Comscore Tracker

6 Jenis Layar Smartphone Masa Kini, Kenali Sebelum Membeli

Sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya

Dalam sebuah smartphone, layar adalah salah satu bagian yang paling penting. Sebab, inilah komponen yang menghubungkan interaksi antara pengguna dengan perangkat lunak yang digunakannya.

Layar ponsel masa kini sudah sangat berkembang dan memiliki beragam jenis. Nah, berikut ini 6 tipe layar pada smartphone, kenali dulu sebelum memilih, ya!

1. TFT LCD (Thin Film Transistor technology)

6 Jenis Layar Smartphone Masa Kini, Kenali Sebelum Membelisammobile.com

TFT LCD merupakan salah satu tipe layar yang paling banyak digunakan saat ini, khususnya pada ponsel entry-level. Kualitas gambar yang dimiliki layar jenis ini cukup bagus dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan layar LCD generasi sebelumnya.

Namun sudut pandang layar ini cenderung sempit dan visibilitasnya kurang baik saat terkena cahaya langsung atau sinar matahari.

2. IPS-LCD (In-Place Switching)

6 Jenis Layar Smartphone Masa Kini, Kenali Sebelum Membeligsmarena.com

IPS LCD merupakan tipe layar yang lebih baik ketimbang TFT LCD. Layar ini memberikan sudut pandang yang lebih luas dan konsumsi daya yang lebih rendah serta menghasilkan masa pakai baterai yang jauh lebih baik.

Dari segi harga, IPS LCD lebih mahal daripada TFT LCD. Oleh karenanya, layar ini hanya dimiliki pada smartphone kelas menengah ke atas.

3. Capacitive Touchscreen LCD

6 Jenis Layar Smartphone Masa Kini, Kenali Sebelum Membelimobilescout.com

Teknologi capacitive touchscreen memiliki lapisan kaca yang dilapisi dengan konduktor transparan. Ketika disentuh oleh jari, gangguan dibuat di layar medan elektrostatis (yang dapat diukur sebagai perubahan kapasitansi).

Ini selanjutnya dideteksi oleh prosesor yang selanjutnya akan menginstruksikan sistem operasi untuk memberikan hal yang sesuai dengan perintah dari pengguna.

Baca Juga: 5 HP Terjangkau dari Samsung dengan Layar AMOLED, Tampilan Jernih!

4. OLED (Organic Light Emitting Diode)

6 Jenis Layar Smartphone Masa Kini, Kenali Sebelum Membelipocket-lint.com

Ini adalah teknologi terbaru untuk layar smartphone dan monitor. Mengenai layar OLED, kamu akan menemukan bahan organik yang ditempatkan di antara dua lembar konduktor (anoda dan katoda), yang juga ditempatkan di antara pelat atas kaca dan pelat bawah kaca (substrat).

5. AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode)

6 Jenis Layar Smartphone Masa Kini, Kenali Sebelum Membelipocket-lint.com

AMOLED adalah jenis layar OLED yang berbeda untuk smartphone dan dengan cepat mendapatkan popularitas di segmen smartphone kelas atas. Layar AMOLED dapat menunjukkan kepada kita banyak hal yang bisa kita dapatkan pada layar OLED seperti reproduksi warna yang cemerlang, lebih terang, masa pakai baterai yang baik, kecerahan yang tepat serta warna hitam yang lebih pekat.

6. Super AMOLED

6 Jenis Layar Smartphone Masa Kini, Kenali Sebelum Membelit3.com

Layar Super AMOLED menggunakan tampilan AMOLED dan dikembangkan oleh Samsung. Super AMOLED dibuat dengan sensor sentuh yang ditempatkan pada layar itu sendiri, bukan membuat lapisan sensitif terpisah (seperti pada layar sentuh kapasitif). Ini menjadikannya teknologi layar tertipis di pasaran.

Layar Super AMOLED saat ini hanya ada di smartphone Samsung dan semoga lebih banyak smartphone dapat menggunakan teknologi ini di masa depan.

Itulah enam jenis layar yang umum disematkan pada smartphone masa kini. Hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan saat memilih ponsel. Milikmu pakai layar yang mana?

Baca Juga: 7 Alasan HP Mid-Range Lebih Layak Beli daripada Flagship di 2020

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bima Kristian Pranoto di IDN Times Community dengan judul Jangan Salah Pilih, Kenali 6 Jenis Layar Pada Smartphone Saat Ini

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya