Comscore Tracker

Waspada, 7 Aplikasi Ini Dapat Dipakai untuk Penipuan dan Sebar Hoaks

Padahal tujuan semula aplikasi ini adalah untuk bisnis

Pemilihan umum sudah usai, namun gempuran hoaks masih marak terjadi. Hal ini tentu sangat meresahkan, karena membuat masyarakat bingung dengan kebenaran suatu berita. Kebanyakan berita tersebut disebarkan melalui aplikasi perpesanan maupun media sosial.

Penyebaran hoaks sulit terlacak karena memanfaatkan fitur aplikasi tertentu. Aplikasi tersebut membuatmu memperoleh nomor baru yang bertujuan agar nomor pribadimu gak tersebar. Meski aplikasi ini sebenarnya difungsikan untuk bisnis, sayangnya banyak orang yang menyalahgunakannya.

Berikut ini adalah aplikasi yang mampu memberikan nomor baru tersebut hingga tak terdeteksi. Perlu diingat artikel ini tidak pernah ditujukan untuk mengajarkan orang-orang bagaimana caranya membuat berita hoaks, melainkan sekadar memberikan informasi teknologi macam apakah yang digunakan untuk penyebaran berita tak jelas tersebut.

Selain itu, harapannya bisa memberikanmu informasi bahwa itu dengan mudah dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab, agar kamu tidak langsung menyerap informasi begitu saja yang bisa jadi hoaks. Teknologi ini juga hanya sebagian kecil dari modus penyebaran hoaks itu sehingga kamu jangan mudah percaya dengan berita yang tersebar.

1. Hushed

Waspada, 7 Aplikasi Ini Dapat Dipakai untuk Penipuan dan Sebar Hoaksapkgk.com

Aplikasi yang paling direkomendasikan oleh Play Store untuk masalah mendapatkan nomor baru. Lewat Hushed, kamu bisa langsung mendapatkan sebuah nomor Amerika gratis selama tiga hari.

Sebenarnya Hushed memiliki rangkaian nomor telepon hingga lebih dari 40 negara. Namun, untuk mendapatkannya, kamu perlu membayar terlebih dahulu yang mana harganya berbeda-beda tergantung negaranya.

2. 2nd Line

Waspada, 7 Aplikasi Ini Dapat Dipakai untuk Penipuan dan Sebar Hoaks2ndline.pt.aptoide.com

Sesuai namanya, 2nd Line mampu memberikanmu nomor baru secara gratis dengan mudah. Dengan memilih area, kamu bisa mendapatkan nomor baru yang tak dikenali dan mengontak orang lain lewat nomor tersebut. Untungnya, aplikasi ini masih terbatas untuk di area Amerika dan Kanada saja.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Membaca Pesan WhatsApp yang Dihapus Pengirimnya!

3. Burner

Waspada, 7 Aplikasi Ini Dapat Dipakai untuk Penipuan dan Sebar Hoaksgeckoandfly.com

Burner sangat terkenal untuk penggunaan di Amerika dan Kanada. Aplikasi ini memberikan nomor telepon asli yang palsu untuk kirim pesan hingga voicemail.

Setelah menggunakan nomor tersebut, orang-orang bisa langsung menghilangkan nomor telepon tersebut yang berarti langsung menghilangkan jejaknya. Burner hanya gratis untuk masa percobaan saja. Selebihnya harus membayar.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Berita Hoax Menyebar, Millennials Harus Berkontribusi!

4. TextMe Up

Waspada, 7 Aplikasi Ini Dapat Dipakai untuk Penipuan dan Sebar Hoakstextmeup.com

Masih sama dengan 2nd Line dan Burner, TextMe Up dapat memberikanmu fitur nomor palsu namun dibatasi untuk penggunaan di Amerika dan Kanada. Tetap saja dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan panggilan internasional ke seluruh penjuru dunia yang sulit untuk dideteksi. Untuk penggunaan maksimal, kamu perlu berlangganan terlebih dahulu.

5. CoverMe

Waspada, 7 Aplikasi Ini Dapat Dipakai untuk Penipuan dan Sebar Hoakssmartphones.gadgethacks.com

Salah satu kelebihan yang mengerikan dari aplikasi ini adalah fitur otomatis yang dapat hilang sendiri. Dengan mengaturnya, kamu bisa menghilangkan pesan yang kamu kirimkan dalam jangka waktu beberapa menit untuk menjaga privasi. CoverMe juga memberikan fitur kata sandi yang membuat sembarang orang yang bisa mengakses teleponmu tidak bisa mengakses dengan mudah aplikasi ini.

6. Telos

Waspada, 7 Aplikasi Ini Dapat Dipakai untuk Penipuan dan Sebar Hoaksapkpure.com

Kelebihan dari Telos adalah memiliki kualitas suara yang jauh lebih baik dari aplikasi yang lain. Itu menjadikannya sangat cocok untuk menginfokan berita atau percobaan penipuan lewat telepon. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan dikatakan pula itu berlaku untuk kirim pesan dan teleponnya.

7. OpenPhone

Waspada, 7 Aplikasi Ini Dapat Dipakai untuk Penipuan dan Sebar Hoaksopenphone.co

OpenPhone sebenarnya ditujukan untuk saling kontak dalam lingkup bisnis. Dalam deskripsinya, kamu hanya perlu waktu 30 detik untuk mendapatkan nomor baru. Berlangganan sudah pasti, tetapi aplikasi ini bisa dicoba gratis selama tujuh hari.

Kecanggihan teknologi memang seperti pedang bermata dua. Jika salah menggunakannya, hal ini justru bisa merugikan banyak orang. Nah, pastikan kamu gak ikut-ikutan menyalahgunakan aplikasi di atas, ya!

Baca Juga: 5 Fitur Whatsapp yang Sangat Berguna Tapi Jarang Dimanfaatkan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya