Comscore Tracker

Beli HP Baru, Pastikan 7 Hal Kamu Lakukan Terlebih Dulu!

Jangan asal langsung dipakai

Ketika mendapatkan smartphone baru, kamu pasti gak sabar ingin menjajal berbagai fiturnya maupun menginstal aplikasi favorit. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu. 

Langkah-langkah berikut ini dilakukan untuk memastikan ponselmu dapat bekerja dengan performa optimal. Lantas apa saja hal yang perlu kamu lakukan setelah membeli HP baru? Simak ulasannya berikut ini!

1. Matikan HP dan isi daya sampai 100 persen

Beli HP Baru, Pastikan 7 Hal Kamu Lakukan Terlebih Dulu!popsci.com

Saat pertama kali dinyalakan, baterai smartphone baru biasanya hanya terisi 50 persen. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mematikan gadget dan mengisinya hingga baterai penuh. Waktu pengisian daya ini memakan waktu antara 2-3 jam, tergantung dari kapasitas baterai HP tersebut.

Setelahnya, barulah kita melakukan proses aktivasi dengan memasukkan kartu SIM di smartphone baru kita dan melakukan setting awal, jelas laman Verizon Wireless.

2. Mengatur kata sandi dan layar kunci untuk melindungi privasi

Beli HP Baru, Pastikan 7 Hal Kamu Lakukan Terlebih Dulu!vaaju.com

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengatur privasi dengan membuat kata sandi, nomor PIN atau pola untuk keamanan smartphone kita. Kalau tersedia, kamu juga bisa memanfaatkan fitur face lock atau sidik jari. Hal ini berguna untuk mencegah seseorang melanggar privasi kita dan membuka isi gadget tanpa izin dari kita.

3. Segera terkoneksi dengan akun Google

Beli HP Baru, Pastikan 7 Hal Kamu Lakukan Terlebih Dulu!eloutput.com

Banyak layanan aplikasi yang membutuhkan akun Google. Di ponsel Android, akun Google adalah hal yang wajib dimiliki. Apalagi, jika kamu terbiasa menggunakan sejumlah layanan Google seperti Gmail, Google Maps, Google Chrome, Google Drive dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memiliki akun Google dan bisa menggunakannya untuk login saat pengaturan awal.

Baca Juga: Performa Juara, 8 HP Flagship dengan Snapdragon 865 Plus Harganya

4. Menginstal aplikasi yang kita butuhkan

Beli HP Baru, Pastikan 7 Hal Kamu Lakukan Terlebih Dulu!androidpit.com

Sebenarnya, ada beberapa aplikasi penting yang sudah disediakan dari smartphone, sehingga kita tak perlu mengunduh lagi. Namun, tentunya kita masih perlu mengunduh aplikasi lain yang kita butuhkan, seperti aplikasi edit foto misalnya. Pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang jelas, seperti Google Playstore atau AppStore.

5. Sebelum kuota jebol, unduh aplikasi data plan dulu!

Beli HP Baru, Pastikan 7 Hal Kamu Lakukan Terlebih Dulu!smarthostingplans.com

Memiliki smartphone baru membuat kita lupa diri, asyik menjelajahi fiturnya dan mengunduh banyak aplikasi baru. Tanpa disadari, hal itu bisa membuat kuota jebol, lho! Solusinya, pasang aplikasi data plan dulu untuk mencegah kita menggunakan paket internet di luar batas dan untuk melacak pemakaian data kita setiap bulan.

6. Melakukan pembaruan perangkat lunak jika tersedia

Beli HP Baru, Pastikan 7 Hal Kamu Lakukan Terlebih Dulu!popsci.com

Jangan lupa untuk update jika ada pembaruan perangkat lunak. Pembaruan software ini berfungsi untuk memperbaiki bug dan kekurangan serta menambahkan fitur baru.

Biasanya, ada notifikasi pembaruan dan kita diingatkan untuk melakukan update. Lebih baik, pakai WiFi saat melakukan update karena ukuran file-nya rata-rata besar.

7. Jangan ragu untuk mengklaim garansi apabila ada kerusakan

Beli HP Baru, Pastikan 7 Hal Kamu Lakukan Terlebih Dulu!newstracklive.com

Saat membeli smartphone baru, kita mendapatkan garansi apabila ada kerusakan dari pabrik. Garansi ini tidak termasuk apabila ada kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan pengguna, seperti terjatuh, terbanting atau terkena air.

Apabila menemui masalah yang memang bawaan dari pabrik, kamu bisa mengajukan garansi. Jangan mau rugi, ya!

Jadi, pastikan kamu melakukan hal-hal di atas setelah membeli HP baru agar pengalaman yang kamu rasakan bisa optimal. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 HP Flagship dari 2019 yang Masih Layak Beli di Tahun 2020

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya