Comscore Tracker

Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di Pasaran

Beberapa di antaranya batal diproduksi massal

Perkembangan ponsel pintar yang sangat pesat membuat sejumlah pabrikan bereksperimen menghadirkan smartphone yang inovatif dan unik. Namun, terkadang inovasi tersebut harus dibayar mahal. Hasil riset dan pengembangan ternyata tak sejalan dengan selera pasar.

HP ini adalah beberapa contohnya. Meski unik, mereka gagal bersinar di pasaran. Ponsel apa saja yang dimaksud?

1. Palm Phone

Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di Pasaranpalm.com

Ponsel ini memang mini seperti namanya. Ukurannya hanya sebesar telapak tangan atau kartu ATM, tapi berfungsi penuh. Ponsel ini memang didesain untuk mendukung gaya hidup minimalis, sebagai cadangan maupun pengganti smartphone pada umumnya.

Namun, sebagai HP cadangan, fungsinya bisa dengan mudah digantikan oleh smartwatch. Selain itu, jika kamu ingin menggunakannya sebagai smartphone utama, performanya juga tak begitu memuaskan. Serba tanggung, deh!

2. LG Optimus 3D 

Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di Pasarangeeky-gadgets.com

LG mencoba mengusung konsep smartphone yang revolusioner lewat Optimus 3D pada tahun 2011 silam. Tak hanya memiliki layar 3D, ponsel ini juga dilengkapi dua kamera untuk menangkap foto dan video tiga dimensi.

Namun, terlalu banyak keterbatasan yang dirasakan dari ponsel ini. Ketika masuk ke mode 3D, resolusi layar berkurang menjadi setengahnya. Selain itu, minimnya konten-konten berbasis tiga dimensi juga membuat HP ini tidak bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya.

3. Xiaomi Mi MIX Alpha

Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di PasaranYoutube.com/Marques Brownlee

Xiaomi mengumumkan Mi MIX Alpha yang digadang-gadang sebagai smartphone masa depan pada akhir tahun lalu. Ponsel ini memiliki layar yang membungkus bodi 360 derajat dan dibekali dengan spesifikasi yang unggul.

Sayangnya, smartphone ini akhirnya hanya jadi sebatas konsep. Sebabnya, Xiaomi gagal mengomunikasikan potensi-potensi dari Mi MIX Alpha ini. Selain itu, biaya pembuatannya yang mahal membuatnya gagal diproduksi massal.

4. Samsung Galaxy Beam

Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di Pasaranengadget.com

Apa jadinya kalau sebuah ponsel memiliki proyektor built-in? Samsung pernah membuatnya, yang dinamai Galaxy Beam. Proyektor yang menempel di bagian atas ini memungkinkanmu untuk menembakkan tampilan layar ke berbagai permukaan untuk bisa dilihat lebih banyak orang.

Namun, proyektor bukanlah fitur esensial yang sehari-hari digunakan banyak orang. Saat ini, fitur itu bisa dengan mudah digantikan oleh fitur screen cast yang bisa menghubungkan layar HP dengan TV. Terlebih lagi, Samsung harus mengorbankan banyak komponen lain hanya untuk menanamkan sebuah fitur yang gak terlalu penting.

Baca Juga: Apa Bedanya iPhone Refurbished, Rekondisi, Ex Inter, dan BM?

5. YotaPhone

Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di Pasaranxda-developers.com

Pada 2013, sebuah perusahaan asal Rusia bernama Yota membuat YotaPhone. Smartphone ini memiliki dua layar di masing-masing sisinya, yaitu LCD untuk layar utama dan layar monokrom di bagian belakang. Secara konsep, ponsel ini menarik karena kamu bisa membaca lebih nyaman dengan layar di bagian belakang yang minim konsumsi daya. 

Namun, menggunakan dua layar berarti mengorbankan banyak komponen lain, khususnya baterai. YotaPhone hanya mengandalkan baterai berkapasitas 1.800 mAh, yang justru membuat fitur utamanya jadi kurang berguna.

6. Dell Streak 5

Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di Pasaranengadget.com

Samsung bukanlah pabrikan pertama yang membuat phablet lewat seri Notenya. Pada 2010, Dell lebih dulu meluncurkan Dell Streak 5, sebuah phablet dengan layar 5 inci. Kalau dibandingkan dengan ponsel zaman sekarang, ukurannya terasa kecil banget.

Meski spesifikasinya sangat tinggi pada masanya, HP ini justru gagal di pasaran. Ukurannya yang besar saat itu tidak diperuntukkan bagi semua orang. Pada saat rilis, HP ini juga menggunakan versi Android yang ketinggalan zaman. 

Ditambah lagi, Dell membuat UI khusus untuk memanfaatkan ukuran layar secara maksimal. Namun, hal ini justru membuatnya kurang intuitif dan sulit dioperasikan.

7. Sony Xperia Play 

Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di Pasaranslashgear.com

Tak bisa dimungkiri, kamu mungkin sangat tertarik dengan Sony Xperia Play saat pertama kemunculannya. HP ini menawarkan pengalaman bermain ala PlayStation dan memiliki controller fisik dengan desain slide

Ada puluhan judul game yang bisa kamu mainkan, termasuk beberapa game PS One. Kelebihannya menjadikannya sebagai gaming smartphone pertama di dunia.

Namun, di masa itu, Android masih belum siap dengan ponsel gaming. Hampir tidak ada Android game yang mendukung controller yang dimiliki Xperia Play, selain yang sudah bekerja sama dengan Sony. Selain itu, controller fisik juga membuat ponsel ini terlalu tebal dan mahal. 

8. Meizu Zero 

Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di Pasaranmobilescout.com

Meizu Zero digadang-gadang menjadi smartphone tanpa lubang pertama di dunia. Itu artinya, HP ini tak memiliki port USB, earphone jack, dan slot kartu SIM. Tak ada pula lubang speaker maupun tombol fisik. Meski begitu, ia masih memiliki lubang kecil untuk mikrofon.

Sayangnya, smartphone tanpa lubang bukanlah nilai jual yang menarik bagi konsumen. Selain itu, tidak adanya lubang USB untuk mengisi daya membuat ponsel ini harus berada di charging dock selama proses pengisian daya.

9. Energizer P18K

Usung Konsep Unik, 9 HP Inovatif Ini Gagal Bersinar di Pasarantheverge.com

Mungkin ini adalah salah satu kegagalan paling konyol dalam industri smartphone akibat kesalahan dalam membaca pasar. Memang, semua orang menginginkan kapasitas baterai besar bagi ponselnya. Namun, yang dilakukan Energizer sungguh di luar dugaan.

Energizer menciptakan smartphone dengan kapasitas baterai 18 ribu mAh, yang diklaim mampu bertahan hingga 50 hari dalam sekali charge. Meski spesifikasinya lumayan, bentuknya yang setebal batu bata membuatnya gagal total sebelum diproduksi massal.

Konsep yang unik dan inovatif pada suatu ponsel ternyata belum tentu diterima publik dengan baik. Deretan HP di atas harus gigit jari karenanya. Mana yang menurutmu paling unik?

Baca Juga: 10 HP Android Mid-range Terbaik dengan RAM 8GB di 2020, Anti Lemot!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dita Restuti di IDN Times Community dengan judul Niatnya Inovatif, 9 HP Ini Malah Gagal di Pasaran

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya