknologi Jadul Ini Dulu Berkesan Banget Dibanding Penerusnyapiqsels.com

Sebelum era VCD, DVD, dan blu-ray, kaset vhs-lah yang dipergunakan untuk menonton film. Memang tidak praktis karena kalau kamu ingin menonton dari awal, kamu harus memutar ulang dahulu pitanya.

Menariknya di saat ini efek-efek VHS marak digunakan untuk edit video karena dinilai estetik. Itu berarti VHS punya karakter sendiri yang tidak bisa diperoleh medium lain.

8. Disket

8 Teknologi Jadul Ini Dulu Berkesan Banget Dibanding Penerusnyapixabay.com

Kamu tua sekali kalau pernah merasakan barang ini. Seperti flashdisk dan CD, disket dipergunakan untuk menyimpan dan mentransfer data antar komputer karena rentan rusak dan hanya bisa menyimpan sedikit data.

Lantas apa kelebihannya? Bentuknya ikonik hingga saat ini dipergunakan sebagai simbol pemrograman.  

Kalau kamu pernah menyentuh atau menggunakan benda-benda di atas dalam hidup sehari-hari, berarti usiamu sudah tua. Buat yang belum, beberapa benda di atas masih ada yang diperjualbelikan. Coba gunakan dan rasakan sensasinya.

Baca Juga: Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di Pasaran

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya