Comscore Tracker

Diprediksi Laris Manis, 7 Handphone ini Malah Gagal Total di Pasaran 

Investasi sebesar US$1 miliar jadi sia-sia

Tak selamanya produk baru mampu menarik perhatian publik. Hal ini dialami oleh berbagai macam merek pabrik pembuat handphone. Dari tahun 2003 hingga 2016 terdapat 7 handphone baru yang harus ditarik dari pasaran. 

Alasan penarikannya beragam, mulai dari bentuk yang tidak menarik hingga masalah iklan penjualan yang  tidak dianggap mewakili brand.

Kira-kira, produk handphone apa aja yang gagal di pasaran? 

1. Nokia N-Gage (2003)

Diprediksi Laris Manis, 7 Handphone ini Malah Gagal Total di Pasaran en.wikipedia.org

Siapa yang tak tahu ponsel fenomenal ini? Nokia N-Gage pertama kali diluncurkan pada 7 Oktober 2003 dan didesain khusus sebagai telepon pintar, sekaligus konsol permainan genggam. Nokia N-Gage memiliki OS Symbian v6.1. Terlihat menjanjikan untuk menarik orang yang addict dengan game?

Nyatanya tidak, justru Nokia N-Gage gagal di pasaran. Hal ini karena sebagian tombol tidak dirancang untuk bermain game. Alhasil, banyak pengguna yang mengaku tak nyaman bermain game dengan Nokia N-Gage. Di tahun selanjutnya, Nokia merilis versi revisi dari ponsel ini, yang diperkenalkan sebagai Nokia N-Gage QD.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 10 Hal Pribadi Milikmu yang Bisa Diketahui Google!

2. Motorola Rokr E1 (2005)

Diprediksi Laris Manis, 7 Handphone ini Malah Gagal Total di Pasaran theinformr.com

Motorola Rokr E1 diluncurkan pada 7 September 2005 dan merupakan ponsel pertama yang terintegrasi dengan layanan pemutar musik iTunes milik Apple. Ini merupakan ponsel dengan desain candybar dan memiliki antarmuka yang mirip dengan iPod, pemutar musik buatan Apple.

Namun, Motorola Rokr E1 hanya dilengkapi dengan kartu memori microSD berukuran 512 MB dan bisa di-upgrade hingga maksimal 1 GB saja. Parahnya, firmware-nya hanya bisa memuat 100 lagu saja. Selain itu, transfer file musik tergolong lambat dan kurang dukungan USB berkecepatan tinggi. Tak heran jika penjualannya di bawah ekspektasi, walaupun promosi dan pemasarannya maksimal. 

3. Blackberry Storm (2008)

Diprediksi Laris Manis, 7 Handphone ini Malah Gagal Total di Pasaran pocket-lint.com

Blackberry Storm adalah handphone layar sentuh yang dikembangkan oleh Research in Motion (RIM), perusahaan teknologi asal Kanada. Pertama kali diluncurkan pada 14 November 2008, kompetitor utama Blackberry Storm pada masa itu adalah iPhone, yang lebih dulu dirilis pada 29 Juni 2007.

Kegagalan Blackberry Storm adalah RIM terlambat menyadari bahwa ponsel layar sentuh adalah sebuah masa depan yang gemilang. RIM lebih banyak memproduksi ponsel dengan keyboard QWERTY dan terlambat membuat hp layar sentuh.

Meskipun dirilis dengan layar sentuh, faktanya layar sentuh Blackberry Storm cenderung tidak responsif dan sering mengalami bug. Bahkan, kritikus New York Times, David Pogue membandingkan pengalaman memakai Blackberry Storm seperti memakai mesin ketik manual. Apakah seburuk itu?

4. Motorola Aura R1 (2009)

Diprediksi Laris Manis, 7 Handphone ini Malah Gagal Total di Pasaran pursuitist.com

Tolong jangan tertawa, karena Motorola Aura R1 sering disebut sebagai dumbphone oleh para kritikus di luar sana. Hal ini karena bentuknya yang aneh dengan layar berbentuk bundar dan kecil, namun dengan harga yang tak masuk akal, yakni US$2 ribu atau setara dengan Rp18,8 juta di tahun tersebut! Angka ini telah dihitung dengan kurs IDR terhadap USD di tahun 2009 di mana US$1 setara dengan Rp9.403.

Motorola sengaja mendesain ponsel ini seperti arloji tangan yang mewah, namun kenyataan berbanding terbalik dengan ekspektasi. Motorola Aura R1 tak laku, sementara brand lain di kala itu lebih fokus membuat ponsel dengan model QWERTY atau layar sentuh.

Baca Juga: 10 Negara Pengguna Ponsel Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

5. Microsoft Kin One & Kin Two (2010)

Diprediksi Laris Manis, 7 Handphone ini Malah Gagal Total di Pasaran windowscentral.com

Microsoft Kin One dan Kin Two mulai beredar di pasaran pada 14 Mei 2010. Dalam waktu dua bulan, Verizon berhenti menjual hp ini karena penjualannya yang buruk. Padahal, Microsoft Kin One dan Kin Two dirancang untuk pria dan wanita muda berusia 15-30 tahun dan didesain agar pengguna lebih mudah bersosialisasi dengan sesamanya.

Diprediksi Laris Manis, 7 Handphone ini Malah Gagal Total di Pasaran wired.com

Alokasi dana US$1 miliar yang diberikan Microsoft untuk investasi dan pengembangan platform Microsoft Kin terasa sia-sia. Alhasil, dalam waktu singkat, hp ini tidak diproduksi lagi dan tidak beredar di pasaran.

Yang menyebabkan Microsoft Kin jeblok di pasaran bukan hanya karena penjualan yang buruk, tetapi juga karena iklan yang tidak pantas dan dianggap mempromosikan seks. Selain itu, kegagalannya juga karena Verizon Wireless dianggap tidak cukup pintar dalam mempromosikan handphone ini.

6. AEsir AE+Y (2011)

Diprediksi Laris Manis, 7 Handphone ini Malah Gagal Total di Pasaran velverse.com

Satu lagi golongan ponsel yang didesain mewah, namun berakhir menjadi barang rongsokan: AEsir AE+Y. Ponsel ini memiliki lapisan emas di permukaannya dan dijual dengan harga £36.000 atau setara dengan Rp506,77 juta! Angka ini telah dihitung dengan kurs IDR terhadap Poundsterling di tahun 2011, di mana £1 setara dengan Rp14.077.

Mirisnya, di saat brand lain berlomba-lomba membuat ponsel layar sentuh, AEsir AE+Y justru bertahan dengan keypad jadul. Bahkan, ponsel ini tak bisa dibuat menjelajah internet atau aplikasi! Lalu, untuk apa membuang-buang uang untuk ponsel ini? Tak heran jika ponsel ini gagal di pasaran. Who's gonna buy it, anyway?

7. Samsung Galaxy Note 7 (2016)

Diprediksi Laris Manis, 7 Handphone ini Malah Gagal Total di Pasaran theverge.com

Terakhir, siapa sih yang tak kenal Samsung Galaxy Note 7? Sebelum diluncurkan pada 19 Agustus 2016, smartphone ini menuai pujian dari berbagai pihak. Namun faktanya smartphone ini menjadi satu-satunya hp yang dilarang untuk dibawa bepergian lewat udara, karena baterainya yang rentan panas, terbakar dan meledak. Mengerikan!

Diprediksi Laris Manis, 7 Handphone ini Malah Gagal Total di Pasaran cnn.com

Tak sedikit Galaxy Note 7 yang terbakar, meledak dan mencederai pemiliknya. Untuk menghindari kerugian lebih lanjut, pihak Samsung pun memutuskan untuk menarik smartphone ini. Padahal, jika tak punya masalah pada baterainya, smartphone ini akan menjadi hit dan dapat menyaingi iPhone.

Nah, itulah 7 handphone yang gagal di pasaran. Apakah kamu pernah memiliki salah satu di antaranya?

Baca Juga: 6 Hal Unik Ini Pasti Kamu Lakukan Saat Masih Menggunakan Ponsel Jadul

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You