Comscore Tracker

Pernah Dapat Penolakan, 5 Fakta Unik Seputar Mouse Komputer

Penemunya gak dapat uang sepeser pun dari patennya

Mouse atau tetikus merupakan salah satu bagian yang esensial dalam pengoperasian komputer. Perangkat keras ini membantu kita untuk memasukkan beragam perintah di layar, seperti pointing, scrolling, dragging, dan beragam fungsi lainnya. 

Mouse pada umumnya memiliki dua tombol kiri dan kanan, serta sebuah "roda" di tengah untuk scrolling. Pada laptop, fungsi mouse digantikan oleh sebuah papan datar mungil bernama touchpad yang dilengkapi dengan sejumlah fungsi gestur. Meski begitu, masih banyak yang tetap lebih nyaman menggunakan tetikus dibandingkan touchpad.

Peran tetikus bagi pemakai komputer tidak lepas dari fakta dan sejarah unik tentangnya. Ini dia sejumlah fakta unik seputar mouse!

1. Mouse diciptakan oleh Douglas Engelbart, peneliti dari Universitas Stanford

Pernah Dapat Penolakan, 5 Fakta Unik Seputar Mouse Komputertheverge.com

Perangkat mouse pada komputer pertama kali dicetuskan oleh Douglas Engelbart, peneliti dari Universitas Stanford, Amerika Serikat. Ia pun mengembangkan prototipe pertama perangkat tersebut pada tahun 1963. Kemudian, ia resmi memperkenalkannya pada sebuah konferensi tentang komputer pada tahun 1968.

Mouse ciptaannya terbuat dari balok kayu yang di dalamnya terdapat bola yang dapat bergulir. Terdapat kabel pada mouse  untuk menghubungkannya ke komputer. Adanya bola bergulir inilah yang menjadi acuan pembuatan mouse selama beberapa dekade, sebagaimana dilansir Computer History.

Sayangnya, ia tidak memperoleh sepeser pun dari paten atas mouse yang diciptakannya. Sebab, masa berlaku paten tersebut habis sebelum produksi massal mouse untuk digunakan pada semua komputer di seluruh dunia. Lebih tepatnya, hal tersebut terjadi sebelum tahun 1983.

2. Nama 'mouse' dipakai karena bentuknya seperti tubuh tikus

Pernah Dapat Penolakan, 5 Fakta Unik Seputar Mouse Komputerpixabay.com/Hans

Perangkat ini dinamai mouse karena bentuknya seakan-akan seperti tubuh tikus yang menjorok ke bawah. Ditambah lagi adanya kabel penghubung mouse pada komputer yang diibaratkan sebagai ekornya.

Namun, versi awal mouse pernah dinamai dengan 'turtle' yang berarti 'penyu'. Sebab, ada satu perusahaan teknologi yang memanfaatkan kemiripan bentuk mouse dengan bentuk cangkang penyu.

Baca Juga: Jangan Buru-buru, Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Mulai Memakai Laptop Baru

3. Keberadaan mouse pernah mendapat penolakan pada tahun 1984

Pernah Dapat Penolakan, 5 Fakta Unik Seputar Mouse Komputerpexels.com/Vojtech Okenka

Walaupun kehadirannya mempermudah pengoperasian komputer, mouse pernah mendapatkan penolakan, lho!

Pada tahun 1984, seorang kolumnis asal Amerika Serikat, John C. Dvorak, menulis pada koran The San Francisco Examiner yang mana salah satu kutipannya adalah sebagai berikut:

Tidak ada bukti bahwa orang ingin menggunakan hal-hal ini (mouse komputer).

Tentu saja pernyataannya tersebut sangat tidak benar di masa kini. Hal tersebut dibuktikan dengan perangkat komputer modern, termasuk laptop, yang disertai dengan mouse sewaktu diproduksi saat ini. Kita sendiri pun merasa janggal ketika melihat suatu komputer yang tidak disertai dengan mouse.

4. Mouse Rage Syndrome merupakan sindrom melempar mouse ketika sedang marah

Pernah Dapat Penolakan, 5 Fakta Unik Seputar Mouse Komputerpexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu pasti terheran-heran ketika mendengar bahwa ada sindrom psikologis yang disebabkan oleh mouse. Sindrom tersebut dinamakan Mouse Rage Syndrome yang menyebabkan seseorang melemparkan mouse ketika sedang emosi. 

Dilansir Network Computing, gejala sindrom tersebut dimulai dari jantung berdetak dengan cepat dan berkeringat dalam jumlah yang banyak sehingga memicu seseorang untuk melemparkan mouse. Penyebabnya sering disebabkan oleh koneksi internet yang lambat, iklan-iklan online  yang mengganggu, dan penyebab lainnya.

Jadi, jangan biarkan kamu mengalami sindrom ini. Ketika ada masalah yang disebabkan oleh komputer dan internetmu, tetaplah tenang dan berpikir dengan jernih untuk menyelesaikan masalahnya.

5. Ada dua penulisan bentuk plural untuk 'mouse' dalam bahasa Inggris

Pernah Dapat Penolakan, 5 Fakta Unik Seputar Mouse Komputerpixabay.com/HVesna

Kata 'computer mouse' telah dimasukkan ke dalam kamus bahasa Inggris teranyar di dunia, The Oxford English Dictionary. Namun, kita sering bingung apa bentuk plural (jamak) dari kata tersebut. Untungnya, kamus tersebut memasukkan dua bentuk plural dari 'computer mouse', yaitu 'computer mice' dan 'computer mouses'.

Dua-duanya sama-sama benar kok, jadi kamu bisa memakai salah satunya. Namun, beberapa sumber menyarankan agar kamu menuliskan bentuk plural dari mouse pada esai ilmiah bahasa Inggrismu dengan kata 'computer devices'.

Itulah sejumlah fakta unik seputar mouse komputer yang mungkin belum kamu tahu. Semoga menambah pengetahuanmu terkait teknologi, ya!

Baca Juga: Ternyata Mudah, Ini Cara Ubah Laptop Jadul Jadi Serasa Chromebook!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nuraina Fika Lubis di IDN Times Community dengan judul 5 Fakta Unik tentang Mouse Komputer yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya