Comscore Tracker

7 Aplikasi Ini Bisa Menghemat Kuota Smartphone, Hingga 50 Persen lho!

Aplikasi ini bisa matikan aktivitas yang kuras kuotamu 

Banyak pemilik smartphone yang bergantung pada kuota melalui paket data yang disediakan oleh provider,  karena tidak memiliki Wi-Fi atau internet unlimited di rumahnya. Padahal paket data memiliki limit atau batasan. Namun, hal ini bisa diakali dengan menggunakan aplikasi-aplikasi penghemat data.

Pada umumnya, aplikasi penghemat data bekerja dengan cara membatasi waktu penggunaan aplikasi tertentu atau mematikan sejumlah aktivitas di latar belakang yang diam-diam menguras kuota. 

Baca Juga: Dianggap Kontroversial, 10 Aplikasi Ini Hilang dari Peredaran

1. DataEye

7 Aplikasi Ini Bisa Menghemat Kuota Smartphone, Hingga 50 Persen lho!androidauthority.com

Yang pertama adalah DataEye, aplikasi penghemat kuota yang sangat mendasar tanpa banyak opsi. DataEye dapat menampilkan penggunaan kuota pengguna secara real-time, termasuk berapa banyak tiap aplikasi menghabiskan kuota.

Selain menampilkan informasi, pengguna juga diberi kemampuan seperti mematikan data dari aplikasi yang jarang digunakan atau menghentikan aktivitas yang berjalan di latar belakang. DataEye memiliki semua yang dibutuhkan oleh aplikasi penghemat kuota dan mudah untuk digunakan.

2. GlassWire

7 Aplikasi Ini Bisa Menghemat Kuota Smartphone, Hingga 50 Persen lho!droid-life.com

GlassWire merupakan aplikasi penghemat data lain yang jadi salah satu yang terbaik. Menariknya, meski ditujukan untuk kebutuhan menghemat kuota, GlassWire juga berfungsi dengan sangat baik sebagai aplikasi keamanan.

Glasswire sendiri dapat memantau penggunaan data dari tiap aplikasi dan dari situ, pengguna bisa memblokir akses data dari aplikasi-aplikasi yang dirasa terlalu boros kuota. UI yang diusung juga sederhana, bersih dan tentunya mudah dinavigasikan. Ada versi premium, namun versi gratis sudah sangat baik.

3. My Data Manager - Data Usage

7 Aplikasi Ini Bisa Menghemat Kuota Smartphone, Hingga 50 Persen lho!imore.com

My Data Manager - Data Usage merupakan salah satu aplikasi penghemat kuota paling populer di Android. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa memantau dan mengontrol penggunaan data dari setiap aplikasi yang terinstal dengan mudah.

My Data Manager juga dapat memperingatkan pengguna apabila kuota yang dimiliki akan habis. Selain itu, ada pula fitur ‘history’ untuk melihat detil penggunaan data dalam periode tertentu. Sama seperti GlassWire, My Data Manager juga memiliki UI yang simpel dan bersih.

Baca Juga: 7 Aplikasi Baca Berita Terbaik untuk Android, Bisa Akses di Mana Saja

4. Data Usage Monitor

7 Aplikasi Ini Bisa Menghemat Kuota Smartphone, Hingga 50 Persen lho!apkpure.com

My Data Manager - Data Usage merupakan salah satu aplikasi penghemat kuota paling populer di Android. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa memantau dan mengontrol penggunaan data dari setiap aplikasi yang terinstal dengan mudah.

My Data Manager juga dapat memperingatkan pengguna apabila kuota yang dimiliki akan habis. Selain itu, ada pula fitur ‘history’ untuk melihat detail penggunaan data dalam periode tertentu. Sama seperti GlassWire, My Data Manager juga memiliki UI yang simpel dan bersih.

5. Net-Guard

7 Aplikasi Ini Bisa Menghemat Kuota Smartphone, Hingga 50 Persen lho!geckoandfly.com

Jika kamu ingin menghemat uang dan kuota dengan cara mematikan data yang berjalan secara otomatis di tiap aplikasi, maka Net-Guard bisa jadi jawaban kamu. Ini menjadi salah satu aplikasi penghemat kuota terfavorit yang berfungsi dengan baik dan memiliki banyak fitur.

Net-Guard cocok bagi mereka yang khawatir akan terkurasnya kuota ketika bermain game offline atau para orang tua yang ingin memproteksi anaknya dari internet. Ini direkomendasikan dan untuk keamanan ekstra, dapat dijadikan sebagai password manager.

6. InternetGuard Data Saver Firewall

7 Aplikasi Ini Bisa Menghemat Kuota Smartphone, Hingga 50 Persen lho!apkpure.com

Langsung saja instal InternetGuard Data Saver Firewall jika kamu ingin aplikasi penghemat kuota dengan penampilan seperti aplikasi VPN. Sesuai namanya, aplikasi ini juga bisa bekerja sebagai firewall, dan dapat difungsikan pula untuk menghemat baterai.

InternetGuard dapat secara otomatis memblokir segala aktivitas background dan aplikasi yang mengakses data. Selain itu, InternetGuard juga bisa memonitor serta menampilkan semua penggunaan data dan kecepatan jaringan. Plus, InternetGuard juga menawarkan lima tema yang menarik.

7. DataSaver

7 Aplikasi Ini Bisa Menghemat Kuota Smartphone, Hingga 50 Persen lho!dnaindia.com

DataSaver merupakan aplikasi penghemat data yang tidak hanya ringan, tetapi juga baik dalam menjalankan tugasnya. Pengguna akan mendapat banyak keuntungan melalui aplikasi ini seperti menyambung ke Wi-Fi secara otomatis apabila ada Wi-Fi publik yang tersedia.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengawasi penggunaan data pengguna dan menampilkan hasilnya. Berbeda dengan kebanyakan aplikasi penghemat kuota, DataSaver bekerja dengan cara mencarikan Wi-Fi publik dan secara otomatis menyambungkannya.

Nah itu tadi informasi sekaligus rekomendasi aplikasi terbaik untuk menghemat kuota kamu. Tips lain untuk menghemat kuota adalah dengan menggunakan aplikasi lite/go dan browser yang dilengkapi dengan fitur ‘data-saving’ seperti UC Browser Mini.

Baca Juga: 7 Aplikasi Cryptocurrency Terbaik untuk Panen Mata Uang Digital

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You