TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Hal Seru di Festival Baru Stardew Valley, Desert Festival

Selain buat hiburan, kamu juga bisa menantang diri, lho!

Tampilan depan Stardew Valley (dok. ConcernedApe/Stardew Valley)

Intinya Sih...

  • Festival baru, Desert Festival, ditambahkan dalam Stardew Valley update 1.6
  • Penambahan atraksi termasuk mix and match pakaian, makanan dengan buff, dan mata uang festival
  • Lomba hewan, kuis NPC, dan quest memancing di gurun juga menjadi bagian dari festival ini

Dalam update 1.6 yang dirilis pada 19 Maret 2024 lalu, ConcernedApe telah merilis beberapa penambahan, termasuk festival baru. Ada dua festival yang baru-baru ini ditambahkan dalam kalender tahunan Stardew Valley, selain event bulanan yang terjadi dua kali dalam satu musim.

Salah satunya adalah Desert Festival yang terjadi selama pertengahan musim semi dan berlangsung selama tiga hari. Tidak seperti festival lain yang diadakan di wilayah Stardew Valley, festival ini diadakan di Calico Desert yang mana player harus membuka area halte bus terlebih dahulu agar bisa pergi bersama warga lain baik melalui jalur komunitas maupun jalur JojaMart.

Lantas, apa saja yang bisa kamu lakukan di Stardew Valley selama Desert Festival berlangsung? Intip saja ulasannya berikut ini!

1. Kostum baru yang menarik

Di bagian bawah, ada Sandy dan Emily yang menunggu di sebuah tempat dan berbentuk seperti kubus. Ketika player datang ke sana, mereka akan mengajak player masuk ke sebuah ruangan untuk mix and match pakaian yang menurutnya cocok sebagai kostum baru.

Setelah itu, player akan memperoleh pakaian baru mulai dari atas kepala hingga ujung kaki. Pakaian yang kita pakai sebelumnya secara otomatis akan masuk ke dalam tas.

2. Makanan baru yang hanya ada saat festival

Di dekat jalan dan tidak jauh dari danau kecil, ada seorang koki yang biasanya kita lihat di TV. Dia akan menawarkan pilihan makanan dan camilan ringan yang tidak akan pernah ada di tempat lain selain festival itu.

Akan tetapi, menariknya tiap pilihan yang dipilih memiliki buff dan akan sangat berguna terutama jika kita ingin bertualang di Skull Cavern. Jadi setiap makanan yang diberi memiliki dua buah buff selama tujuh menit dan pastinya akan menguntungkan.

3. Calico Egg

Mata uang selama festival ini tidak lagi berupa koin jika ingin membeli sesuatu dan hanya berlaku selama festival saja. Di sini, ada semacam telur yang bentuknya seperti telur biasa dengan tampilan bulat hitam dan putih kekuning-kuningan.

Jenis mata uang ini bisa didapatkan dengan menjalankan quest di Skull Cavern, quest memancing di danau, atau dari NPC baru yang ada di sana selama festival. Mata uang ini bisa untuk membeli apa saja termasuk Magic Rock Candy.

4. Kaktus gratis

Di bagian bawah gurun, ada seorang NPC yang akan memberi kaktus gratis setiap hari. Sesuai namanya, player tidak membutuhkan biaya untuk mendapatkannya.

Kaktus-kaktus di sini bisa digunakan sebagai dekorasi di rumah karena bentuknya yang menarik. Sekaligus sebagai oleh-oleh juga.

5. Warga Pelican Town

Selama tiga hari, dua warga Pelican Town akan dipilih secara acak untuk membuka toko sederhana dan menggunakan Calico Egg sebagai mata uang. Barang-barang yang dijual berupa barang-barang biasa, namun mereka juga menjual barang-barang terbatas yang tidak akan pernah bisa ditemui di toko lain.

Misalnya, Alex yang berjualan di hari ketiga festival dan ada Demetrius di sebelahnya. Salah satu barangnya adalah tongkat bisbol milik Alex yang bisa digunakan sebagai senjata walau tidak terlalu kuat.

Baca Juga: 6 Daya Tarik Game Bioskop Simulator, Buatan Developer Indonesia

6. Lomba antarhewan

Selama festival, ada sebuah lomba yang mana ada tiga hewan-hewan unik akan berkompetisi. Player bisa bertaruh kontestan mana yang diprediksi akan menang.

Jika tebakan player benar, player akan menerima 120 Calico Egg jika pilihannya mencapai peringkat pertama dan 20 Calico Egg untuk peringkat selanjutnya. Karena sistemnya taruhan, maka player perlu menunggu di arena sampai selesai.

7. NPC Cendekiawan

Di bagian atas kanan gurun, ada seorang NPC yang tampilannya seperti orang terpelajar. Dia akan menanyakan empat pertanyaan acak terkait sejauh mana player mengetahui Stardew Valley.

Jika player berhasil menjawab empat pertanyaan itu, player akan menerima 50 Calico Egg. Akan tetapi, player hanya diberi satu kesempatan tiap hari dan player akan diminta menunggu sampai hari berikutnya jika salah.

8. Quest memancing bersama Willy

Jika player pergi ke danau, Willy akan menawarkan quest terkait memancing dan hadiahnya berupa Calico Egg. Quest itu hanya berlaku selama satu hari saja.

Tiap hari, selalu ada quest yang berbeda terkait memancing di gurun. Akan tetapi, quest di hari terakhir sedikit berbeda karena player diminta mencari Golden Bobber yang mana akan muncul saat berhasil memancing Treasure Chest.

Writer

Riska Septia

Saya adalah saya, kadang-kadang menjadi ikan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya