Comscore Tracker

Gak Usah Beli, Ini 7 Cara Mudah dan Murah Memainkan PUBG di PC 

Cocok buat kantong gamer jelata

PlayerUnknown's Battleground (PUBG) sukses mengusung battle royale menjadi genre yang paling digandrungi saat ini. Sejak dirilis di PC pertama kali, PUBG kini sudah merambah berbagai platform seperti Xbox, PS4, dan versi mobile yang meledak.

Sebagai sebuah game kompetitif, keyboard dan mouse tetap menjadi alat kontrol terbaik untuk memainkan PUBG. Tapi, kebutuhan spesifikasi PC yang tinggi sampai banderol harga yang lumayan mahal di Steam membuat banyak gamer merasa keberatan.

Nah, untuk mengatasi permasalahan itu, berikut IDN Times berikan 7 cara bermain PUBG di PC yang tidak hanya mudah, namun juga murah. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

1. PUBG Lite

Gak Usah Beli, Ini 7 Cara Mudah dan Murah Memainkan PUBG di PC klgadgetguy.com

Sesuai dengan namanya, PUBG Lite merupakan varian ringan dari PUBG versi Steam. Tidak hanya gratis, PUBG Lite juga tidak menuntut banyak sumber daya dari PC kalian. Ini membuat PUBG Lite bisa dimainkan oleh semua orang, terutama yang masih memiliki PC ‘kentang’.

Memainkan PUBG versi Lite bisa menjadi alternatif terbaik yang tidak hanya gratis, namun juga bersahabat dengan kondisi PC low-end kalian. Untuk spesifikasi minimum lebih lengkapnya, PUBG Lite hanya membutuhkan PC dengan Windows 7/8/10 64-bit, Intel Core-i3 2.4GHz, RAM 4GB, GPU Intel HD Graphics 4000 dan HDD 4GB.

2. Mirroring

Gak Usah Beli, Ini 7 Cara Mudah dan Murah Memainkan PUBG di PC apowersoft.com

Selain di PC dan konsol, PUBG juga dirilis untuk smartphone. Di versi mobile-nya ini, PUBG jauh lebih bersahabat karena bisa diunduh secara gratis. Nah, versi mobile-nya ini ternyata juga bisa dimainkan lewat PC.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan mirroring – yaitu menduplikasikan layar smartphone kedalam PC. Melalui aplikasi mirroring seperti ApowerMirror, kalian bisa mengendalikan smartphone kalian di PC via mouse dan keyboard.

Ini juga berlaku ketika kalian memainkan game seperti PUBG, dan membuatnya semakin mudah dengan kontrol menggunakan mouse dan keyboard.

3. Tencent Gaming Buddy

Gak Usah Beli, Ini 7 Cara Mudah dan Murah Memainkan PUBG di PC YouTube.com/Hamza Tag

Selanjutnya masih memiliki kaitan dengan poin pertama. Tencent Gaming Buddy, dirilis oleh Tencent sebagai emulator resmi untuk PUBG Mobile. Lewat aplikasi ini, kalian bisa bermain PUBG Mobile di PC dengan sangat mudah.

Tencent Gaming Buddy juga dilengkapi dengan banyak fitur yang memudahkan gamer, termasuk key mapping untuk kontrol menggunakan mouse dan keyboard, video recording untuk merekam permainan dan dan multi-window untuk memainkan dua PUBG Mobile di satu PC yang sama. Karena emulator dan game yang digunakan merupakan versi mobile, maka spesifikasi yang dibutuhkan tidaklah berat.

Baca Juga: 7 Game Online Terbaru 2019 Ini Asyik Dimainkan Bareng Teman!

4. Bluestack

Gak Usah Beli, Ini 7 Cara Mudah dan Murah Memainkan PUBG di PC gameplay.tips

Jika Tencent Gaming Buddy merupakan emulator resmi buatan Tencent, maka Bluestack merupakan emulator alternatif dari developer third-party. Yang menarik, Bluestack tidak hanya dioptimalisasi untuk bisa menjalankan aplikasi Android saja, namun juga berbagai game Android seperti PUBG Mobile.

Bluestack juga dilengkapi dengan fitur key mapping yang dapat membantu kalian agar lebih presisi dalam memainkan PUBG Mobile lewat kontrol mouse dan keyboard. Plus, Bluestack juga dibekali dengan dukungan live-streaming, jika kalian ingin menyiarkan atau membagikan gameplay kalian ke orang-orang.

5. MEmu App Player

Gak Usah Beli, Ini 7 Cara Mudah dan Murah Memainkan PUBG di PC memuplay.com

Selain Bluestack dan Tencent Gaming Buddy, masih ada rekomendasi satu emulator lagi yaitu MEmu App Player. Berbeda dengan Bluestack yang bisa dibilang sudah ‘tua’, MEmu masih berusia muda. Karenanya, optimalisasi MEmu terbilang lebih baik ketimbang Bluestack, terutama untuk bermain game.

6. Cloud streaming

Gak Usah Beli, Ini 7 Cara Mudah dan Murah Memainkan PUBG di PC time.com

Mungkin ini tidak ‘semurah’ cara-cara di atas, karena kalian masih harus mengeluarkan uang (meski tidak banyak). Namun cara yang satu ini sangat direkomendasikan, terlebih bagi kalian yang ingin bermain PUBG Steam di grafis tertinggi, namun di PC yang pas-pasan.

Cloud streaming sendiri menawarkan konsep menarik bagi gamer, di mana mereka bisa memainkan game yang mereka inginkan (termasuk berbagai game eksklusif yang hanya ada di konsol), di platform PC dengan ‘streaming’.

Cloud streaming hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil. Tidak harus cepat, karena beberapa penyedia layanan cloud streaming di Indonesia, telah menggunakan server lokal.

7. Remote Play

Gak Usah Beli, Ini 7 Cara Mudah dan Murah Memainkan PUBG di PC fragstorm.com

Yang terakhir yaitu remote play, memiliki cara kerja yang sama seperti cloud streaming. Bedanya, remote play menggunakan perangkat milik sendiri dan hanya tersedia untuk Playstation 4.

Jadi jika kalian memiliki PS4 yang sudah ter-install PUBG namun ingin memainkannya di PC, maka kalian hanya perlu menjalankan fitur remote play. Tentu, ini membuat kalian tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk game yang sama di platform yang berbeda.

Selain itu, remote play juga lebih aman dan gratis, ketimbang cloud streaming yang notabene memiliki biaya berlangganan bulanan.

Itulah beberapa cara mudah dan murah untuk memainkan PUBG di PC. Ada yang sudah pernah kamu coba?

Baca Juga: PUBG & Fortnite Bisa Meningkatkan Produktivitas? Ini 5 Fakta Risetnya!

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You