Comscore Tracker

Fiturnya Menarik, 7 HP Canggih Ini Dipandang Sebelah Mata di 2020

Padahal spesifikasi dan fiturnya fantastis, lho!

Ada banyak smartphone dengan fitur menakjubkan yang dirilis di tahun 2020. Sayangnya, gak semua ponsel canggih ini mendapat perhatian yang seharusnya. Smartphone flagship seperti OnePlus 8 Pro, dan Samsung Galaxy S20 Series adalah contoh ponsel yang sangat menarik perhatian.

Namun sederet HP dari brand besar di bawah ini malah gak dilirik. Yuk, tengok tujuh HP canggih yang justru dipandang sebelah mata di 2020!

1. ASUS Zenfone 7 Series

Fiturnya Menarik, 7 HP Canggih Ini Dipandang Sebelah Mata di 2020nextpit.com

Setelah Zenfone 6 dari ASUS yang kurang dilirik di 2019, nasib tersebut berlanjut ke penerusnya, Zenfone 7 dan 7 Pro. ASUS masih mempertahankan mekanisme kamera flip pada Zenfone 7 Series dan bahkan menambahkan satu kamera lagi untuk total tiga kamera belakang.

Selain itu, perangkat ini juga didukung konektivitas 5G, layar OLED dengan refresh rate 90Hz, fitur fast-charging 30W, serta kemampuan perekaman video di resolusi 8K. Salah satu alasan mengapa HP ini dipandang sebelah mata mungkin adalah harganya yang naik cukup signifikan dibanding pendahulunya.

2. Sony Xperia 5 II

Fiturnya Menarik, 7 HP Canggih Ini Dipandang Sebelah Mata di 2020techadvisor.co.uk

Sony harus berjuang keras untuk bersaing di pasar smartphone beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2020, mereka merilis dua HP flagship menakjubkan yaitu Xperia 1 II dan Xperia 5 II. Yang terakhir jadi salah satu HP terbaik Sony dan akan dibahas lebih lanjut.

Meski kurang dilirik, Xperia 5 II dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni seperti layar OLED dengan refresh rate 120Hz untuk animasi mulus, Snapdragon 865 yang kencang dan baterai 4,000mAh yang dapat bertahan hingga satu hati penuh. Gak cuma itu, HP ini juga menawarkan tiga kamera belakang berkekuatan 12MP pada tiap lensanya.

3. LG Wing

Fiturnya Menarik, 7 HP Canggih Ini Dipandang Sebelah Mata di 2020androidpit.com

LG Wing menawarkan bentuk yang gak lazim. Alih-alih layar lipat, HP kelas mid-range ini punya layar kedua yang tersembunyi di layar utama dan baru bisa muncul apabila layar utamanya diputar ke posisi horizontal.

LG mengaplikasikan konsep ini untuk multitasking yang lebih baik, namun sayangnya tidak banyak orang yang tertarik dengan konsep itu. Wing sendiri juga punya banderol harga layaknya flagship namun untuk spesifikasi seperti Snapdragon 765G, layar OLED FHD+ yang belum mendukung refresh rate tinggi dan baterai 4,000mAh.

Baca Juga: Sudah Gak Zaman, 7 Tren Smartphone Ini Gak Cocok Diusung di 2021

4. LG Velvet

Fiturnya Menarik, 7 HP Canggih Ini Dipandang Sebelah Mata di 2020t3.com

HP lainnya dari LG yang ini memang lebih mainstream. Tidak seperti Wing, Velvet merupakan HP konvensional dengan desain yang menarik, body yang tipis dan desain kamera selfie waterdrop yang terkesan klasik.

Velvet juga mengambil rute mid-range alih-alih flagship, yang sangat berbeda dari kebiasaan LG dalam beberapa tahun terakhir. Snapdragon 765G jadi dapur pacu utama HP ini, lalu layarnya berpanel OLED dengan resolusi FHD+ namun masih memiliki refresh rate standar. Meskipun begitu, Velvet hadir dengan fitur seperti rating IP dan wireless charging.

5. Vivo X50 Pro

Fiturnya Menarik, 7 HP Canggih Ini Dipandang Sebelah Mata di 2020moneycontrol.com

Optical image stabilization merupakan fitur wajib jika ingin mendapatkan gambar low-light terbaik atau video yang stabil. Vivo melangkah lebih jauh dengan menawarkan “micro-gimbal” pada kamera utama 48MP milik X50 Pro.

Fitur tersebut bukan hanya gimmick karena benar-benar berhasil memberikan hasil foto low-light yang impresif dan video yang stabil. Selain kamera utama itu, X50 Pro juga membawa dua kamera telephoto, layar OLED dengan refresh rate 90Hz dan chipset Snapdragon 765G. Sama seperti LG Wing, harga yang setara flagship jadi salah satu masalah utama HP ini.

6. Samsung Galaxy Z Flip

Fiturnya Menarik, 7 HP Canggih Ini Dipandang Sebelah Mata di 2020techradar.com

Sementara Samsung Galaxy Z Fold 2 cukup menarik perhatian banyak orang,”saudaranya” yang juga punya konsep lipat yaitu Galaxy Z Flip, kurang mendapat perhatian. Padahal, Galaxy Z Flip hadir dengan form-factor ala HP lipat zaman dulu namun dengan spesifikasi yang lebih modern.

Galaxy Z Flip bahkan ditenagai oleh Snapdragon 855+ – salah satu chipset terbaik Qualcomm, di samping RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Selain itu, Galaxy Z Flip juga punya fitur bernama Flex Mode di mana pengguna bisa membuatnya “duduk” sehingga dapat digunakan layaknya tripod.

7. Lenovo Legion Phone Duel

Fiturnya Menarik, 7 HP Canggih Ini Dipandang Sebelah Mata di 2020nasilemaktech.com

Legion Phone Duel merupakan HP gaming pertama dari Lenovo. Ini juga jadi salah satu HP pertama yang dipersenjatai oleh Snapdragon 865+. Di percobaan pertamanya, Lenovo melakukan banyak hal berbeda.

Beberapa yang paling mereka unggulkan adalah kamera selfie pop-up yang diposisikan di samping dan dua port USB-C untuk teknologi fast-charging 90W yang diusung. Sama seperti kebanyakan HP gaming, Legion Phone Duel juga punya tombol trigger, lampu RGB dan layar dengan refresh rate tinggi. Sayangnya, HP ini harus kalah popularitas dari HP flagship lain yang punya fitur lebih baik dan tidak begitu mahal.

Fitur yang canggih ternyata gak jadi jaminan kalau HP-HP tersebut bakal sukses di pasaran. Butuh lebih dari itu untuk menggaet perhatian konsumen.

Baca Juga: Sempat Populer, 7 Teknologi Ini Mati pada Satu Dekade Terakhir

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya