Comscore Tracker

Lebih Nyaman bagi Pengguna, Ini 5 Manfaat Dark Mode pada Aplikasi

Nyaman di mata dan di baterai

Fitur mode gelap atau dark mode tengah populer belakangan ini. Semakin banyak pengembang aplikasi maupun software yang mengimplementasikan fitur ini. Dark mode umumnya membuat tampilan menjadi dominan gelap dengan tulisan berwarna cerah.

Ternyata mode gelap memiliki sejumlah manfaat, lho. Berikut beberapa manfaat fitur dark mode yang disematkan pada aplikasi bagi penggunanya.

1. Menaikkan kemampuan membaca sebuah teks

Lebih Nyaman bagi Pengguna, Ini 5 Manfaat Dark Mode pada Aplikasitubikstudio.com

Orang-orang banyak menilai jika dark mode mampu meningkatkan kemampuan untuk fokus terhadap teks. Itu tidak salah. Berdasarkan jurnal The Impact of Web Page Text-Background Color Combinations on Readability, Retention, Aesthetics, and Behavioral Intention yang ditulis Richard H. Hall dan Patrick Hanna, kombinasi warna terang dengan gelap membuat seseorang fokus. Salah satu contoh kombinasi warna itu adalah kuning dan hitam.

2. Mengurangi ketegangan mata

Lebih Nyaman bagi Pengguna, Ini 5 Manfaat Dark Mode pada AplikasiUnsplash.com/Soroush Karimi

Berhubungan dengan fokus membaca di poin sebelumnya, mata menjadi lebih mudah tegang ketika mereka dituntut untuk bekerja lebih keras. Dalam kasus ini adalah untuk fokus membaca tersebut. Karena menjadi lebih mudah, secara otomatis ketegangan mata pun dikurangi. Terlalu tegangnya mata dapat membuat kualitas penglihatan berkurang.

Baca Juga: Nyalakan 7 Fitur Otomatis Smartphone Ini Agar Hidup Terasa Lebih Mudah

3. Mengurangi penggunaan baterai

Lebih Nyaman bagi Pengguna, Ini 5 Manfaat Dark Mode pada Aplikasiunsplash.com/@rawpixel

Lewat warna hitam, smartphone ataupun lainnya tidak perlu bekerja keras untuk menyalakan LED ataupun OLED yang ada di bagian dalam layar. Dengan itu, ponsel pun tidak perlu mengeluarkan energi atau arti lainnya akan lebih bisa menghemat baterai yang dimiliki.

4. Lebih mudah membuat pengguna istirahat

Lebih Nyaman bagi Pengguna, Ini 5 Manfaat Dark Mode pada Aplikasipexels.com/Ivan Obolensky

Salah satu yang sering disarankan para dokter untuk menambah kualitas tidur adalah menjauhkan smartphone dari tempat yang mudah dijangkau tangan. Itu karena mereka mempercayai jika bermain ponsel membuatmu tidak tidur disebabkan oleh aktivitas serta cahaya terang. Tentu saja dengan dark mode yang secara otomatis membuat layar menjadi gelap, akan mempermudah kamu untuk langsung tertidur.

5. Dapat memberikan mood yang lebih baik

Lebih Nyaman bagi Pengguna, Ini 5 Manfaat Dark Mode pada Aplikasitubikstudio.com

Percaya tidak percaya jika warna sangat mempengaruhi mood seseorang. Berdasarkan ilmu psikologi warna, hitam sering melambangkan misteri, elegansi, formalitas, kekuatan dan prestige. Oleh karena itu, dengan background hitam, orang-orang akan jauh lebih mudah memberikan mood berkonsentrasi ke satu titik.

Untuk para pengembang aplikasi dan website, dark mode akan meningkatkan pandangan orang terhadap desain mereka. Contoh nyata konsep ini adalah bioskop yang mematikan seluruh lampunya hingga mood-mu meningkat untuk menikmati dan fokus terhadap film.

Itu dia beberapa manfaat dari fitur dark mode. Namun, penggunaan dark mode juga ada kekurangannya. Jika teks terlalu kecil, itu akan membuatmu lebih susah membaca dan dikatakan juga tidak baik jika digunakan dengan display yang reflektif (memantulkan cahaya).

Kamu sendiri lebih suka yang mana nih? Dark mode atau yang biasa?

Baca Juga: 7 Aplikasi di Fitur Dark Mode Terbaik Untuk macOS Mojave, Sudah Coba?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya