Comscore Tracker

Begini Transformasi Controller PlayStation dari Masa ke Masa

Pernah coba semuanya, belum?

Meski belum memiliki tanggal rilis, Sony telah resmi mengumumkan DualSense yang bakal digunakan sebagai controller PlayStation 5. Desain dan bocoran fiturnya pun sudah beredar luas, bikin gak sabar untuk mencobanya.

Sambil menanti perilisan PS5 dan DualSense, gak ada salahnya jika kita menengok transformasi controller PlayStation dari masa ke masa. Seperti apa perkembangan desain dan fiturnya dari awal kemunculan PS1?

1. PlayStation Controller  

Begini Transformasi Controller PlayStation dari Masa ke Masathegamer.com

Dirilis bersamaan dengan konsol PlayStation pertama pada tahun 1994, controller ini terinspirasi dari controller Super NES yang sangat populer pada masa itu.

Namun, Sony tetap melakukan beberapa inovasi, seperti menciptakan sepasang tombol bahu kedua (L2 dan R2) yang akan membantu navigasi pemain. Selain itu, grip pada controller membuat transisi memindahkan jari dari tombol L1/R1 ke tombol L2/R2 menjadi lebih mudah.

2. Dual Analog  

Begini Transformasi Controller PlayStation dari Masa ke Masareddit.com

Menjadi pendahulu dari DualShock, Dual Analog memperkenalkan stik analog kembar untuk pertama kalinya. Controller ini dirilis di Jepang pada tahun 1997 mengikuti perilisan game Tobal 2 dan Bushido Blade.

Controller ini memungkinkan pemain untuk bisa bergerak lebih leluasa di dalam permainan, terdapat fitur sensasi getaran untuk pengalaman bermain yang lebih realistis.

3. DualShock  

Begini Transformasi Controller PlayStation dari Masa ke Masawikipedia.org

Menjadi penyempurnaan dari Dual Analog, DualShock dirilis pada November 1997 di Jepang dan Mei 1998 di Amerika Utara serta negara lainnya.

Pada tahun 1999, Ape Escape adalah game PlayStation pertama yang mewajibkan pemain menggunakan DualShock. Controller ini pun masih kompatibel dengan sebagian besar game PlayStation 2.

4. DualShock 2  

Begini Transformasi Controller PlayStation dari Masa ke Masawikipedia.org

DualShock 2 dirilis bersamaan dengan konsol PlayStation 2 pada tahun 2000. Meski sekilas mirip dengan versi sebelumnya, controller ini memiliki beberapa perbedaan. Seperti perubahan kosmetik, konektor yang lebih persegi, dan tombol analog yang sensitif terhadap tekanan.

DualShock 2 juga mempunya variasi warna seperti hitam, putih, abu-abu, silver, navy, dan masih banyak lagi. DualShock 2 juga bisa digunakan pada PlayStation generasi pertama dan PlayStation 3, meskipun pada beberapa game tertentu beberapa fungsi tidak dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga: Desain Konsolnya Dicibir, 25 Game Ini Bakal Meramaikan PlayStation 5

5. Sixaxis  

Begini Transformasi Controller PlayStation dari Masa ke Masawikipedia.org

Sixaxis merupakan controller yang dirilis bersamaan dengan konsol PlayStation 3 pada tahun 2006. Controller ini seharusnya akan dinamai DualShock 3, namun saat perilisannya Sony sedang dalam masa pengajuan banding atas pelanggaran hak paten yang diklaim oleh perusahaan Immersion. Kedua perusahaan itu berselisih atas teknologi haptic yang digunakan pada controller PlayStation generasi sebelumnya.

Perselisihan hukum ini menyebabkan Sony merilis controller PS3 tanpa fitur haptic. Namun pada tahun 2007, Sony dan Immersion setuju untuk mengakhiri perselisihan dan bekerja sama untuk mengeksplorasi teknologi Immersion agar dapat digunakan dalam produk PlayStation. Inilah yang akhirnya memungkinkan Sony untuk merilis DualShock 3.

6. DualShock 3  

Begini Transformasi Controller PlayStation dari Masa ke Masaamazon.com

DualShock 3 adalah controller pengganti Sixaxis untuk konsol PlayStation 3 yang dirilis pada 2007. DualShock 3 tidak jauh berbeda dari Sixaxis, hanya saja terdapat fitur haptic yang banyak diminta para gamer.

Selain itu, DualShock 3 memiliki bobot 40 persen lebih berat karena menggunakan motor getaran terbaru. Sixaxis dihentikan penjualannya pada tahun 2008, dan DualShock 3 menjadi controller standar untuk PS3.

7. DualShock 4  

Begini Transformasi Controller PlayStation dari Masa ke Masadigitaltrends.com

DualShock 4 dirilis pada tahun 2013 bersamaan dengan konsol PlayStation 4. Controller ini memiliki beberapa fitur baru yang tidak ada pada generasi sebelumnya, seperti sensor gerakan dan touchpad di bagian depan controller yang bisa diklik. Tombol select dan start juga diubah menjadi tombol share dan option.

Selain itu terdapat pula bilah lampu yang akan menyala sesuai pengalaman saat bermain. Misalnya saat kita dikejar polisi dalam GTA V, maka lampu controller akan menyala merah dan biru. DualShock 4 juga dapat digunakan pada perangkat PlayStation VR.

8. DualSense  

Begini Transformasi Controller PlayStation dari Masa ke Masagamespot.com

Inilah DualSense, controller yang akan dirilis bersama dengan konsol PlayStation 5 mendatang. Controller ini diklaim akan membawa rasa sentuhan pada gameplay PS5. DualSense mempertahankan banyak fitur DualShock 4 di samping akan ada fungsionalitas baru dan desain yang disempurnakan.

DualSense memiliki teknologi haptic yang lebih maju. Hal ini akan menambah sensasi kuat yang akan dirasakan ketika bermain. Selain itu terdapat microphone yang tersemat pada controller dan bisa digunakan untuk berkomunikasi saat bermain secara online.

Itu dia transformasi controller PlayStation dari awal hingga yang terbaru. Mana saja yang sudah pernah kamu coba?

Baca Juga: 7 Fitur Baru dan Canggih dari Kontroler PlayStation 5, DualSense

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Muhammad Faisal di IDN Times Community dengan judul Tengok 8 Transformasi Controller PlayStation dari Awal sampai Kini

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya