Comscore Tracker

6 Cara Pakai 2 WhatsApp di HP Android, Gak Perlu Aplikasi Tambahan

Ternyata HP Androidmu sudah punya fitur ini, lho!

Sebagai salah satu aplikasi perpesanan paling populer, WhatsApp punya peran vital bagi komunikasi sehari-hari. Sebagian orang bahkan memiliki lebih dari 1 akun, biasanya untuk memisahkan antara pribadi dan kerja atau bisnis.

Namun, bagaimana caranya punya dua akun dalam satu HP? Nah, ternyata HP Androidmu punya kemampuan untuk menggunakan 2 WhatsApp pada satu perangkat. SImak caranya berikut ini!

1. Cara pakai dua WhatsApp di Samsung: Dual Messenger

https://www.youtube.com/embed/fb_8fqSbXVg

Untuk menggunakan dua akun WhatsApp di HP Samsung, kamu bisa menggunakan fitur bernama Dual Messenger yang sudah tersemat di One UI. Tak cuma WhatsApp, kamu juga bisa menggandakan aplikasi sosial lainnya seperti Facebook dan Telegram.

Caranya, masuklah ke menu Settings, pilih Advanced Features, lalu pilih Dual Messengers. Menu akan menampilkan daftar aplikasi yang dapat digunakan dengan Dual Messenger. 

Selanjutnya, geser tombol pada aplikasi yang ingin digandakan, lalu klik Install. Baca Disclaimer dan klik Confirm. Aplikasi kedua siap digunakan. Kamu bisa memisahkan kontak dari aplikasi utama jika mau.

2. Oppo dan Realme: App Cloner

https://www.youtube.com/embed/u6jIfhP3WN8

Fitur serupa juga sudah tersedia di HP Oppo dan Realme, yang dinamakan App Cloner. Kamu bisa menemukannya di menu Settings, kemudian pilih App Cloner (atau bernama Clone Apps pada HP versi yang lebih lama).

Pilihlah aplikasi WhatsApp, lalu ketuk untuk konfirmasi menggandakan aplikasi. Kamu juga bisa mengubah nama aplikasinya dengan memilih Rename Cloned App.

3. Xiaomi: Dual Apps

https://www.youtube.com/embed/9U5Tnhqqn0o

Untuk yang menggunakan Xiaomi, MIUI juga memiliki fitur yang sama, dengan nama Dual Apps. Caranya buka menu Settings, pilih Dual Apps, lalu pilih WhatsApp dan aktifkan. Aplikasi akan digandakan oleh sistem.

Kembali ke home screen, kamu akan menemukan WhatsApp kedua sudah terpasang dan siap digunakan. Gampang, bukan?

Baca Juga: 5 Fitur WhatsApp Terbaru di 2020, Siap-siap Update!

4. vivo: App Clone

https://www.youtube.com/embed/LX4dNXI1NvE

Pengguna HP vivo juga bisa menggunakan aplikasi ganda. Caranya, buka menu Settings, scroll ke bawah sampai menemukan pilihan App Clone. Selanjutnya, geser tombol pada WhatsApp untuk mengaktifkan aplikasi kedua. Setelah muncul notifikasi, kamu akan menemukan klon WhatsApp di home screen.

5. ASUS: Twin Apps

https://www.youtube.com/embed/gdd6M0yt-M0

Buat kamu yang menggunakan HP Asus, begini cara mengaktifkan WhatsApp ganda di ponselmu. Pertama, masuklah ke menu Settings, pilih Advanced, lalu pilih Twin Apps. Daftar aplikasi yang bisa diklon akan muncul.

Lalu, geser tombol pada WhatsApp. Setelahnya, akan muncul notifikasi jika aplikasi berhasil digandakan. Aplikasi kedua siap digunakan untuk akunmu yang lainnya.

6. Huawei: App Twin 

https://www.youtube.com/embed/NXedXJVf3x8

Di ponsel Huawei, fitur pengganda aplikasi ini bernama App Twin. Menu ini bisa kamu temukan dengan masuk ke menu Settings, pilih Apps, lalu ketuk pilihan App Twin

Selanjutnya, tinggal aktifkan dengan menggeser tombol pada WhatsApp. Aplikasi yang sudah diklon akan muncul di home screen.

Nah, itulah cara menggunakan dua aplikasi WhatsApp pada satu HP Android beserta langkah-langkah lengkapnya. Selain WhatsApp, kamu juga bisa menggandakan aplikasi lainnya, lho! Yuk, dicoba!

Baca Juga: Ini Cara Atur WhatsApp Agar Kuota Internet Lebih Hemat!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dita Restuti di IDN Times Community dengan judul 6 Cara Punya Akun WhatsApp Dobel di HP Android, Mudah Tanpa Aplikasi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya