7 Smartphone Terbaik yang Menggunakan Android Stock di Agustus 2019

Lebih responsif karena minim bloatware

Umumnya, pabrikan ponsel Android menyematkan UI kustom pada smartphone mereka. Selain memberi ciri khas pada desain, UI kustom juga dibekali dengan sejumlah fitur menarik. Sebut saja OxygenOS dari OnePlus dan One UI dari Samsung.

Meski begitu, UI kustom kerap mengandung bloatware. Bagi mereka yang menginginkan ponsel dengan tampilan yang bersih, sederhana, dan minim bloatware, Android stock bisa menjadi pilihan.

Nah, jika kamu termasuk orang yang menyukai Android stock, maka 7 smartphone berikut layak jadi pilihanmu.

1. Google Pixel 3 XL

7 Smartphone Terbaik yang Menggunakan Android Stock di Agustus 2019androidauthority.com

Pixel 3XL dari Google menjadi smartphone dengan Android stock terbaik yang ada di pasaran saat ini. Pixel 3 XL mengemas spesifikasi yang mengesankan bersama dengan kualitas kamera yang fantastis.

Lebih lengkapnya, Pixel 3 XL dibekali dengan layar 6,3 inci beresolusi QHD+, Snapdragon 845, RAM 4GB, penyimpanan internal 64/128GB dan baterai 3,430mAh. Untuk sektor fotografi, Pixel 3 membawa satu kamera belakang (12,2MP) dan dua kamera depan (8MP+8MP), yang keduanya dilengkapi dengan software mumpuni guna hasil foto yang memuaskan.

2. Nokia 9 Pureview

7 Smartphone Terbaik yang Menggunakan Android Stock di Agustus 2019gizmodo.com.au

Tidak jauh berbeda dari Google Pixel 3, Nokia 9 PureView juga hadir dengan spesifikasi luar biasa, desain yang cantik dan penampilan anti-mainstream berkat konfigurasi lima kamera belakang yang dibawa. Kameranya sendiri menggunakan optik Zeiss dan dikembangkan bersama dengan developer kamera L16 terkenal, Light.

Untuk spesifikasi ditenagai, Nokia 9 PureView ditenagai oleh Snapdragon 845, RAM 6GB, penyimpanan internal 128GB dan baterai 3,320mAh. Ini menggunakan tema Android stock, mendukung wireless charging dan telah dilengkapi dengan sensor fingerprint dalam layar.

3. Motorola One Vision

7 Smartphone Terbaik yang Menggunakan Android Stock di Agustus 2019softpedia.com

Termasuk ke dalam keluarga Android One, Motorola One Vision menawarkan tampilan Android stock yang sederhana bersama dengan desain yang mewah, kamera berkualitas dan performa yang solid. Ini dipersenjatai oleh Exynos 9609, RAM 4GB, penyimpanan internal 128GB dan baterai 3,500mAh.

Selain itu, ini juga memiliki layar 6,3 inci beresolusi FHD+ dengan punch-hole di bagian pojok kiri atas. Untuk fitur lain, Motorola One Vision membawa NFC, rating IP52 untuk ketahanan terhadap cipratan air dan sensor fingerprint yang terletak di bagian belakang.

Baca Juga: 7 Smartphone Flagship Terbaik dengan Harga Terjangkau Dompet di 2019

4. Google Pixel 3a

7 Smartphone Terbaik yang Menggunakan Android Stock di Agustus 2019ign.com

Dengan Pixel 3 yang terlalu mahal, Google akhirnya merilis alternatifnya yang lebih murah yaitu Pixel 3a. Ini merupakan smartphone Android stock kelas mid-range yang mungkin tidak sekuat Pixel 3, namun lebih dari cukup untuk pengguna rata-rata.

Pixel 3a dibekali dengan Snapdragon 670, yang ditemani oleh RAM 4GB, penyimpanan internal 64GB dan baterai 3,000mAh. Ini tidak memiliki dukungan wireless charging dan rating IP, namun dilengkapi dengan port headphone jack yang sempat hilang di Pixel 3. Google sendiri menjanjikan dukungan pembaruan software untuk Pixel 3a hingga Mei 2022.

5. Nokia 8.1

7 Smartphone Terbaik yang Menggunakan Android Stock di Agustus 2019androidauthority.com

Meski memiliki penamaan yang sama, Nokia 8.1 nyatanya tidak berada di kelas yang sama dengan Nokia 8 atau Nokia 8 Sirocco. Nokia 8.1 merupakan smartphone mid-range yang menjadi salah satu anggota keluarga Android One.

Ini berjalan di Android 9 Pie versi stock dan dibekali dengan spesifikasi seperti Snapdragon 710, RAM 4GB, penyimpanan internal 64GB dan baterai 3,500mAh. Selain itu, ini juga memiliki layar 6,18 inci beresolusi FHD+, dua kamera belakang (sensor utama 12MP f/1.8 + sensor depth 13MP dengan OIS) dan satu kamera depan 20MP.

6. Xiaomi Mi A3

7 Smartphone Terbaik yang Menggunakan Android Stock di Agustus 2019wylsa.com

Smartphone Android One terbaru dari Xiaomi menjadi pilihan yang sempurna bagi kamu yang sedang mencari smartphone murah dengan Android stock. Adalah Xiaomi Mi A3 yang datang dengan layar 6 inci beresolusi HD+, Snapdragon 665, RAM 4GB, penyimpanan 64/128GB dan baterai 4,030mAh.

Ini juga dilengkapi dengan tiga kamera belakang (48MP+8MP+2MP) dan satu kamera depan (32MP). Fitur lain, Mi A3 dibekali dengan headphone jack yang sempat ditiadakan di Mi A2 dan sensor fingerprint dalam layar yang kekinian.

7. Motorola One Power

7 Smartphone Terbaik yang Menggunakan Android Stock di Agustus 2019techengage.com

Sesuai namanya, Motorola One Power membawa ‘power’ atau tenaga yang lebih dibanding anggota Motorola One lain. Salah satu yang paling mencolok adalah baterainya yang berkapasitas 5,000 mAh. Untuk spesifikasi utama, Motorola One Power cukup mengesankan dengan Snapdragon 636, RAM 3/4/6GB dan penyimpanan internal 32/64GB.

Ini berjalan di Android 8.1 Oreo versi stock yang bisa di-upgrade ke Android 9 Pie. Untuk masalah desain, smartphone yang dirilis pada Oktober tahun lalu ini, tidak jauh berbeda dari saudara-saudaranya dengan body berbahan kaca yang premium.

Nah, buat kamu yang jadi penggemar smartphone dengan Android stock, kira-kira bakal pilih yang mana nih?

Baca Juga: Murah Meriah, Ini 5 Smartphone Gaming Mumpuni Dibawah Rp4 Juta!

Topic:

  • Paulus Risang
  • Septi Riyani

Just For You