TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Game PlayStation 1 dengan Visual yang Melampaui Zamannya

Visual cantik meskipun teknologi terbatas

cuplikan Final Fantasy IX (dok. Square Enix/Final Fantasy IX)

Intinya Sih...

  • Final Fantasy IX menghadirkan visual fantastis dan sinematik yang melampaui zamannya.

  • Spyro: Year of the Dragon menampilkan visual berwarna, detail, dan menggunakan teknologi LOD untuk tampil lebih tajam.

  • Macross VF - X2 memberikan visual keren dengan aksi pesawat tempur futuristik yang epik.

Jika mengingat visual PlayStation 1, maka yang terpikirkan adalah visual kotak-kotak yang kasar dan kaku. Konsol ini memang jadi yang pertama memperkenalkan visual 3D pada dunia. Banyak game yang mulai mencoba menggunakan visual 3D, tapi tidak berhasil memberikan kemampuan maksimal.

Namun, terdapat game PlayStation 1 dengan visual melampaui zamannya. Dengan keterbatasan teknologi saat itu, ternyata ada game yang mampu memaksimalkan kemampuan PlayStation 1. Game tersebut bisa kamu cek pada daftar di bawah ini.

1. Final Fantasy IX (2000)

Dengan visual yang menggabungkan dunia fantasi dan modern, Final Fantasy IX tampil luar biasa di zamannya. Game ini berhasil memanfaatkan kemampuan PlayStation 1 dengan maksimal. Setiap karakter dan dunia dibuat dengan halus dan berhasil menciptakan suasana yang diinginkan.

Square Enix sebagai pengembang berhasil memberikan yang terbaik dengan keterbatasan teknis. Adegan animasi yang muncul di game ini juga berhasil dibuat dengan gaya sinematik yang keren. Perpaduan semua itu berhasil membuat Final Fantasy IX jadi game yang melampaui zamannya.

2. Spyro: Year of the Dragon (2000)

Spyro: Year of the Dragon berhasil memberikan visual berwarna dan indah. Desain karakter pada game ini juga dibuat cukup detail dengan naga Spyro berwarna ungu yang lucu. Suasana permainan, latar belakang dunia berhasil dibuat dengan detail dan halus.

Selain itu, Spyro: Year of the Dragon menggunakan teknologi Level of Detail (LOD) yang membuat visual lebih tajam tanpa mengorbankan performa permainan. Mulai dari gerakan berjalan sampai terbang dianimasikan dengan baik dan terasa mulus. Hal ini membuat game tersebut terasa lebih canggih dari banyak game PlayStation 1 yang lain.

3. Macross VF - X2 (1999)

Bagi kamu penggemar pesawat dan shooter maka Macross VF - X2 cocok untukmu. Game ini memberikan visual yang keren dengan aksi pesawat tempur futuristik. Di zamannya, game ini jadi game pesawat tempur paling epik yang pernah dibuat.

Desain pesawat dan animasi serangan dibuat dengan baik dan memanjakan mata. Selain itu, pesawat yang kamu kendalikan juga bisa berubah menjadi robot raksasa sebagai ciri khas dari game ini. Macross VF - X2 berhasil memberikan pengalaman epik tentang pertempuran di luar angkasa.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Game Remastered SNES Terbaik, Bikin Nostalgia

4. Hokuto no Ken - Seikimatsu Kyūseishu Densetsu (2000)

Hokuto no Ken - Seikimatsu Kyūseishu Densetsu merupakan game aksi pertarungan yang diadaptasi dari manga Fist of the North Star. Game ini menghadirkan visual yang detail dalam hal lingkungan dan desain karakter. Animasi serangan juga dibuat dengan baik ditambah efek serangan yang keren.

Dengan keterbatasan teknologi, Hokuto no Ken - Seikimatsu Kyūseishu Densetsu berhasil memaksimalkan visual 3D dengan baik. Setiap gerakan yang dilakukan karakter memberikan efek yang keren dan memanjakan mata. Meskipun masih jauh dari standar modern, game ini tetap mampu melampaui zamannya.

5. Crash Bandicoot: Warped (1998)

Crash Bandicoot: Warped memberikan permainan yang simpel dan menghibur. Dengan visual berwarna dan cukup detail, permainan akan terasa santai dan hidup. Selain itu, efek cahaya, bayangan, dan animasi karakter yang halus memberikan visual yang melampaui kebanyakan game di zamannya.

Meskipun teknologi terbatas, game ini mampu menciptakan dunia yang dinamis dan interaktif. Setiap belokan, lokasi, atau tempat yang didatangi dibuat dengan detail dan baik. Crash Bandicoot: Warped tak hanya seru untuk dimainkan, tapi juga memukau untuk dilihat.

Sebagai konsol Legendaris, PlayStation 1 jadi rumah berbagai game seru dan ikonik. Meskipun memiliki kemampuan yang terbatas, game PlayStation 1 dengan visual melampaui zamannya di atas berhasil menepis itu semua. Yang terpenting adalah kreativitas dan inovasi yang terus dilakukan untuk kemajuan game tersebut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Game Nintendo DS yang Rilis di Smartphone

Verified Writer

Ali

Becoming the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya